Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Membeli Hewan Kurban dengan Budget Mulai Rp1 Jutaan

by Sindhi Aderianti on 29 Juli, 2020

Bagaimana persiapan Idul Adha kamu tahun ini? Walaupun masih dalam suasana pandemi Covid-19, niat berkurban jangan sampai urung terlaksana. Mumpung waktu untuk melaksanakan ibadah kurban masih ada hingga H+3 Idul Adha, simak tips membeli hewan kurban di sini!

Tips Membeli Hewan Kurban dengan Budget Minim

Jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah, Idul Adha dilaksanakan untuk memperingati peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS. Sementara dalam kehidupan sosial, kegiatan ini  bertujuan agar umat Muslim dapat berbagi kebahagiaan kepada sesama yang kurang beruntung. Perintah berkurban juga tercantum dalam Al-Quran, tepatnya pada Surah Al-Kautsar ayat 2 dan Surah Al-Hajj ayat 34 hingga 35.

“Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berqurbanlah.” – Al-Kautsar: 2

Hukum berkurban adalah wajib bagi yang mampu. Jika memenuhi kriteria tersebut, pemeluk agama Islam diwajibkan untuk menyembelih salah satu dari hewan kurban yang telah ditetapkan antara lain sapi, kerbau, unta, kambing, atau domba. Adapun selain itu, syarat berkurban lainnya meliputi:

  • Akil baligh
  • Berakal
  • Merdeka dan mampu
  • Rosyid (tidak sedang terlilit hutang)

Namun, tak ada salahnya juga untuk mengupayakan berkurban. Artinya meskipun budget yang kamu miliki tergolong minim, kamu tetap bisa kok melaksanakan ibadah ini. Memang bisa? Berikut tips membeli hewan kurban dengan budget minim, yakni mulai dari Rp1 jutaan.

1. Berkurban via lembaga zakat

Ada banyak lembaga zakat yang juga melayani kebutuhan berkurban di Indonesia. Enaknya melalui jasa tersebut, kamu bisa menyesuaikan budget yang dimiliki. Dompet Dhuafa misalnya, lembaga zakat ini menyediakan hewan kurban dengan harga mulai dari: Rp 1,875 juta untuk berat kambing mulai dari 23-28 kg. Selain itu, ada juga kurban 1/7 sapi, dan lainnya, yang semuanya akan disalurkan ke pelosok, daerah terluar, wilayah konfilk.

2. Pilih hewan kurban sesuai budget

Kambing dan domba boleh dibilang merupakan hewan kurban yang paling terjangkau dari segi harga. Tipe hewan ternak ini pun dibedakan lagi ke dalam beberapa kategori, mulai dari premium hingga reguler. Harga yang dibanderol umumnya berkisar antara Rp1,8 juta – Rp6,5 juta. Dengan budget minim, kamu dapat memilih kambing atau domba yang termurah asalkan hewan tersebut memenuhi kritaria hewan kurban sesuai syariat.

3. Khusus sapi, kamu bisa patungan

Jika memiliki rezeki berlebih, berkurban sapi memang lebih dianjurkan. Tapi, punya budget Rp1 jutaan pun bukan mustahil untuk bisa membeli sapi. Caranya? Patungan dengan beberapa orang saja. Dalam Islam, hal ini diperbolehkan alias tidak melanggar aturan berkurban. Hewan yang dikurbankan haruslah sapi/kerbau/unta dengan jumlah peserta maksimal 7 orang. Bila jumlah peserta patungan melebihi syarat (misalnya 1 ekor sapi untuk 10 orang), maka kegiatan tersebut tidak bisa disebut qurban, melainkan sedekah.

4. Membuat tabungan khusus berkurban

Tips membeli hewan kurban ini bisa kamu lakukan dari jauh-jauh hari. Dijamin, tahun depan kamu tak akan kelimpungan mau kurban dengan budget minim lagi. Langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah membuat rekening khusus untuk Idul Adha. Setidaknya kalau prediksi harga kambing kurban di tahun depan Rp2.300.000, maka hingga Idul Adha tahun depan kamu harus menyisihkan atau menabung Rp191.000 sampai Rp200.000 per bulan.

(Baca Juga: Ini Dia Beberapa Makanan Khas Idul Adha di Indonesia Paling Favorit)

Niat dan Doa Berkurban

Sebelum berkurban, baca terlebih dahulu beberapa doa agar ibadah kurban ini semakin afdol dan diterima oleh-Nya. Berikut urutan doa yang dimaksud:

  1. Membaca basmallah: Bismillahirrahmanirrahim.
  2. Bersalawat: Allahumma shalli ala sayyidina muhammad, wa ala ali sayyidina muhammad.
    (“Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”)
  3. Membaca takbir tiga kali dan tahmid sekali: Allaahu akbar, allaahu akbar, allaahu akbar, walillaahil hamd.
    (“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”)
  4. Doa ketika hewan kurban disembelih: Allaahumma haadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minnii ya kariim.
    (“Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”)

Berkurban di Tengah Pandemi Covid-19

Idul Adha kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam suasana pandemi. Oleh karenanya, prosesi qurban yang dilakukan pun haruslah sesuai protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Melalui Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama, Pemerintah Indonesia membeberkan surat edaran untuk disampaikan pada seluruh lapisan masyarakat. Isi suratnya mencakup panduan pelaksanaan qurban, seperti langkah pencegahan dalam penjualan maupun penyembelihan hewan qurban.

Dalam panduan tersebut dijelaskan jika sebaiknya proses pembelian hewan qurban dilakukan secara online. Kalau tidak memungkinkan pun, penjual dan pembeli harus sama-sama menerapkan protokol kesehatan, mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker pengecekan suhu tubuh, hingga menerapkan langkah personal hygne.

Kemudian untuk proses penyembelihan hewan kurban, dianjurkan di Rumah Potong Hewan Ruminansia. Namun jika ingin melakukannya di luar, penyembelihan harus tetap dilakukan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan tadi.

Seperti itulah tips membeli hewan kurban dengan budget minim, mulai dari Rp1 jutaan. Dimana ada niat, di situ pasti ada jalan untuk tetap melaksanakan ibadah kurban ini. Penuhi kebutuhan lainnya untuk merayakan Idul Adha di tanggal tua ini dengan Kartu Kredit Citibank. Transaksi pembelian baik secara online maupun offline jadi lebih mudah, apply sekarang juga melalui CekAja.com. Selamat Hari Raya Idul Adha!

(Baca Juga: 6 Tips Memilih Hewan Qurban Menurut Syariat Islam dan di Tengah Masa Pandemi)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.