Tips Memilih Asuransi Perjalanan untuk Keluarga Agar Liburan Aman dan Nyaman

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Meski pandemi Covid-19 masih belum usai, bukan berarti impianmu dan keluarga untuk bisa liburan, menjadi gagal bukan? Kamu tetap bisa pergi liburan atau pulang kampung pasca lebaran, setelah kondisi ini kembali normal. Sambil menunggu, ada baiknya kamu menabung, sekaligus mengajukan asuransi perjalanan. Agar tak salah pilih, ini tips memilih asuransi perjalanan untuk keluarga, demi liburan yang aman dan nyaman.

tips memilih asuransi perjalanan untuk keluarga agar liburan aman dan nyaman

Seperti yang diketahui juga, kini penerbangan, transportasi darat hingga laut, masih melayani penumpang dengan keterbatasan. Belum lagi harus memenuhi persyaratan yang cukup ribet. Sehingga, berbagai risiko ketinggalan pesawat, kehilangan barang, kecelakaan hingga sakit pada saat di perjalanan, bisa saja terjadi.

Belum lagi, jika keadaan sudah normal kembali dan pembludakan penumpang pasti akan terjadi. Maka dari itu, memiliki asuransi perjalanan untuk keluarga, sangat penting demi kenyamanan.

Apapun urusannya, mulai dari liburan, pulang kampung, hingga bisnis, asuransi perjalanan penting untuk dimiliki. Berikut alasan pentingnya mengajukan asuransi perjalanan untuk keluarga, sebelum berangkat.

Apa Itu Asuransi Perjalanan?

Asuransi perjalanan merupakan sebuah produk perlindungan, yang bisa menjadi jaminan ketika kamu mengalami risiko-risiko tak terduga selama perjalanan. Misalnya keterlambatan jadwal perjalanan, kehilangan barang bawaan, gangguan kondisi medis, hingga kecelakaan.

Asuransi perjalanan juga sangat memberikan manfaat, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu, selama dalam perjalanan. Jika sudah memiliki asuransi perjalanan, kamu dan keluarga, niscaya akan merasa aman dan nyaman, karena telah terlindungi.

Tidak hanya saat melakukan perjalanan jauh, ketika kamu dan keluarga ingin pulang kampung ke luar kota menggunakan mobil atau kereta, asuransi perjalanan juga bisa sangat bermanfaat.

(Baca Juga: Deretan Wisata Pegunungan Dieng Bak Negeri di Atas Awan)

Premi Asuransi Perjalanan Ramah di Kantong

Untuk masalah premi, produk asuransi perjalanan tergolong murah, yakni mulai dari Rp10.000 – Rp40.000 per hari. Namun, faktor usia dan jenis perjalanan juga memengaruhi biaya premi yang harus dibayarkan. Terlebih juga, beberapa perusahaan asuransi biasanya, telah menyediakan paket asuransi perjalanan.

Bahkan, ada produk asuransi yang hanya dibayarkan ketika kamu sedang liburan saja. Namun, perlu diketahui lagi, bahwa fasilitas hingga benefit dari asuransi perjalanan, berbeda-beda, tergantung kebijakan perusahaan asuransi dan paket.

Nah, buat kamu dan keluarga yang punya rencana untuk melakukan perjalanan jauh, untuk liburan atau sekadar pulang kampung, yuk, ajukan asuransi perjalanan, dengan mengetahui terlebih dahulu tips memilih asuransi perjalanan untuk keluarga berikut ini.

Tips Memilih Asuransi Perjalanan untuk Keluarga

1. Beli Asuransi Perjalanan Sebelum Berangkat di Perusahaan Asuransi Lokal

Beli Asuransi Perjalanan

Tips memilih asuransi perjalanan untuk keluarga yang pertama adalah membeli di perusahaan asuransi lokal dalam negeri, dan wajib beli sebelum berangkat. Mengapa?

Asuransi perjalanan akan lebih murah jika membeli di perusahaan asuransi yang dikelola oleh perusahaan lokal dalam negeri. Sedangkan, jika membeli asuransi perjalanan di perusahaan asuransi luar negeri, harganya jauh lebih mahal.

Pastikan, kamu juga membeli sebelum berangkat liburan, karena beberapa negara atau kota tidak akan menerima turis yang tidak memiliki asuransi perjalanan, bak paspor atau visa.

