Tips Hemat Buat Kamu yang Gila Make-up

promo kartu kredit

Apakah kamu ingin terlihat cantik tanpa mengeluarkan banyak uang?Makeup dan produk kecantikan memang bisa membuat  seseorang tampil lebih cantik. Tapi agar bisa  cantik maksimal, kualitas makeup harus mendukung.Namun, pepatah ada harga ada kualitas berlaku untuk urusan make up dan produk kecantikan.

Merek terkenal tentu  lebih mahal dibandingkan merek biasa. Sebotol kecil krim La Prairie Caviar ukuran 100 ml yang bisa habis dalam dua minggu,  misalnya, punya banderol  US$710 atau setara Rp9,23 juta.

Selain itu ada  facial plasenta dari Lancer Skincareada  yang harganya mencapai  US$1.000 atau setara dengan Rp13 juta. Tidak heran jika pelanggan  kedua produk tersebut adalah selebriti terkenal seperti  jennifer Lopez dan Angelina Jolie.

Tapi kamu yang penggila make up tidak perlu mengeluarkan uang sampai berjuta-juta. Dengan trik cerdas berikut, kamu bisa memiliki makeup yang kamu inginkan sambil berhemat.

Mengumpulkan poin

Di mana biasanya kamu biasa membeli make up-make up merk internasional? Di gerai yang berada di mal-mal besar? Atau di online shop? Kamu yang penggila makeup sebaiknya lebih sering belanja makeup secara online. Alasannya karena stok lebih bervariasi, banyak diskon, harga lebih murah daripada di gerai, dan tentunya lebih up to date.

Keuntungan lainnya, kalau kamu menjadi anggota suatu online shop dan rutin belanja, kamu bisa mengumpulkam poin yang bisa ditukar dengan berbagai produk seperti make up atau kelas kecantikan.

Online shop yang menawarkan program tersebut adalah Sephora dengan program The Beauty Insider. Selain itu ada Audra The Shop yang menawarkan penukaran poiin dengan pengurangan biaya belanja.  (Baca juga:  8 Cara Ekstrem yang Dilakukan Wanita untuk Turunkan Berat Badan)

Pakai kupon diskon

Kalau ingin berhemat, jangan pernah klik pembayaran sebelum memasukan kupon diskon. Untuk mendapatkan kupon-kupon diskon, kamu bisa mengikuti  akun official LINE Shopping yang rajin membagi-bagikan voucher diskon berbagai produk seperti Koreabuys, Sephora, dan lain-lain.

Jajal  sampel gratis  

Membeli produk make up dan perawatan kulit berukuran besar  sebelum mencobanya  adalah pemborosan. Bayangkan jika kamu membeli krim malam seharga Rp500.000, tapi setelah dipakai dua kali wajahmu langsung berjerawat, rugi bukan? Tidak seperti sepatu dan baju yang bisa dijual kembali jika tidak cocok, menjual makeup yang sudak dipakai tidaklah mudah.

Tahu kah kamu, sampel make up dan produk kecantikan bisa  kamu beli di online shop. Sampel ini biasanya bisa  dipakai hingga  tujuh kali. Bahkan, banyak juga online shop yang memberikan sampel gratis setiap pembelanjaan.

Bikin make up sendiri

Kalau kamu tidak mau keluar uang, bikin saja makeup dan produk perawatan kulit sendiri. Dengan resep sederhana seperti lemon, madu, minyak zaitun, dan gula, kamu sudah bisa membuat scrub untuk wajah dan badan.

Ingin lip balm alami buatan sendiri? Caranya siapkan 1 ½ ons beeswax atau lilin lebah, 2 ons minyak kelapa (coconut oil) atau minyak almond, 1 ½ ons shea butter dan 1-2 sendok teh minyak esensial. Caranya cairkan beeswax, tambahkan cocoa dan shea butter sampai meleleh, terakhir campurkan minyak almond dan tuangkan ke wadah.

Masih ada sisa shea butter? Buat saja eyeshadow sendiri. Caranya dengan mencampurkan ¾  sendok makan bubuk coklat, 1 sendok makan bubuk kunyit ke dalam shea butter yang sudah dipanaskan. Campurkan hingga merata dan tuangkan ke dalam cetakan. Mudah bukan?

Membeli produk multifungsi

Untuk kamu yang ingin hemat sekaligus anti ribet, belilah produk yang multifungsi. Misalnya lipstik yang juga bisa menjadi blush on, atau blush on merangkap eye shadow. Produk multi guna ini biasanya sudah diformulasikan sehingga  aman digunakan di beberapa bagian wajah. Jadi kamu tidak perlu khawatir.

Mengakali makeup

Tidak punya uang untuk beli lipstik matte yang sedang ngehits? Jangan khawatir, lipstik biasa bisa kamu sulap menjadi matte, lho. Agar rapi, oleskan lipstik yang ingin dibuat matte menggunakan kuas.

Gunakan tisu tipis untuk menyerap kilap lipstik dengan cara mengatupkan bibir ke permukaan tisu. Lumuri kuas dengan bedak tabur warna putih lalu ulaskan ke bibir secara perlahan. Kini kamu mendapatkan tampilan lipstik matte dengan mudah.

Saat butuhkan foundation cair, kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan bubuk bedak dengan  tambahan sedikit pelembab. Kalau ingin foundation, gunakan bedak bubuk dalam jumlah yang sedikit. Sebaliknya campurkan bedak bubuk lebih banyak jika ingin mendapatkan foundation yang lebih kental.

Menukarkan wadah bekas makeup

Ada merk makeup dan produk kecantikan tertentu yang puny promo diskon jika konsumen menukarkan wadah lama. The Body Shop bahkan pernah memberikan diskon 50% jika pelanggan  menukarkan satu botol atau kemasan kosong untuk pembelian maksimal tiga produk pilihan. Selain baik untuk lingkungan, program ini juga baik untuk dompetmu.  (Baca juga:  Item yang Bisa Bikin Wanita Bergaya Tanpa Buat Dompet Sengsara)

Memilih produk lokal

Merk internasional pasti mahal dan bikin  dompetmu terkuras. Agar lebih hemat, kenapa tidak menjajal produk buatan lokal? Saat ini ada banyak produk kosmetik dalam negeri yang kualitasnya tidak kalah dengan merk internasional. Conothnya  lipstik matte Purbasari yang tahan lama dan hanya seharga Rp30.000.

Selain itu kosmetik Indonesia memiliki keunikan yang tidak dimiliki produk luar negeri, Dalam pemilihan  bahan-bahan, misalnya, kosmetik Indonesia cenderung menggunakan bahan alami seperti bengkuang, kunyit, dan rempah-rempah yang menjadi ramuan kecantikan wanita Indonesia sejak zaman dulu.