6 Tips Merawat Barang Elektronik Biar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Daftar tips merawat barang elektronik ini, memang jangan disepelekan. Maka tak heran, jika setiap punya barang elektronik, kamu jadi tidak pernah awet. Jangan salahkan brand-nya dulu, karena mungkin saja kamu yang kurang bisa merawatnya.

Sama seperti barang lainnya, barang elektronik, seperti mesin cuci, kulkas, televisi, setrikaan, handphone, komputer, laptop, AC, dan lainnya, juga butuh kasih sayang.

Terlebih, mereka juga memiliki batas kemampuan, jadi jangan paksa mesin mereka, untuk selalu bekerja.

Manusia saja, kalau sudah lelah tapi dipaksa bergerak, bisa tumbang dan sakit. Begitupun dengan barang elektronik. Karena sewaktu-waktu mereka juga bisa error, bahkan rusak jika diperlakukan dengan tidak semestinya.

Tidak dirawat seperti makhluk hidup, tips merawat barang elektronik, memiliki caranya sendiri, yang harus kamu pahami.

Adapun, perawatan barang elektronik ini dilakukan, dengan tujuan agar benda tersebut, bisa lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

(Baca Juga: 8 Alat Rumah Tangga Canggih, Cocok Buat yang Mageran)

Nah, jangan sembarangan, yuk langsung saja intip tips merawat barang elektronik, supaya barang elektronik lebih panjang umur.

Tips Merawat Barang Elektronik

1. Letakan di Permukaan yang Rata, Kering dan Terhindar dari Sinar Matahari Langsung

Tips merawat barang elektronik agar awet yang pertama adalah, meletakkannya di tempat yang rata, kering, dan jangan kena sinar matahari langsung.

Meski rata, kering, dan tidak kena sinar matahari langsung, jangan juga letakan di ruangan lembab, dan minim sirkulasi udara.

Pasalnya, barang elektronik yang diletakan di ruangan gelap, lembab, dan minim sirkulasi udara, bisa membuatnya cepat korosi dan berjamur.

Hanya dengan melakukan perawatan tips ini, kamu akan mendapati, barang elektronik yang terhindar dari overheat, dan membuatnya tidak mudah cepat rusak.

Selain itu, penting juga untuk meletakan barang elektronik, di tempat yang sulit dijangkau anak-anak, karena bisa membahayakan mereka, seperti kesetrum jatuh, pecah, atau tertimpa.

2. Berikan Waktu Istirahat

Tips merawat barang elektronik selanjutnya, adalah dengan memberikan waktu istirahat yang cukup.

Jadi, jangan mentang-mentang kamu suka nonton drama Korea di televisi, kamu jadi lupa waktu dan engga matikan televisimu selama 24 jam non stop.

Mata manusia saja, akan lelah jika harus bekerja seharian, apalagi mesin yang bisa panas dan konslet.

Namun, jika kamu ingin televisi dan barang elektronik lain milikmu awet, ada baiknya untuk tidak menggunakannya, secara terus menerus.

Jika, manusia butuh tidur, benda elektronik juga butuh istirahat, dengan cara dimatikan mesinnya, agar hawa panas setelah pemakaian, hilang dan membuat mesin tetap memiliki performa baik.

3. Pastikan Listrik di Rumah Stabil

Sering disepelekan, atau memang belum paham, tips merawat barang elektronik ini, juga penting, yakni memastikan arus listrik di rumahmu stabil.

Meski bukan anak listrik, hal ini perlu kamu tahu. Pasalnya, jika arus listrik di rumah kamu tidak stabil, maka bisa mempercepat kerusakan komponen perangkat elektronik, yang posisinya sedang tercolok.

Tidak hanya itu, penggunaan stop kontak juga perlu diperhatikan. Pastikan, ketika kepala kabel tercolok, harus pas, jangan sampai longgar atau kurang rapat.

Karena, hal tersebut bisa membahayakan pengguna, apalagi ketika ingin mencabutnya. Risiko kesetrum lebih besar.

4. Simpan Kartu Garansi Barang Elektronik

Ketika kamu membeli barang elektronik, pastinya kamu akan menerima kartu garansi barang elektronik, dari pabrik maupun toko.

Nah, tips merawat barang elektronik ini juga sering disepelekan. Menganggap barang elektronik yang dibeli tidak akan bermasalah, kamu main buang saja.

Padahal, kartu garansi sangat penting dan menguntungkan, ketika barang elektronik milikmu bermasalah. Di dalam kartu garansi, kamu bisa mengajukan servis gratis hingga penggantian barang, jika masih dalam masa garansi.

Jadi, ketika bermasalah, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang, dan barang elektronikmu bisa mendapatkan perbaikan di tempat yang resmi.

5. Bersihkan Secara Rutin

Tips merawat barang elektronik, yang selalu dianggap merepotkan adalah membersihkannya, secara rutin.

Kadang, orang hanya tinggal pakai saja, tanpa memperhatikan bahwa barang elektronik tersebut, penuh dengan debu, kotoran, lumut, jamur dan lainnya.

Selain terlihat kotor, debu-debu dan kotoran lainnya tersebut juga bisa mempengaruhi kerja mesin dan bagian lainnya, pada barang elektronik.

Kamu hanya cukup, bersihkan bagian-bagian yang kira-kira kotor, dan akan mengganggu barang elektronik.

Seperti laptop di bagian lubang colokan, sela-sela keyboard, layar, dan lainnya. Atau bahkan kamu bisa panggil tukan pembersih, khusus barang elektronik yang sulit dibersihkan sendiri, seperti AC dan mesin cuci.

6. Servis Ditempat yang Terjamin

Tips merawat barang elektronik yang terakhir adalah, lakukan servis berkala di tempat yang terjamin, kalau bisa resmi.

Karena, saat ini banyak sekali tempat servis elektronik, yang mudah temui di sekitar tempat tinggal.

(Baca Juga: Manfaat dan Jenis Asuransi Elektronik)

Meski predikatnya bagus, namun tetap harus teliti dalam memilih tempat servis. Pilihlah tempat servis yang terjamin, dengan tenaga yang berpengalaman atau profesional.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait tips merawat barang elektronik, yang wajib kamu ketahui.

Apalagi, jika kamu membeli barang elektronik dengan sistem cicil. Barang belum lunas, tapi barang elektronik kamu sudah rusak duluan. Nyesek bukan?

Makanya, sudah bagus diberikan kemudahan, untuk membeli barang elektronik dengan cara cicil. Seharusnya kamu bisa lebih bijak dalam merawat milik kamu sendiri.

Apalagi kalau kamu cicilannya pakai kartu kredit, dan menggunakan program cicilan nol persen.

Sudah untung, bisa dicicil, bisa hemat pula, karena bayar tanpa bunga. Tertarik beli barang elektronik pakai kartu kredit cicilan nol persen?

Yuk, segera ajukan produk kartu kredit terbaik, melalui CekAja.com. Karena di sana kamu bisa melihat banyak produk kartu kredit dari berbagai perusahaan perbankan ternama Indonesia.

Kamu juga bisa sekaligus membandingkan produk, yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.