2. Tetapkan Jangka Waktu Liburan

Jangka Waktu Liburan

Polis asuransi perjalanan juga akan menghitung berapa lama kamu dan keluarga akan pergi. Sehingga, menetapkan jangka waktu liburan yang tepat juga merupakan salah satu tips memilih asuransi perjalanan untuk keluarga.

Sesuaikan waktu perjalanan, dengan jadwal yang telah tertera pada polis asuransi perjalanan. Jika perlu pilihlah jenis asuransi perjalanan yang jaminanya per tahun. Sehingga, jika kamu punya rencana berwisata ke beberapa lokasi sekaligus dalam kurun satu tahun, perjalananmu sudah terjamin asuransi.

3. Pilih Asuransi Perjalanan Sesuai Kebutuhan

Pilih Asuransi Perjalanan

Sama seperti ketika mengajukan asuransi lainnya, dalam tips memilih asuransi perjalanan untuk keluargamu juga perlu memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika kamu berencana berwisata sekeluarga, maka kamu bisa memilih produk asuransi perjalanan dengan premi rendah.

Sehingga, budget untuk pembayaran asuransi perjalanan, bisa lebih ekonomis. Selain itu, jika kamu dan keluarga telah memiliki asuransi kesehatan sendiri, maka jangan memilih asuransi perjalanan yang pertanggungannya sudah mencakup asuransi kesehatan.

Dengan begitu kamu bisa memilih jenis asuransi perjalanan lain. Misalnya, yang menanggung kehilangan barang, kecelakaan, delay pesawat, dan risiko lainnya.

4. Beritahu Lokasi Tujuan Kamu dan Keluarga

Lokasi Tujuan

Tips memilih asuransi perjalanan untuk keluarga berikutnya adalah memberitahu lokasi tujuan liburan kamu dan keluarga. Hal tersebut dilakukan, agar kamu terhindar dari biaya kedatangan, untuk lokasi yang tidak kamu kunjungi.

Pasalnya, ada hal penting yang perlu diketahui, bahwa perusahaan asuransi perjalanan tidak akan melindungi perjalanan para nasabahnya, jika datang ke lokasi risiko tinggi. Misalnya ke daerah konflik, olahraga ekstrim, wisata liar, serta ke tempat rawan bencana.

5. Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibilitasnya Baik

Pilih Perusahaan Asuransi

Pastikan, dalam memilih asuransi perjalanan untuk keluarga, pilihlah produk asuransi perjalanan yang tepat di perusahaan asuransi terpercaya. Jika perlu, selidiki latar belakang perusahaan asuransi, mulai dari testimoni, riwayat sistem klaim dan lain-lain.

Jangan, terlalu tergiur dengan premi yang amat murah. Kamu boleh pilih asuransi perjalanan premi murah, tetapi harus lihat lagi sistem klaimnya. Karena, biasanya asuransi perjalanan yang preminya sangat murah, sistem klaimnya susah.

(Baca Juga: Jenis Kartu Kredit untuk Travelling yang Cocok Buat Para Traveller)

6. Bandingkan Produk dan Pilih yang Paling Cocok

Bandingkan Produk Asuransi

Sudah menemukan beberapa produk asuransi perjalanan yang cocok? Jangan lupa tetap membandingkannya, dan pilih yang terbaik dari segala segi.

Selain itu, disarankan tidak membeli asuransi perjalanan di perusahaan jasa transportasi, misalnya di maskapai penerbangan. Mengapa, bukannya lebih praktis karena sekaligus?

Pasalnya, jika kamu mengajukan asuransi perjalanan di perusahaan yang bukan mengurusi asuransi, yang ditakutkan, asuransi perjalanan kamu bisa terbengkalai, jika perusahaan yang bersangkutan bangkrut, dan tidak bisa bertanggung jawab, atas nilai pertanggungan asuransi kamu.

Nah, itu dia beberapa tips memilih asuransi perjalanan untuk keluarga, agar liburan aman dan nyaman. Butuh rekomendasi dan informasi seputar asuransi perjalanan? Cek di situs CekAja.com saja!

Di CekAja.com, kamu bisa melihat informasi lengkap produk asuransi perjalanan, mulai dari premi hingga persyaratan. Kamu juga bisa sekaligus membandingkan dengan produk lainnya, lalu ajukan.

Bagaimana praktis bukan? Kapan lagi bisa mengajukan asuransi perjalanan dengan mudah, kapan saja dan di mana saja, kalau bukan di CekAja.com!