Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Mengelola Keuangan Bagi Fresh Graduate, Kuy Simak!

by Miftahul Khoer on 19 November, 2019

Sebagai fresh graduate yang baru mulai kerja, kamu pastinya sangat bersemangat untuk menerima gaji pertama. Kamu mungkin sudah memiliki beragam rencana untuk menggunakan uang gaji tersebut, entah itu untuk mentraktir teman, memberi hadiah pada orang tua, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

kerja atau bisnis setelah lulus kuliah _ pinjaman bisnis - CekAja.com

Namun, ada yang perlu kamu perhatikan dalam hal mengelola uang kalau kamu tidak ingin terjebak dalam gaya hidup boros dan kehabisan uang di tengah bulan. Mungkin memang kelihatannya menyenangkan ketika saat gajian trus langsung ganti gadget terkini. Namun, coba pikir lagi apakah keinginan-keinginan kamu itu memang sesuatu yang penting dan perlu, atau sifatnya hanya keinginan?

Untuk membantumu mengatur gaji pertama dengan lebih baik, berikut ini tips mengelola keuangan bagi fresh graduate yang baru menerima gaji pertama:

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mempermudah mengelola uang adalah dengan membuat rencana anggaran. Kamu harus tahu dulu hal-hal apa saja yang kamu butuhkan. Ada hal penting yang harus kamu perhatikan saat menyusun anggaran yaitu: prioritaskan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Misalnya, sewa kos, iuran listrik, pulsa, alat mandi, makan, biaya transportasi, dan lain-lain. Buat daftar kebutuhan yang sudah pasti dan hitung berapa jumlah yang kemungkinan akan kamu habiskan untuk pos-pos tersebut.

Hal ini akan membantumu melihat secara jelas jumlah uang yang kamu punya dan jumlah uang yang akan kamu keluarkan. Dengan demikian kamu tidak akan terlena dan menghabiskan uangmu untuk hal-hal yang kurang penting. Setelah itu, kamu baru bisa menganggarkan untuk hal-hal lain yang bersifat tidak terlalu pokok, misalnya anggaran untuk jalan-jalan dan memberi hadiah pada diri sendiri.

(Baca juga: Literasi Keuangan Kian Meningkat, Simak Fakta-faktanya!)
  • Prioritaskan kewajiban melunasi utang

Sebagai seorang fresh graduate, mungkin kamu memiliki tanggungan utang, misalnya kepada orang tua untuk biaya hidup selama pertama kali bekerja. Hal ini harus kamu prioritaskan dalam rencana anggaranmu. Semakin cepat kamu melunasi utang, semakin cepat kamu tenang dan kamu tidak akan terbebani lagi. Selain itu, kalau beban utangmu sudah terselesaikan, kamu akan lebih leluasa mengatur anggaran di bulan-bulan selanjutnya.

Kalau kamu memiliki tanggungan cicilan bulanan, hal ini juga harus jadi prioritas dalam susunan anggaranmu. Jangan sampai kamu telat bayar yang malah akan merepotkanmu di kemudian hari.

  • Perhatikan anggaran untuk makanan

Makanan merupakan kebutuhan pokok yang mau tidak mau membutuhkan porsi besar dalam anggaran. Akan tetapi, bukan berarti kamu lantas berboros-boros dalam hal makanan. Yang penting kamu memenuhi semua kebutuhan nutrisi sesuai dengan usia dan pola makan sehat.

Nongkrong dan makan di luar bersama teman-teman memang menyenangkan. Namun, kebiasaan ini akan menelan biaya yang tidak sedikit. Tentu saja kamu tetap boleh melakukannya, misalnya sesekali saja tiap akhir pekan, bukannya setiap hari.

  • Beli barang serba guna

Mungkin sekarang kamu tinggal sendiri sehingga harus mengurus semua kebutuhan sendiri. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa membeli barang-barang serba guna yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan sekaligus. Misalnya, kamu cukup membeli satu produk pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan lantai, kamar mandi, dapur, dan kaca jendela sekaligus. Atau body lotion yang bisa kamu gunakan sekaligus sebagai hand cream.

Terkadang memang iklan produk membuat kita percaya kalau kita membutuhkan produk yang berbeda-beda untuk tiap kegunaan. Kita harus sadar betul kalau itu hanyalah bagian dari teknik marketing. Jadi kita tidak mudah percaya begitu saja dan menjadi ‘korban’ iklan yang bisa membuat pengeluaran menjadi boros.

  • Sisihkan untuk masa depan

Kamu tidak perlu menunggu lama atau menunggu gajimu banyak terlebih dahulu untuk menabung. Tenang saja, karena menabung pun tidak harus banyak. Walau sedikit, asal rutin untuk membangun kebiasaan baik terlebih dahulu.

Setidaknya ada dua tabungan yang harus kamu siapkan, yaitu tabungan untuk kebutuhan darurat dan tabungan jangka panjang.

(Baca juga: Tips Cara Mengatur Keuangan Mingguan Paling Mudah dan Ampuh)
  • Ikutilah program asuransi

Tentu saja kita berharap untuk selalu sehat dan fit. Akan tetapi, dalam hidup kadang hal-hal yang tidak diinginkan terjadi tanpa diduga. Kamu juga pasti tahu biaya berobat bisa menelan uang yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sangat penting bagimu untuk mengikuti program asuransi kesehatan.

Kalau dari tempat kerjamu tidak menyediakan fasilitas asuransi, kamu bisa mengikuti asuransi dari pihak lain baik itu swasta maupun pemerintah. Dengan demikian kamu bisa tenang kalau sewaktu-waktu butuh berobat.

Itulah beberapa tips mengelola keuangan bagi fresh graduate yang baru bekerja dan pertama kali menerima gaji. Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran bagimu dalam mengelola keuangan sehingga kamu memiliki kondisi finansial yang sehat dan stabil, ya!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.