Teknologi Canggih Dunia Kedokteran yang Bisa Mendeteksi Penyakit Mematikan

1 min. membaca Oleh Rafly Aditia on

Teknologi semakin memiliki peran penting di dunia kedokteran. Banyak sekali penyakit-penyakit mematikan yang lebih mudah disembuhkan dengan bantuan teknologi.

Menariknya lagi, beberapa teknologi medis canggih tersebut sudah bisa ditemukan di rumah sakit-rumah sakit terbaik di Indonesia. Teknologi apa saja yang dimaksud, yuk simak penjelasannya berikut ini:

RoboDoc

Sekarang robot memiliki peran di bidang medis. RoboDoc atau robot dokter dikembangkan oleh perusahaan bernama iRobot Corp yang mempunya reputasi tinggi di dunia medis. Dengan nama Rp-Vita robot ini bisa membantu pasien melakukan medical check up. (Baca juga: Skripsi Baru Kelar Tapi Mau Kerja Sebelum Wisuda? Gampang, Ini Tipsnya)

MelaFind

Teknologi yang satu ini merupakan alat pendeteksi kanker kulit atau melanoma. Sekadar informasi saja, belakangan muncul kasus kanker kulit yang berbentuk mirip tahi lalat. Sekilas orang awam memang tidak bisa membedakannya dengan tahi lalat biasa.

Untuk memastikannya, orang wajib melakukan pemeriksaan melanoma menggunakan sampel jaringan atau biopsi. Namun dengan alat ini, tindakan tersebut tidak perlu lagi dilakukan. Dengan bantuan gelombang elektromagnetik, MelaFind bisa mendeteksi kanker kulit sejak dini.

Plester Anti Dibaetes

Kabar baik untuk kamu yang memiliki kadar gula tinggi dalam tubuh. Dengan alat satu ini, kamu bisa mengontrol gula darah dengan lebih mudah. Plester ini memiliki cara kerja mendeteksi perubahan biokimiawi pada kulit yang diakibatkan oleh tingginya kadar glukosa dalam darah. Penderita diabetes melitus sebaiknya menggunakan alat ini. (Baca juga: Sudah Tidak Betah Kerja dan Ingin Pindah Kantor? Ini Tipsnya Agar Bos Tidak Tahu)

Katerer Sapiens

Katerer sapiens merupakan alat yang digunakan saat operasi jantung. Alat ini membantu pemasangan katup jantung pada pasien dalam kondisi darurat. Kateter dimasukkan melalui arteri femoral menuju katup jantung.

Tentang kami

Rafly Aditia

Rafly Aditia