Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tantangan Minum Jus Seledri, Berani Coba?

by Sindhi Aderianti on 14 March, 2019

Di awal tahun 2019, ada challenge baru yang cukup viral. Bukan sekadar ajang memamerkan eksistensi, namun tantangan ini justru sangat menyehatkan. ‘Celery Juice Challenge’ atau tantangan meminum jus seledri.

Kamu yang sering scroll-scroll laman Instagram pasti cukup familiar dengan challenge tersebut.

Praktisi kesehatan dari Amerika Serikat, Anthony William adalah orang pertama yang mempeloporinya. Kala itu, dirinya memberi tantangan untuk mengonsumsi celery juice, paling tidak dalam 5 hari berturut-turut.

Lewat hashtag #celeryjuice dan #celeryjuicebenefits, netizen yang ikut ‘berpartisipasi’ dalam challenge itu pun membuktikan betapa mujarabnya jus tersebut. Mereka mengunggah foto before-after setelah beberapa hari rutin mengonsumsi celery juice.

Banyak perubahan baik yang terjadi, mulai dari persoalan tekstur kulit hingga berat badan. Akhirnya hingga kini, celery juice pun menjadi tren healthy lifestyle terbaru yang diakui berbagai penggiat kebugaran di dunia. Termasuk Goop, yakni situs kesehatan milik Gwyneth Paltrow.

Seperti Apa Rasanya?

Seledri bertekstur amat renyah. Tak heran, kalau banyak juga yang menjadikan batangnya sebagai camilan sehat.

Mereka biasanya mencocol celery stick tersebut dengan mayonaise atau salad dressing. Menarik! Perlu diingat, kamu pun tidak perlu mencampurkan daunnya  untuk membuat jus ini.

Mengenai rasa, celery juice memang diakui kurang terasa nikmat. Apalagi jika kamu tidak menambahkan gula dan susu. Namun seyogyanya, inilah jus yang benar-benar sehat. Karena dibuat murni tanpa pemanis apapun.

(Baca juga: Lebih Sehat di Tahun Baru dengan Gaya Hidup Vegetarian)

Khasiat Ini Bisa Kamu Dapatkan

Kalau di Indonesia, keviralan celery juice berawal dari postingan beauty influencer Paola Tambunan. Setiap hari, ia rutin mengonsumsi jus batang seledri tersebut. Khasiat yang didapat pun turut diceritakan oleh ibu beranak dua ini.

Jauh sebelum menjadi tren, banyak orang yang mengira kalau seledri hanyalah ‘sayuran hias’. Padahal menurut ahli gizi Cynthia Sass, MPH, RD, seledri justru memiliki berbagai nutrisi yang menunjang kesehatan tubuh.

Di antaranya meliputi serat, asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, zat besi, magnesium, flavonoid, hingga antioksidan.

Bagaimana celery juice mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang? Dengan sederet kandungan tersebut, tentu tak diragukan lagi khasiatnya. Jika konsisten mengonsumsi celery juice, 5 manfaat ini setidaknya bisa kamu dapatkan:

1. Antioksidan

Seledri mengandung antioksidan yang tidak kalah tingginya dengan sayuran lain. Oleh karenanya, celery juice sangat jitu menangkal penyakit akibat radikal bebas.

Termasuk risiko kanker yang cukup mengancam nyawa dan juga beragam penyakit kronis lainnya yang disebabkan karena radikal bebas.

(Baca juga: Pro Kontra Konsumsi Daging Merah yang Bikin Biaya Kesehatan Mahal)
2. Detoksifikasi

Dari celery juice, manfaat detoksifikasi juga bisa kamu dapatkan. Sayuran ini juga mampu tingkatkan kapasitas detoks tubuh dalam jangka panjang.

HCL dalam usus pun akan terbangun lebih maksimal, dimana fungsinya sangat penting untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi.

3. Turunkan berat badan

Rendah gula, itulah yang membuat celery juice begitu ampuh menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan seledri utuh hanya mengandung satu gram gula per cangkir.

Seorang insight coach Sara Joy Madsen sudah membuktikanya. Dengan mengonsumsi 16 ons celery juice setiap hari, ia berhasil menurunkan hampir 10 kg dalam hitungan bulan.

4. Obat jerawat paling manjur

Celery juice sangat diandalkan pula dalam menjaga fluktuasi hormon yang kerap memicu timbulnya jerawat. Maka sebaiknya, celery juice ini dikonsumsi selama beberapa hari menjelang haid.

Sebab, kandungan anti-inflamasi dalam seledri pun mampu kurangi masalah kram perut.

5. Sumber magnesium

Magnesium adalah jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Nah, selendri juga memiliki kandungan tersebut.

Fungsi magnesium itu sendiri amat baik untuk meningkatkan kesehatan otot, pencernaan dan memperbaiki kualitas tidur.

(Baca juga: Banyak Orang Menyangka Makanan & Minuman Ini Menyehatkan, Faktanya Justru Sebaliknya)

 Cara Membuat Celery Juice

Jika dibuat jus, manfaat seledri akan terlihat hasilnya ketika dikonsumsi sebanyak empat batang dalam sekali penyajian. Penasaran ingin langsung mecoba celery juice? Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, kok. Begini cara membuatnya:

  • Siapkan beberapa batang seledri
  • Tambahkan sedikit air
  • Blender sampai halus
  • Daripada gula, beri madu untuk menambah cita rasa

Untuk menjadi sehat dan cantik, cara yang ditempuh kini semakin mudah. Dengan celery juice, kamu bisa mendapatkan dua manfaatnya sekaligus.

Pentingnya memelihara kesehatan, tak jauh berbeda dengan kewajiban memiliki asuransi. Sebab, asuransi kesehatan amat berperan dalam menjamin kebutuhan medis, terlebih ketika seseorang juga tetap harus menjaga stabilitas keuangannya.

Akses CekAja.com untuk menemukan asuransi kesehatan terbaik bagi kamu dan keluarga. Bandingkan dan temukan produk asuransi kesehatan yang paling cocok untuk kamu.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.