Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tiket Pesawat Mahal? Ini Alternatif Cara Traveling yang Gak Kalah Asyik!

by Tisyrin N. T on 21 Juni, 2019

Mengingat harga tiket pesawat masih terbilang tinggi hingga saat ini, kegiatan traveling pastinya akan terasa semakin mahal. Namun, jangan mati gaya, karena masih banyak cara traveling lain yang bisa kamu coba tanpa harus membeli tiket pesawat.

mobil

Badan Pusat Statistik (BPS) belum lama ini memaparkan bahwa harga tiket pesawat yang mengalami kenaikan sejak Januari tahun ini telah menyumbang terhadap inflasi sebesar 9 persen. Sementara Kementerian Perhubungan mencatat, jumlah penurunan penumpang pesawat pada periode mudik Lebaran 2019 sebanyak 1.327.443 orang. Angka tersebut turun hingga 27,3 persen dibandingkan tahun lalu.

Nah, sebenarnya, meski tanpa menggunakan tiket pesawat, kamu tetap bisa merasakan pengalaman traveling yang gak kalah asyik kok! Ini adalah saat yang tepat untuk kamu mencoba berbagai gaya traveling untuk memperkaya pengalaman.

Sebagai traveler sejati, kamu pastinya haus akan pengalaman baru bukan? Yuk coba beberapa gaya traveling berikut ini:

Road trip dengan motor 

Manfaatkan motor untuk traveling, kenapa tidak? Jangan cuma memakai motor untuk kegiatan pulang pergi kantor atau nongki-nongki saat weekend. Road trip dengan mobil sudah biasa, kalau motor? Cobalah sesekali manfaatkan motormu untuk road trip, pasti seru!

Asyiknya road trip pakai motor, kamu dan kawan-kawan bisa mampir ke tempat-tempat menarik yang dilewat sebelum sampai ke tujuan utama. Jadi, seperti peribahasa, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Selain untuk beristirahat agar tidak kelelahan, kamu juga bisa mampir ke tempat wisata atau sekedar mencicipi kuliner di perjalanan.

Sebelum road trip, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima ya! Selain itu, sebagai pemanasan, kamu bisa pilih lokasi tujuan yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggalmu. Misalnya kamu yang tinggal di Jakarta, cobalah untuk road trip dengan naik motor dari Jakarta ke Bogor atau Jakarta ke Bandung. Setelah itu, kamu bisa coba untuk bertualang lebih jauh.

(Baca juga: Cek Saldo Bank Danamon Dulu Biar Hobi Traveling Gak Bikin Kantong Kering)
Staycation di hotel

Traveling biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama apabila kota tujuanmu jauh. Nah, bagi para pekerja, tentu terkendala jatah cuti yang terbatas. Alternatifnya adalah cukup dengan staycation di hotel.

Dengan staycation, kamu tetap bisa ngerasain nuansa liburan meski tanpa keluar kota. Cukup dengan menikmati suasana baru, bersantai di hotel, dan menikmati fasilitas hotel. Lupakan sejenak tumpukan pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah. Dijamin deh, pikiranmu bisa kembali segar setelah staycation!

Enaknya staycation di hotel adalah, kamu gak perlu biaya untuk membeli tiket pesawat atau kereta. Cukup pilih salah satu hotel yang menarik di kotamu dan nikmati sepuasnya. Kamu juga bisa staycation saat akhir pekan, tanpa harus mengambil cuti.

Wisata keliling kota tempat tinggal

Coba kamu ingat-ingat sudah seberapa jauh kamu menjelajahi kota tempat tinggalmu? Siapa tahu ada tempat wisata menarik yang ternyata belum pernah kamu kunjungi, karena selama ini kamu terlalu fokus untuk traveling ke luar kota atau luar negeri saja.

Cari tahu hal-hal menarik yang ada di kotamu ya! Sayang sekali kan kalau kamu tingal di suatu kota tapi tak pernah benar-benar mengenalnya? Siapa tahu ada museum unik, kuliner yang sangat enak, atau apapun itu.

Jangan sampai ketika ada orang lain bertanya tentang pariwisata di kotamu, kamu gelagapan gak bisa jawab. Maka dari itu, selagi tiket pesawat masih mahal, tahan dulu keinginan terbang melanglang buana ya! Wisata keliling kota juga gak kalah seru lho!

(Baca juga: Tren Traveling 2019, Mana Pilihanmu?)
Backpacker naik bus

Kamu sudah bosan naik kereta api? Kali ini saatnya untuk mencoba backpacker naik bus. Apalagi buat kamu yang belum pernah naik bus seumur hidupmu, coba deh sesekali! Kamu bisa memilih jenis bus yang menurutmu nyaman dan tarifnya sesuai dengan kantongmu. Saat naik bus, kamu bisa melihat-lihat suasana kota-kota yang kamu lewati sehingga tidak akan bosan.

Salah satu kelebihan naik bus adalah cara memperoleh tiketnya yang mudah karena bisa dibeli di hari keberangkatan. Tempat untuk naik atau turun bus juga terbilang fleksibel tidak harus di terminal tertentu, yang terpenting adalah masih dalam jalur yang dilewati bus. 

Nah, untuk kamu yang senang melanglang buana, jangan lupakan perlindungan yang terbaik berupa asuransi ya! Cek pilihannya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.