Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Susah Tidur? Ini Cara Atasi Insomnia Tanpa Perlu ke Dokter

by Rafly Aditia on 9 Desember, 2016

insomnia - CekAja.com

Gejala susah tidur atau insomnia memang kerap dialami orang. Jangan anggap sepele insomnia, apalagi kalau hal tersebut sudah mengganggu aktivitas sehari-hari. Bukan hanya itu, insomnia akut juga berpotensi menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit.

Demi mengatasi hal tersebut, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke dokter apabila memang belum diperlukan. Coba saja atasi insomnia dengan cara ini:

Olahraga teratur

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Behavioral Sleep Medicine Program, Feinberg School of Medicine, Northwestern University Chicago, olahraga teratur dapat memberikan pengidap insomnia kualitas tidur yang lebih baik. Untuk itu, bagi kamu yang merasa kerap kali susah tidur atau insomnia maka lakukan olahraga rutin yang terjadwal agar aktivitas otak tidak lebih berat.

Beberapa jenis olahraga bisa kamu lakukan seperti pergi ke gym joging, berenang, dan berbagai olahraga lain sesuai minatmu. (Baca juga: Cantiknya Rumah Gaya Jepang yang Bisa jadi Inspirasi Membangun Hunian)

Kurangi konsumsi minuman stimulan

Banyak orang yang mengira bahwa minum teh atau coklat panas menjelang tidur bakal lebih cepat membuat terlelap. Padahal kenyataanya, hal tersebut malah justru membuat kamu lebih sulit dalam mengatasi insomnia karena kandungan gula dan kafeinnya dapat membuatmu terjaga lebih lama di malam hari.

Atur pernapasan agar lebih rileks

Ketika kamu ingin tidur, jangan terpaut atau terobsesi sulit untuk tidur karena insomnia yang kamu miliki. Lepaskan hal tersebut lalu lakukan pengaturan napas agar tubuh menjadi lebih rileks. Cobalah tarik napas yang panjang dan dalam ketika kamu sedang berada di kasur saat malam hari.

Buatlah kamar tidur senyaman mungkin

Demi membuat dirimu terbebas dari insomnia, maka buatlah kamar tidur menjadi senyaman mungkin. Pilih warna dekorasi yang tepat dan bersifat rileks seperti warna biru muda atau hijau muda. (Baca juga: 6 Model dengan Bayaran Tertinggi di Dunia Tahun 2016)

Selain itu, gunakan kasur yang sesuai dan memang nyaman untuk dirimu serta kurangi penerangan berlebih. Karena menurut sebuah penelitian dari Amerika Seriakt, sebanyak 10 persen orang yang tidur dengan lampu menyala berisiko terkena penyakit tertentu.

Butuh pinjaman dana tunai untuk kebutuhan darurat? Manfaatkan pinjaman online cicilan ringan di sini
cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

 

 

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.