Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tips Lengkap Memilih Bisnis Waralaba yang Potensial

by Surtan Siahaan on 27 Januari, 2016

tips bisnis sukses _ pinjaman usaha - CekAja.com

Ada banyak keuntungan berbisnis dengan skema kemitraan. Selain tidak perlu membangun nama brand atau menyusun sistem, terwaralaba selaku pihak yang membeli waralaba juga tidak perlu mencari ide untuk menentukan format usaha.

Gampangnya, cukup duduk mengamati dan uang pun datang sendiri ke kantong kita. Memang terdengar mudah. Padahal, tidak mudah memastikan waralaba yang kita beli akan sukses atau tidak. Untuk itu, diperlukan sejumlah tolak ukur yang bisa membantu orang memilih waralaba yang tepat. Berikut ini sejumlah tips memilih waralaba:

1. Pastikan punya izin

Aspek legalitas adalah hal yang harus pertama kali dipastikan sebelum kamu memulai usaha. Ini wajib hukumnya agar usahamu aman dari masalah hukum. Ingat kredibilitas adalah hal yang sangat utama dalam bisnis. Jangan sampai bisnismu yang sudah berjalan harus tutup lantaran tidak punya izin.

(Baca juga: 8 Kiat Sukses Bisnis Makanan di Kantin Sekolah)

2. Coba produknya

Biasanya, terwaralaba suatu produk tertarik membeli kemitraan karena cocok dengan produk tersebut. Jadi, sebelum memutuskan untuk menjualnya, orang tersebut yakin produk yang bersangkutan akan mudah diterima pasar.

Oleh karena itu, sebaiknya coba dulu produk waralaba sasaranmu. Prinsipnya sangat sederhana: jika kamu sendiri tidak cocok, apalagi orang lain?

3. Periksa perhitungan BEP

Salah satu tujuan berbisis adalah mencari untung. Demikian juga halnya dengan warlaba. Para terwaralaba tentu mengharapkan modal yang digunakan untuk membeli waralaba cepat kembali sehingga bisa segera mendulang untung.

Nah, sebelum kamu membeli warlaba, minta pewaralaba menjelaskan seperti apa perhitungan BEP atau balik modal yang ditawarkannya. Jangan lantas percaya pada pewaralaba yang menjanjikan BEP cepat dengan keuntungan berlipat yang justru tidak masuk akal. Analisa lagi baik-baik skema yang ditawarkan.

4. Kenali terwaralaba

Jika pewaralaba mengatakan sudah memiliki banyak mitra, ini kesempatan emas untuk membuktikan bagaimana bisnis tersebut berjalan di lapangan. Cari terwaralaba yang dimaksud dan lakukan penelitian.

Jika hasil pengamatan dan wawancara tidak sesuai dengan penjelasan pewaralaba, sebaiknya ganti dengan waralaba lain. Jangan terburu-buru ingin berbisnis namun malah rugi di kemudian hari.

(Baca juga: 7 Usaha Agrobisnis Menguntungkan yang Bisa Dilakukan di Rumah)

5. Berapa banyak saingan

Persaingan usaha adalah hal yang pasti bagi pebisnis. Oleh karenannya, sebelum menjadi mitrea suatu waralaba, pastikan terlebih dahulu berapa banyak saingan bisnis yang memasarkan produk serupa.

Jika produk yang akan kamu jual punya banyak saingan, artinya bisnis yang akan kamu jalankan punya tantangan lebih. Jika masih sedikit, artinya peluang usaha kamu bertahan dan sukses di pasar lebih besar.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami