Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Sukses Pendaftaran Jalur Mandiri PTN

by Satrya Agung on 29 September, 2016

Usai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diadakan, para calon mahasiswa masih mempunyai kesempatan kedua, yaitu dengan mengikuti pendaftaran jalur mandiri.

Di tahun 2016 ini kuota penerimaan di jalur mandiri di tiap universitas ditambah hingga 30%. Kalau kamu sudah mengikuti SBMPTN tidak ada salahnya untuk ikut mendaftar di jalur mandiri ini, terlepas dari lulus atau tidaknya dari SBMPTN.

Untuk mengetahui jadwal pendataran dan waktu pelaksanaan ujiannya, segera cek di website-website universitas negeri yang kamu idamkan. Seberapa pun yakinnya kamu akan hasil tes SBMPTN atau bahkan menerima beasiswa, opsi jalur mandiri ini jangan sampai dilewatkan begitu saja.

cekaja-daftar-kartu-kredit

Agar persiapanmu makin matang, berikut akan kami paparkan tips untuk mendaftar kuliah di jalur mandiri ini.

  1. Pilihlah Universitas dan jurusan dengan bijak.

Walau hampir seluruh perguruan tinggi negeri menyediakan jalur mandiri dan waktu penyelenggaraan ujiannya yang berbeda-beda, ada baiknya kamu benar-benar mempertimbangkan kampus mana dan jurusan apa yang akan dipilih. Walau pun juga harus tahu jadwal ujian mandiri ptn 2016, jadwal jalur mandiri ptn 2016. Selain dari sisi kemampuanmu, kamu juga harus pertimbangkan dari sisi biayanya.

  1. Perbanyak latihan soal

Sekarang sudah banyak dijual buku-buku latihan soal yang dirancang sesuai dengan PTN masing-masing. Asah terus kemampuanmu dalam menjawab soal-soal tersebut. Karena ini akan membantumu mengetahui model dan jenis soal. Namun tergantung pendaftaran jalur mandiri, pendaftaran ptn jalur mandiri. Akan lebih baik lagi jika kamu juga mempelajari jenis soal hingga ke sistem penilaiannya. Dan buat kamu yang saat ini masih duduk di bangku akhir SMA, sedari sekarang mulailah melahap soal-soal pendaftaran jalur mandiri ini.

  1. Bertanyalah pada senior

Cari tahu siapa kira-kira kakak kelasmu yang kuliah di kampus yang kamu incar tersebut. Tanyakan pada mereka perihal ujian seleksi mandiri ini. Dapatkan segala informasi yang dikira akan sangat membantumu dalam menempuh proses ujian ini. Seperti seberapa besar proporsi kampus menerima mahasiswa dalam jalur ini atau soal-soal apa saja yang keluar saat mereka ujian dulu.

  1. Siapkan segala perlengkapan

Jangan sampai saat ujian kamu lupa membawa pulpes atau penghapus. Kendala sekecil apa pun akan berpengaruh pada mental kita saat ujian. Untuk itu, minimal 1 hari sebelum ujian kamu sudah melengkapi segala sesuatunya. Mulai dari pensil 2B, pulpen, penghapus, papan jalan, penggaris, dan semua peralatan tulis-menulis yang sekiranya dibutuhkan.

Dan juga pastikan kamu mengetahui di mana lokasi ujian diadakan. Luangkan waktu sejenak untuk survey. Prediksikan juga berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan tersebut. Kamu juga bisa cek jalur mandiri ptn tanpa tes, jalur mandiri ptn yang masih dibuka. Semua harus kamu persiapkan dengan matang. Anggap saja kamu sedang akan berperang, dan semua persenjataan serta strateginya sudah kamu persiapkan dengan matang.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

  1. Restu Orang tua

Jangan pernah anggap remeh untuk tips yang satu ini. Karena dengan doa dan restu merekalah seorang anak akan dihantarkan pada pintu kesuksesan. Karena pada akhirnya orang tua yang membiayai kuliah kamu nanti. Dan alangkah baiknya juga jika kamu meminta restu dari guru-guru.

  1. Dahulukan soal yang mudah.

Dengan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, maka kamu telah mengatur waktu dan energi dengan optimal. Jika kamu terjebak pada soal yang sulit, maka energi kamu akan terkuras untuk satu soal itu saja. Setidaknya kamu tahu apa itu jalur mandiri, jalur mandiri 2016, jadwal pendaftaran ujian mandiri ptn 2016.

Setelah menyelesaikan soal yang mudah, maka mulai beralih kembali pada soal yang sulit tadi. Berpikir tenanglah. Baca kembali soal tersebut dengan pelan dan tingkatkan konsentrasimu.

Demikian tips pendaftaran jalur mandiri ini kami buat. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

 

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami