Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Mengatasi LCD HP Rusak Mulai dari Bergaris hingga Muncul Bercak

by Estrin Vanadianti Lestari on 5 Maret, 2020

Menjadi bagian yang paling sensitif di dalam ponsel, yakni LCD (Liquid Crystal Display) atau layar pada smartphone, membuat para pemilik HP menjadi sangat berhati-hati. Meski begitu, masalah LCD rusak, tetap saja masih sering terjadi karena ketidaksengajaan pengguna. Nah, jika sudah terlanjur rusak, berikut beberapa tips mengatasi LCD HP rusak.

tips mengatas lcd hp rusak

Tidak sedikit dari pengguna HP, pasti sangat menjaga kesehatan LCD HP mereka dari kerusakan. Salah satunya seperti menggunakan pelindung layar HP, yang memiliki beberapa jenis, yakni:

Terlebih, di zaman sekarang, kebanyakan smartphone muncul dengan layar sentuh full. Berbeda dengan HP zaman dulu yang layarnya kecil.

Tidak hanya itu, masalah-masalah yang terjadi di LCD HP juga ternyata bermacam-macam loh. Hal tersebut biasanya terjadi akibat kelalaian pengguna, yang tidak menjaga LCD HP mereka dengan benar.

(Baca Juga: Ini Cara Cek Usia Pemakaian Hp, Gampang Banget!)
Tips Mengatasi LCD HP Rusak

Namun, beberapa kasus LCD rusak juga terjadi karena masalah di internal perangkat. Nah, mau tahu apa saja masalah yang biasa terjadi di LCD HP? Yuk mari simak masalah LCD beserta tips mengatasi LCD HP rusak, berikut ini:

1. Flickering (Garis-garis bergerak)

Masalah LCD yang pertama dan yang paling sering terjadi adalah flickering atau muncul garis-garis bergerak. Sebenarnya, flickering ini tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja HP, namun hal tersebut tentunya akan mengganggu penglihatan dan bikin pusing.

Masalah ini biasanya terjadi karena penggunaan aplikasi, penggunaan kamera yang membutuhkan fitur Auto Brightness, unduhan custom ROM, dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Solusi:

Tips mengatasi LCD HP rusak karena flickering atau garis-garis adalah dengan:

  1. Boot smartphone dalam mode aman, dengan mengaktifkan mode kondusif di HP
  • Tekan dan tahan tombol daya sampai terlihat sajian daya muncul
  • Pada layar menu, tekan dan tahan ikon tombol daya, sampai muncul pop-up safe mode, muncul di layar.
  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi “Reboot ke safe mode“, kemudian tekan tombol “OK’
  1. Aktifkan fitur anti flickering pada HP lain
  • Aktifkan fitur tersebut di HP lain, lalu masuk ke kamera, pilih pengaturan
  • Pilih fitur anti flickering atau anti banding
  • Atur skala 60 hertz
  • Bidik LCD Hp yang terkena flickering
  • Lalu garis-garis pada LCD pun otomatis akan hilang
  1. Hindari ruang bersuhu tinggi
  2. Letakan HP di tempat yang memiliki intensitas cahaya rendah
2. Baret-baret

Masalah ini biasanya terjadi ketika pengguna tidak memakaikan pelindung layar. Hal tersebut pun akan menyebabkan LCD baret atau tergores, karena terkena benda tajam dan keras, seperti tergores kunci, koin, dan benda kasar lainnya.

Solusi:

Tips mengatasi LCD HP rusak akibat tergores benda kasar adalah dengan menggunakan pasta gigi. Caranya, kamu hanya tinggal olesi lalu gosok bagian LCD yang baret. LCD yang tergores pun seketika akan kembali mulus.

3. LCD tidak sensitif

Masalah selanjutnya yang biasa terjadi pada LCD HP adalah layar tidak sensitif terhadap sentuhan. Masalah ini sering terjadi akibat HP sering overheat.

Overheat merupakan kondisi di mana, HP kamu sering mengeluarkan panas yang berlebihan. Overheat biasanya disebabkan oleh HP yang terlalu lama di-charger, bermain game yang berlebihan, virus dan malware, hingga sering menggunakan HP ketika di-charger.

Solusi:

Tips mengatasi LCD HP rusak karena tidak sensitif terhadap sentuhan, adalah dengan cara matikan layar HP. Matikan HP selama beberapa saat, atau jika perlu sampai suhu HP menjadi dingin. Setelah itu, nyalakan lagi.

4. Ghost Touching (Bergerak/berjalan sendiri)

Masalah berikutnya yang sering terjadi pada LCD HP adalah ghost touching, atau keadaan di mana layar HP kamu bergerak sendiri, tanpa adanya perintah atau sentuhan.

Mungkin, kamu pernah merasakan layar HP mu bergerak-gerak sendiri, dan sering lari-lari tidak jelas. Seperti membuka halaman gallery sendiri, memutar musik sendiri, lalu tiba-tiba keluar, dan terus begitu tanpa henti.

Masalah ini biasanya sering terjadi karena, charger yang rusak, charger palsu, atau tegangan yang terlalu tinggi.

Solusi:

Tips mengatasi LCD HP rusak karena sering bergerak sendiri adalah dengan cara:

  • Ganti baterai
  • Ganti charger baru atau pakai charger yang asli
  • Perbaiki Bug ROM/software
5. Dead Pixel (Bercak-bercak)

Bercak-bercak pada layar HP biasa disebut dead pixel atau matinya pixel di layar. Sehingga, ada bagian layar HP yang tidak menyala normal, dan menghasilkan bercak-bercak hitam.

Bahkan, jika bercak-bercak tersebut meluas, maka layar bisa tertutup bercak, dan tidak bisa digunakan. Nah, jika HP kamu sudah menunjukkan tanda-tanda ada dead pixel, segera lakukan perbaikan.

Solusi:

Tips mengatasi LCD HP karena bercak-bercak adalah dengan cara berikut ini:

  • Matikan Hp dan buka casingnya.
  • Lepas baterai , SIM Card , dan juga kartu memori di dalamnya.
  • Masukkan ke dalam wadah plastik bening dan tutup rapat.
  • Pastikan tidak ada kebocoran pada plastik tersebut.
  • Kemudian masukkan ke dalam kulkas pada ruang freezer (bagian paling atas pada lemari es)
  • Tunggu sekitar kurang lebih 6 hingga 8 jam kemudian keluarkan
  • Buka plastik pembungkusnya dan diamkan semoga suhu menjadi normal, sambil dilap untuk mempercepat, atau juga bisa dengan menyemprotnya dengan angin (kompresor) atau ditaruh di depan kipas angin.
  • Jika sudah benar-benar kering dan tidak muncul embun, pasang baterai, kartu SIM, dan juga memori card, kemudian nyalakan HP kamu.
  • Bila kerusakan atau kebocoran belum parah, maka bintik hitam benar-benar hilang.
  • Jika sudah parah, biasanya setelah melaksanakan langkah di atas, kondisi HP hanya mengurangi bercak saja, tidak mampu hilang sepenuhnya.

Nah, itu dia beberapa masalah LCD HP yang sering terjadi, beserta cara mengatasinya. Mau LCD HP kamu sehat terus? Gunakanlah pelindung LCD HP yang berkualitas.

Pelindung LCD HP yang bagus dan berkualitas biasanya memiliki harga sekitar Rp100.000 hingga Rp500.000-an. Nah, kamu bisa membelinya di toko-toko HP terdekat atau di toko online.

Jangan lupa, lakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, karena kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, seperti kepraktisan, potongan, rewards, dan lain-lain.

Yuk, ajukan segera kartu kredit pilihanmu, hanya di situs Cekaja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk