Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Agar Belanja Kue Lebaran Jadi Lebih Hemat

by lhmdi on 16 Juni, 2016

tips jual kue lebaran-CekAja.com

Memasuki minggu kedua bulan puasa atau menjelang hari raya Idul Fitri, sebagian masyarakat Indonesia mulai berburu kue kering sebagai bagian dari tradisi lebaran.

Secara finansial, tradisi ini pun menjadi salah satu pos pengeluaran terbesar setelah tiket mudik. Kue yang dibeli pun biasanya beraneka ragam, namun saat ini kue kering menjadi pilihan populer sebagai sajian untuk lebaran. Nah! Bagi kamu yang juga sedang ingin bersiap mengeluarkan uang belanja kue-kue sebagai persiapan lebaran, perhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

  1. Lihat dengan teliti apakah kue kering yang kamu beli memiliki label halal, agar aman dikonsumsi bersama keluarga.
  2. Perhatikan bahan baku dari kue tersebut, apakah dibuat dengan menggunakan bahan pengawet yang berlebihan. Oleh karena itu pastikan dengan detil dan teliti, apakah kue yang akan kamu beli menggunakan bahan pengawet yang tepat.
  3. Selalu cek tanggal kadarluarsa dari kue tersebut, sehingga aman untuk dikonsumsi saat lebaran nanti.
  4. Pastikan juga siapa yang memproduksi kue tersebut. Oleh karena itu, lihat dengan detil, perusahaan yang memproduksi, nama, alamat dan hal-hal detil lainnya.
  5. Pastikan juga di dalam box kue tersebut terdapat label BPOM. Cara ini untuk memastikan agar kue
  6. Cek kembali kemasan kue tersebut, apakan pernah rusak, Jika pernah rusak, maka isi dari kue tersebut tentunya sudah tidak layak untuk dikonsumsi, karena tercampur dengan bakteri-bakteri.

Siapkan anggaran sebelum membeli

Meskipun kue lebaran dikenal cukup mudah untuk didapatkan, namun, hal penting yang perlu kamu ketahui apakah layak membelinya  dengan jumlah yang banyak dan dengan harga yang mahal? Apalagi tidak jarang pula sebagian masyarakat justru memilih membeli parsel, karena didalamnya sudah terdapat aneka kue lebaran.

Padahal, seperti yang sudah diketahui, harga kue lebaran dan parsel pun tidaklah murah. Hal penting yang perlu diingat adalah hindari membeli dengan jumlah yang banyak jika dirasa tidak mampu untuk membelinya. Jangan sampai terjadi, hanya untuk memenuhi kebutuhan tradisi, kamu mengeluarkan uang yang lebih untuk mendapatkan kue lebaran.

Padahal masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi saat lebaran nanti. Apalagi jika sampai berutang, tentunya ini akan merugikan diri sendiri. Namun, jika kamu tetap ingin menyiapkan kue lebaran untuk lebaran nanti, pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui beberapa tips berikut ini:

  1. Siapkan dana

Sama seperti mengeluarkan uang untuk persiapan mudik, persiapan dana untuk beli kue lebaran pun harus kamu hitung di awal. Sekali lagi, jangan pernah memaksakan untuk mengeluarkan dana khusus yang justru akan merugikan diri sendiri.

Selain itu, jangan lupa untuk membayar kue yang kamu beli dengan uang tunai. Karena berbelanja menggunakan kartu kredit hanya akan menambah beban utang kamu.

  1. Susun daftar kue

Meskipun sederhana dan terkesan sepele, namun sangat penting untuk menyiapkan susunan kue yang akan kamu beli untuk lebaran nanti.

Apalagi, jangka waktu lebaran hanya seminggu, jadi, pilih kue yang tepat untuk lebaran kamu dengan cermat ya!

  1. Beli di tempat yang tepat

Belanja kue lebaran tidak harus di mall atau pertokoan besar. Kamu bahkan bisa langsung mendapatkan kue  tersebut dari pabriknya jika memiliki lokasi yang berdekatan.

Pilihan lain yang bisa dilakukan adalah belanja kue tersebut di toko-toko retail. Toko-toko retail biasanya akan memberikan promo dan berbagai macam penawaran menarik bagi masyarakat yang menginginkan kue lebaran. Caran ini tentu saja akan membantu kamu lebih hemat dalam membeli kue.

  1. Jangan terjebak diskon dan penawaran lain

Diskon lebaran seringkali menjadi daya tarik menjelang lebaran, dan ini termasuk bagi kamu yang ingin membeli kue lebaran. Namun, jangan salah, jika tidak cermat, diskon justru akan membuat pengeluaran menjadi bertambah dengan cara kamu membeli kue-kue yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Oleh karena itu, berhati-hati dan bijak saat memilih toko kue yang menawarkan diskon ya!

  1. Siapkan survei harga

Agar pembelian kue lebaran menjadi sempurna, lakukan survei kecil-kecilan terlebih dahulu tentang harga kue yang akan dibeli dari toko yang menyediakannya. Jika perlu, bandingkan juga dengan toko online langgananmu.

Cara ini akan membantu kamu menyesuaikan harga dengan dana yang sudah disiapkan. Bahkan bisa lebih berhemat dari perkiraan kamu sebelumnya.

 

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami