Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Teknologi dalam Bisnis: Cek 5 Keuntungan Penggunaannya!

by Sindhi Aderianti on 12 Agustus, 2019

Di era modern seperti sekarang ini, manusia dan teknologi rasanya hampir tak terpisahkan termasuk dalam dunia bisnis. Wajar saja karena apapun kini bisa didapat dengan hanya bermodalkan gadget. Tak sempat memasak? Tinggal pesan makanan lewat aplikasi.

teknologi dalam bisnis

Terbukti bahwa tidak selamanya teknologi menjerumuskan. Hadirnya teknologi dalam kehidupan kita jika digunakan secara positif, justru membawa banyak manfaat. Tak terkecuali untuk mendukung  dan memaksimalkan suatu bisnis.

Serbuan era digital melanda hampir seluruh aspek kehidupan; tak terkecuali dunia bisnis. Lalu, sudahkah kamu melibatkan peranan teknologi dalam menjalankan bisnis yang dimiliki? Hal ini berlaku untuk bisnis ‘kelas kakap’ ataupun Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan teknologi, kamu bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:

  • Memaksimalkan pemasaran

Apapun bisnis yang dimiliki, kamu tentunya perlu memasarkannya seefektif mungkin jika ingin laku di pasaran. Teknologi akan sangat membantu dalam memperluas jangkauan calon pelanggan, misalnya dengan social media. Social media memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan bisnis, lho. Terlebih Indonesia sudah lama menjadi negara dengan pengguna social media aktif terbesar di dunia.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan promosi melalui Facebook atau Instagram. Selain itu, pemasaran dengan teknologi juga bisa dilakukan dengan bantuan Google Adwords, dimana kamu dapat beriklan di mesin pencari lewat kata kunci yang bebas kita tentukan.

(Baca juga: 4 Pilihan Bisnis yang Bisa Dimulai dengan Modal Pinjam Uang Rp10 Juta)
  • Penyedia sarana komunikasi

Kehadiran marketplace sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli secara online, tentu juga semakin memudahkan bisnis sesorang. Bukan hanya penjualan saja yang meningkat, tetapi sarana komunikasi melalui live chat pun lebih terfasilitasi dengan aman. Aman dalam arti, kamu tidak perlu menggunakan nomor pribadi untuk berkomunikasi. Sehingga privacy tetap terjaga meskipun harus melayani ratusan pelaggan.

Jika bisnismu sudah besar dan memiliki banyak pegawai, kamu bisa mulai mencoba menggunakan aplikasi untuk komunikasi internal tim, misalnya dengan Google Chat dan Slack.

  • Tingkatkan keamanan

Dalam mendukung suatu bisnis, kecanggihan teknologi juga hadir untuk meningkatkan keamanan. Teknologi tidak akan lengah memastikan bahwa informasi dapat diakses oleh orang yang tepat. Sehingga peretasan (hack) terminimalisir. Contohnya lewat permintaan email dan kata sandi. Berkat hal tersebut, kebocoran data pribadi tidak akan terjadi.

Selain itu jika bertransaksi melalui marketplace, kini tak perlu khawatir ditipu. Penjual tak mungkin ‘lari’ begitu saja karena uang baru akan dicarikan oleh sistem setelah barang diterima pelanggan.

  • Kemudahan proses transaksi

Teknologi yang semakin canggih membuat sistem pembayaran turut diperbarui. Pernah mendengar cashless society? Istilah tersebut kerap disematkan pada orang-orang zaman now karena polah mereka dalam bertransaksi yang kini serba elektronik. Selain kartu debit/kredit, uang elektronik lebih menjadi pilihan mereka ketimbang membawa uang tunai kemana-mana.

Nah, hal tersebut bisa kamu manfaatkan dalam bisnis dengan menyediakan sistem pembayaran non tunai tersebut, sehingga semakin banyak pula calon pelanggan yang tertarik.

  • Semakin kaya fitur

Pepatah kuno mengatakan, “pembeli adalah raja”.  Ini merupakan alasan penting untuk memprioritaskan layanan terbaik bagi pelanggan setiap hari. Penasaran dengan puas atau tidaknya pelanggan terhadap produk/jasa yang kamu jual? Teknologi adalah jawaban satu-satunya. Fitur bintang dan review bukan hanya melengkapi layanan dalam bisnis yang kamu miliki. Lebih dari itu, fitur tersebut bisa meningkatkan reputasi tokomu. Dengan mengetahui kepuasan pelanggan, kamu pun bisa memperbaiki apa yang masih kurang dari segi kualitas ataupun layanan.

Rasanya kita perlu berterimakasih terhadap kemajuan teknologi saat ini. Segala hal dipermudah, termasuk dalam berbisnis. Segala aspek baik itu untuk penjual maupun pembeli, serba diuntungkan. Meskipun sifatnya bagai dua mata pisau, yakni ada baik tapi ada buruknya juga, tetap saja tanpa teknologi, memajukan bisnis akan terasa lebih sulit.

(Baca juga: 5 Pilihan Bisnis Modal Kecil Seputar Dunia Pendidikan)

Maka dari itu sebagai pemilik bisnis, kamu perlu memahami dan menerapkan teknologi canggih untuk tetap menjaga laju bisnis dari persaingan yang semakin ketat.

Jangan lupa, bisnis juga perlu dukungan modal yang kuat. Kalau butuh dana untuk mengembangkan bisnismu, tak ada salahnya menimbang berbagai pilihan pinjaman dari lembaga keuangan tepercaya. Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami