Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Teknologi Makin Canggih, Tapi 6 Pekerjaan Ini Sulit Tergantikan Komputer

by Tisyrin N. T on 8 Mei, 2017

tips karier _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Kehidupan manusia pun semakin mudah dengan bantuan teknologi. Bahkan, semakin banyak pekerjaan manusia yang kini bisa tergantikan oleh komputer.

Ya, mesin atau robot saat ini sudah bisa melakukan berbagai macam pekerjaan rumit. Di Jepang misalnya, negara yang terkenal maju teknologinya, telah ada robot bernama Otonaroid dan Kodomoroid yang bisa menjadi pemandu museum.

Sebuah penelitian dari The World Economic Forum (WEF) bahkan menyebutkan sekitar 5 juta pekerjaan dari berbagai bidang akan tergantikan oleh robot pada 2020 mendatang. Pekerjaan yang paling riskan tergantikan salah satunya bidang administrasi.

Namun, tak perlu terlalu panik, karena ada jenis pekerjaan tertentu yang akan sulit tergantikan oleh komputer. Sebuah penelitian di Massachusetts Institute of Technology (MIT) memperlihatkan, meskipun benar bahwa robot menjadi sangat ahli dalam banyak pekerjaan dan tugas, masih banyak kategori di mana manusia dapat menunjukan performa karier lebih baik. Berikut ini 6 pekerjaan manusia yang sulit tergantikan beserta alasannya.

Penulis

Seperti halnya pengusaha, penulis adalah pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan wawasan yang luas. Ingat, robot tak memiliki keduanya. Selain itu, menjadi seorang penulis juga membutuhkan imajinasi. Inilah yang membuatnya sulit tergantikan oleh selain manusia.

Guru

Para ilmuwan menciptakan robot bernama RUBI  (Robot Using Bayesian Inference)  untuk menjadi guru. Saat pengujian, robot tersebut memang sudah mampu mengajari anak-anak dengan baik. Kekurangannya, tak ada hubungan emosi seperti halnya guru manusia.

RUBI tercipta dalam proyek bernama The Machine Perception Laboratory yang dijalankan oleh tim dari Universitas California, San Diego, Amerika Serikat. Robot tersebut sangat menyenangkan untuk dipeluk, tetapi dia tidak bisa membalas pelukan anak-anak.

Jika kembali menilik penelitian di Massachusetts Institute of Technology (MIT), terbukti bahwa kategori pekerjaan lain yang sulit tergantikan yaitu pekerjaan yang memerlukan interaksi sosial, contohnya adalah guru. Robot tidak memiliki kecerdasan emosional yang dimiliki manusia.

Pengusaha

Pengusaha adalah sosok utama yang mampu membesarkan sebuah bisnis. Secanggih apapun otak robot tentu tak akan bisa mengalahkan otak manusia. Penelitian di Massachusetts Institute of Technology (MIT) membuktikan ada beberapa area pekerjaan dimana manusia memiliki kelebihan dibandingkan mesin. Salah satunya yaitu pekerjaan kreatif, termasuk menjadi pengusaha sukses. Menjadi pengusaha juga perlu wawasan yang luas.

Psikolog

Seperti guru, menjadi psikolog memerlukan kecerdasan emosional. Bagimana rasanya berkonsultasi dengan robot? Hampir tidak mungkin bukan? Karena itulah posisi psikolog akan sulit tergantikan.

Housekeeping

Penelitian di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menyebutkan pekerjaan yang memerlukan ketangkasan fisik dan mobilitas juga sulit tergantikan, seperti bidang housekeeping. Manusia punya pengalaman mendaki gunung, berenang atau aktivitas lain yang membuat manusia punya ketangkasan fisik luar biasa.

Namun, untuk masalah ketangkasan fisik ini, ilmuwan di bidang robot tengah bekerja keras mengupayakan agar robot juga dapat memilikinya.

Koki

Pekerjaan koki membutuhkan ketelitian, kreativitas, kepekaan indera perasa, dan sebagainya yang hanya dimiliki manusia. Grub Street, food blog milik New York Magazine pernah mengulas tentang Moley, robot koki yang merupakan penemuan perusahaan yang berbasis di Inggris yaitu Moley Robotics. Robot ini rencananya akan meluncur di pasaran pada 2018.

Namun, ulasan tersebut memaparkan Moley tidak memiliki indera peraba, perasa atau pembau sehingga tidak bisa membedakan antara tomat matang dan busuk. Serta tidak memiliki kecerdasan interpretasi. Ketika melakukan suatu kesalahan, Moley tidak menyadari dan terus melanjutkan pekerjaannya. Karena itu, Moley tetap memerlukan manusia sebagai pendamping.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami