Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Tips Terhindar dari Penyakit Jantung Sejak Dini

by Kyla Damasha on 27 Januari, 2020

Tips terhindar dari penyakit jantung layaknya memang perlu diketahui oleh semua orang dari berbagai kategori usia, baik itu remaja, orang dewasa, hingga orang lanjut usia sekalipun.

tips terhindar dari penyakit jantung sejak dini

Mengapa? Karena sejatinya penyakit jantung itu sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak memandang usia.

Bahkan dilansir dari kompas.com, penyakit jantung saat ini sudah mulai banyak diderita oleh kelompok usia muda, yakni 39% berusia di bawah 44 tahun. Sangat mengkhawatirkan sekali, bukan?

Sebenarnya terdapat beberapa faktor mengapa jenis penyakit satu ini menjadi banyak diderita oleh kelompok usia muda, salah satunya yaitu pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Maka dari itu, agar penyakit jantung tidak menyerangmu di masa yang akan datang, ada baiknya jika kamu mulai belajar tentang tips terhindar dari penyakit jantung sejak dini. Tentu akan lebih baik apabila kamu mencegahnya dibandingkan mengobatinya.

Tips Terhindar dari Penyakit Jantung
1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Tips terhindar dari penyakit jantung yang pertama adalah dengan selalu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Selalu menjaga pola makan menjadi salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan.

Cobalah untuk mengurangi jajan makanan di luar dan mulai meracik menu makananmu sendiri, agar kamu juga lebih bisa mengontrol makanan-makanan apa sajakah yang sudah kamu konsumsi.

Hanya untuk inspirasi semata, kamu bisa membuat menu makananmu seperti contoh yang akan disebutkan di bawah ini.

·     Yogurt untuk Sarapan

Sekitar 80% imunitas tubuh manusia terdapat di dalam sistem pencernaannya. Jika pencernaan sehat, maka kamu juga akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, salah satunya seperti penyakit jantung.

Untuk memiliki pencernaan yang sehat, kamu memerlukan bakteri baik atau probiotik yang bisa diperoleh dari susu dan produk turunannya seperti yogurt ini. Jika rutin mengkonsumsi yogurt ketika sarapan, dijamin kamu akan memiliki jantung yang sehat bahkan dalam waktu yang cukup panjang.

·     Sandwich Roti Gandum untuk Makan Siang

Sebenarnya mengkonsumsi sandwich tidak mengenal waktu. Kamu bisa menjadikannya sebagai menu sarapan ataupun makan siang. Banyak yang menganggap bahwa sandwich merupakan salah satu menu makanan yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk.

Padahal nyatanya hal tersebut sepenuhnya bergantung pada bahan-bahan yang digunakan.

Kamu bisa membuat sandwich dengan menggunakan roti gandum dan isian selada, tuna atau dada ayam, tomat, dan keju.

·     Salad untuk Makan Malam

Pada dasarnya seluruh sayuran hijau sangat sehat, apalagi jika dicampuri dengan jenis sayuran lain menjadi seperti salad. Agar memiliki lebih banyak manfaat, kamu bisa menambahkan tomat ceri, potongan roti gandum kering, dan daging suwir.

Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan mayonaise dan menggantinya dengan minyak zaitun agar tetap rendah lemak dan menyehatkan.

2. Olahraga Selama 30 Menit Sehari

Selain mengkonsumsi makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, olahraga juga menjadi salah satu tips terhindar dari penyakit jantung yang tak boleh ketinggalan.

Tidak hanya untuk penyakit jantung saja, olahraga bahkan juga bisa membantu dalam mencegah berbagai penyakit lainnya, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol dan diabetes.

Tidak ribet, kamu hanya perlu melakukan beberapa olahraga ringan sebelum memulai rutinitas setiap hari, seperti beberapa jenis olahraga ini.

·     Berenang

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki cukup banyak peminat, baik itu wanita maupun pria, anak-anak hingga dewasa sekalipun.

Tidak hanya menyenangkan, berenang juga cenderung minim resiko dibandingkan jenis olahraga lainnya namun dengan segudang manfaat yang dihasilkannya, seperti menjadi salah satu tips terhindar dari penyakit jantung yang cukup ampuh.

Berenang sangat bermanfaat dalam menjaga kebugaran tubuh dan menghindari berbagai risiko penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan masih banyak lagi. Dengan rutin melakukan olahraga renang, jantung bisa menjadi lebih sehat.

·     Lari Pagi

Olahraga lari pagi sangat disarankan untuk orang-orang mengalami penyakit jantung maupun bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Cobalah untuk olahraga  lari sejak pukul 6 pagi dengan durasi 40 hingga 60 menit dalam sehari tanpa mengkonsumsi minuman apapun selain air putih, dan hindari untuk mengkonsumsi air putih dingin.

