Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Tips Maksimalkan Kartu Kredit Ketika Momen Great Sale

by JTO on 17 Juni, 2015

Tawaran belanja memang tak selalu bisa ditolak. Apalagi pada momen gelaran diskon besar-besaran yang ditawarkan dari berbagai pusat perbelanjaan seperti Festival Jakarta Great Sale di pertengahan tahun seperti sekarang ini atau di saat Lebaran nanti. Bagaimana kita bisa pintar menyiasati tawaran belanja itu tanpa kebablasan?

Kartu kredit bisa menjadi salah satu pilihan. Selain berguna sebagai alat pembayaran, kartu kredit juga memiliki banyak manfaat. Biasanya justru dalam masa diskon besar-besaran seperti ini Anda bisa lebih puas berbelanja dengan kartu kredit dan mendapat banyak keuntungan. Kini, akan kami ingatkan kembali keuntungan apa saja yang bisa diperoleh.

Cashback

Keuntungan ini adalah potongan atau pengembalian sebesar nilai tertentu setelah pengguna kartu kredit melakukan sejumlah transaksi. Potongan dapat dilakukan langsung dengan mengurangi nilai transaksi atau bisa juga berupa pengurangan kategori kredit dalam tagihan pada bulan berikutnya. Contohnya adalah cashback sebesar 1,5 persen dari jumlah total pembelanjaan atau cashback berupa uang tunai untuk pembelanjaan jumlah tertentu. (Baca juga: 4 Jurus Jitu Bebas Tunggakan Kartu Kredit)

Point Reward

Biasanya ada kartu yang memberikan fitur pengumpulan poin untuk sejumlah transaksi yang dilakukan berdasarkan kebijakan bank penerbit. Poin yang dikumpulkan kemudian dapat ditukarkan dengan hadiah lain (redeem point). Hadiah yang ditawarkan bisa bermacam-macam, umumnya berupa potongan langsung pada transaksi belanja barang tertentu.

Nah, Anda mampu menggunakan poin-poin yang mungkin sudah Anda kumpulkan sebelumnya untuk ditukarkan dengan pembelanjaan tertentu yang sedang masuk dalam promosi. Jadi, pastikan kembali pada kasir pembayaran di pusat pembelanjaan apakah ada poin yang bisa digunakan dalam pembayaran barang belanjaan Anda.

Discount

Ini merupakan fitur yang paling banyak ditawarkan karena menjadi fitur standar kartu kredit. Penawaran potongan harga paling sering diberikan untuk transaksi belanja. Banyak merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit yang menawarkan variasi potongan harga. Inilah saat yang tepat untuk memanfaatkan diskon barang-barang yang Anda inginkan. (Baca juga: 5 Kegiatan Ini Lebih Menguntungkan Jika Pakai Kartu Kredit)

Selain tiga fitur ini, kartu kredit tertentu juga menawarkan fitur bonus berupa poin mileage atau frequent flyer. Poin ini bisa ditukarkan dengan tiket gratis atau layanan fasilitas saat menggunakan maskapai penerbangan tertentu. Salah satunya adalah bonus airport lounge gratis. Keuntungan tersebut bisa menjadi pilihan bagi Anda yang akan mudik lebaran menggunakan pesawat terbang. Bisa jadi transaksi belanja Anda semakin memperbanyak poin yang nantinya bisa ditukarkan untuk kenyamanan mudik.

Dapatkan hadiah menarik dengan ajukan kartu kredit di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.