Tips Blog Diterima AdSense Lebih Mudah Khusus Pemula

Google AdSense atau sering disingkat GA, memang menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet. Ya, ketika blog diterima AdSense, maka Anda akan menjadi seorang publisher dan bisa menampilkan iklan. Nah nantinya, keuntungan akan didapatkan salah satunya dari penayangan iklan tersebut.

Tips Blog Diterima AdSense Lebih Mudah Khusus Pemula

Hanya saja, perlu diketahui bahwa tidak semua orang akan mendapatkan persetujuan menjadi seorang publisher GA. Hal ini dikarenakan ada beragam blog yang belum mematuhi berbagai kebijakan webmaster, memiliki navigasi yang kurang jelas, ataupun lainnya.

Oleh karenanya, khusus bagi pemula, mengetahui tips blog diterima AdSense menjadi hal yang sangat penting. Dengan pemahaman tips tersebut, maka peluang untuk diterima AdSense dan menjadi publisher akan semakin besar.

Lantas apa saja tips yang dimaksud agar Anda bisa lebih mudah diterima AdSense? Simak ulasannya!

Tips Mendasar Agar Blog Diterima AdSense

Ketika berbincang tentang tips agar blog bisa diterima AdSense lebih mudah, maka Anda akan menemukan cukup banyak tips yang berbeda-beda. Tentu saja, ragam tips tersebut berbeda karena berdasar dari pengalaman beberapa orang yang berbeda pula.

Namun terkait hal tersebut, ada beberapa tips yang cukup mendasar tentang bagaimana cara agar blog yang Anda kelola lebih mudah diterima AdSense. Berikut ini lima kesalahan yang tidak boleh dilakukan seorang blogger:

1. Fokus dengan artikel yang berkualitas

Salah satu tips yang sangat penting agar blog mudah diterima oleh AdSense adalah fokus pada artikel yang berkualitas. Hal ini dikarenakan Google akan mempertimbangkan kualitas artikel sebagai salah satu indikator yang penting.

Artikel yang berkualitas di sini adalah artikel yang bebas dari copy dan paste. Juga, artikel tersebut memiliki panjang lebih dari 300 kata, dilengkapi dengan gambar yang relevan dan juga bermanfaat untuk orang lain.

Untuk pemula, sebelum Anda mendaftar menjadi publisher AdSense, maka Anda sebaiknya membuat setidaknya 20 artikel berkualitas yang dijadikan post pada blog yang Anda kelola. Setelah itu, berusahalah untuk mendapatkan banyak pengunjung, misalnya dengan membagikan artikel tersebut ke berbagai media sosial dan lainnya.

Untuk lebih mendalaminya kamu bisa baca artikel : agar diterima adsense lebih mudah

(Baca juga: 5 Pekerjaan Paling Menjanjikan untuk Masa Depan)

2. Perhatikan SEO

SEO menjadi hal yang penting dalam pembahasan mengenai AdSense. Bahkan dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa SEO menjadi salah satu kunci pengajuan AdSense blog nantinya akan diterima atau tidak.

Secara singkat, SEO yang diterapkan nantinya akan memudahkan artikel ditemukan di mesin pencarian Google. Hanya saja, Anda perlu mempelajari strategi SEO dengan cukup dalam karena pada dasarnya Google pun kerap kali memperbarui algoritme SEO mereka secara berkala. Agar SEO semakin bagus, ada baiknya gunakan extensi domain id, sebab saat ini pencarian dengan domain .id semakin berdampak positif untuk optimasi SEO.

3. Gunakan Google Analytics dan Webmaster Tool

Google Analytics dan Webmaster Tool adalah dua alat yang disediakan Google secara gratis. Keduanya sangat bermanfaat untuk pengembangan blog, terutama dengan menggunakan kata kunci yang sudah disesuaikan dengan target. Nantinya, dengan menggunakan dua tools tersebut, maka Google akan mengetahui bahwa Anda adalah pemilik sah blog.

Selain itu, untuk mempertegas bahwa Anda adalah pemilik blog tersebut secara sah, maka Anda juga perlu membuat Google Authorship. Opsi ini berguna untuk menampilkan foto profil Google+ yang Anda gunakan di mesin pencari, berdampingan dengan link artikel. Dengan dua tools ini, kemungkinan diterima AdSense tentu akan semakin besar.

(Baca juga: 12 Pekerjaan Tanpa Keluar Rumah Ini Bisa Datangkan Cuan Besar)

4. GA hanya menerima publisher dengan usia 18+

Perlu diketahui bahwa GA hanya akan menerima seorang publisher yang berusia 18+ tahun. Ini adalah aturan yang sudah ditetapkan. Oleh karenanya, Anda perlu memastikan bahwa usia Anda sudah cukup dan sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pihak Google tersebut.

5. Perhatikan desain blog

Selain memperhatikan konten dari blog yang hendak Anda daftarkan ke GA, maka Anda juga harus memperhatikan desain blog tersebut. Hal ini dikarenakan tampilan blog menjadi salah satu syarat tertentu agar blog tersebut bisa menjadi publisher GA. Di sisi lain tampilan blog yang rapi akan sangat berpengaruh pada pengunjung. Lalu, apa yang perlu diperhatikan terkait desain blog tersebut?

Tentu, Anda harus memilih tema yang tepat. Dalam hal ini Anda harus memilih tema yang tidak hanya bagus secara tampilan, tetapi juga responsif. Dengan begitu, maka performa blog pun akan semakin baik.

Selain itu, buat navigasi menu yang jelas bagi pengunjung blog. Tentu, Anda jangan memasang skrip yang mengganggu serta memasang iklan yang berlebihan di setiap sudut blog yang Anda kelola tersebut.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi tips mendasar dan perlu diperhatikan sebelum Anda mendaftarkan blog dan diterima oleh AdSense.

Selain mengaplikasikan tips blog diterima AdSense tersebut, tentu saja Anda perlu membaca dengan baik aturan dari GA sebelum mengajukan blog. Karena, bukan tidak mungkin aturan yang ditetapkan oleh GA tersebut akan berbeda dari satu waktu ke waktu lain.