·     Yoga

Akhir-akhir ini, olahraga Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup diminati, khususnya untuk kaum wanita. Dengan lebih mengutamakan olah nafas namun dengan gerakan yang santai dan sederhana, Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang tidak hanya dapat membantu dalam menghindari terkena penyakit jantung melainkan juga menyehatkan mental dan pikiran.

Yoga bisa kamu lakukan sendiri di rumah ataupun mengikuti kelas cukup 3 kali saja dalam seminggu agar tubuh menjadi lebih sehat.

(Baca Juga: Ini Dia Fitur Asuransi Kesehatan Cigna)
3. Hindari Merokok

Merokok memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap kesehatan tubuh. Sebenarnya bukan hanya penyakit jantung saja, tetapi juga berbagai penyakit berbahaya lainnya. Maka dari itu, salah satu tips terhindar dari penyakit jantung yaitu dengan mengurangi atau menghindari rokok itu sendiri.

Hal tersebut dikarenakan rokok adalah salah satu faktor yang paling memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan penyakit jantung.

Bahan kimia yang terdapat di dalam tembakau bisa merusak jantung dan pembuluh darah, menyebabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak (aterosklerosis) dan tentu berakhir dengan serangan jantung.

Selain itu karbon monoksida di dalam asap rokok menggantikan oksigen dalam darah, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung dengan memaksa jantung agar bekerja lebih keras untuk memasok kebutuhan oksigen.

Wanita yang merokok dan meminum pil KB akan lebih besar berisiko terkena serangan jantung atau stroke dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Sebab, keduanya dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah.

Namun, perlu diketahui bahwa risiko serangan jantung nyatanya tidak hanya bisa mengenai para perokok aktif saja lho. Orang yang tidak merokok namun sering terpapar asap rokok atau yang bisa disebut sebagai perokok pasif juga memiliki risiko yang sama besarnya dalam terkena penyakit jantung.

Maka dari itu, segera hindari rokok sedini mungkin agar hal-hal guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Menjaga Kualitas Tidur

Kurang tidur tidak hanya akan membuat kamu menguap sepanjang hari, tetapi juga membahayakan kesehatan. Orang yang kurang tidur cenderung lebih berisiko terkena obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, depresi, dan serangan jantung.

Sebagian besar orang dewasa biasanya membutuhkan tujuh hingga sembilan jam untuk tidur setiap malamnya. Salah satu hal yang bisa menjadi tanda bahwa kamu telah mendapatkan cukup tidur ialah dengan lebih mudah terbangun tanpa alarm dan merasa segar kembali.

Tetapi jika kamu merasa sangat sulit untuk bangun pagi atau beranjak dari tempat tidur, berarti itu menjadi pertanda bahwa kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur. Selain itu, jika kamu terbiasa tidur dalam keadaan lampu menyala, maka coba untuk kurangilah.

Hal tersebut dikarenakan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli Biologi bernama Joan Roberts, lampu menyala memiliki hubungan yang cukup erat dengan kondisi kesehatan.

(Baca Juga: Virus Corona, Awal Mula hingga Negara-negara yang Terjangkit)
5. Mempertahankan Berat Badan yang Ideal

Nah, tips terhindar dari penyakit jantung yang terakhir adalah dengan selalu mempertahankan berat badan ideal. Kelebihan berat badan nyatanya dapat menyebabkan kondisi yang meningkatkan peluang terkena penyakit jantung beserta risiko-risiko penyakit lainnya, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, dan masih banyak lagi.

Salah satu cara untuk melihat apakah berat badanmu sudah termasuk ideal atau belum adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (BMI). Angka BMI yang menunjukan 25 atau lebih tinggi umumnya akan dihubungkan dengan kolesterol, tekanan darah tinggi, dan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, lingkar pinggang juga bisa menjadi alat yang berguna untuk mengukur seberapa banyak lemak perut yang kamu miliki. Biasanya pria akan dianggap memiliki berat badan berlebih jika ukuran pinggang mereka lebih besar dari 101,6 cm. Sedangkan untuk wanita kelebihan berat badan dapat dilihat dari ukuran pinggang mereka yang lebih besar dari 88,9 cm.

Jadi, sudah saat nya kita mulai peduli dengan kesehatan kita dan lingkungan. Untuk membuat kamu selalu merasa terlindungi, segera ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com. Dimana kamu juga akan mendapat berbagai macam informasi dan produk finansial lainnya.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda