Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

10 Trik Lebih Untung Berburu Diskon Akhir Tahun

by Kartika Ratnasari on 13 November, 2017

diskon akhir tahun - CekAja.com

Hal paling ditunggu pecinta belanja menjelang pergantian tahun selain diskon akhir tahun. Beragam situs belanja lewat online atau tempat belanja offline semua berikan penawaran menarik.

Momen akhir tahun pastinya akan dibanjiri oleh diskon-diskon menggiurkan. Hampir semua toko, baik online maupun offline, berlomba-lomba memberikan penawaran terbaik bagi para calon pembeli. Mulai dari potongan harga 10% sampai 90%, beli satu gratis satu, dan masih banyak jenis promosi lainnya.

Pusat perbelanjaan maupun situs belanja online memang sengaja menyelenggarakan pesta diskon besar-besaran di akhir tahun setelah melihat kecenderungan belanja masyarakat yang meningkat menjelang Hari Raya Natal dan perayaan tahun baru.

Penawaran yang diberikan memang terlihat fantastis. Terutama bagi pecinta diskon, momen diskon akhir tahun akan membentuk prinsip “lebih baik menyesal karena membeli daripada tidak sama sekali” ketika berbelanja.

Namun sebaiknya, sebelum diskon akhir tahun mulai bertebaran, sebaiknya kita pasang strategi cerdas dari sekarang agar terhindar dari jebakan diskon dan semakin untung ketika berbelanja. Simak trik berikut ini.

1. Buat daftar belanja dan tentukan bujet

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar barang yang ingin dibeli, dan menentukan bujet yang harus dikeluarkan. Diskon kerap kali membuat seseorang belanja secara impulsif dan kalap, sehingga banyak bujet yang keluar untuk barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Meski diskon yang diberikan cukup miring, kita harus ingat bahwa masih banyak keperluan lain yang tak kalah penting.

Misalnya kita ingin mempersiapkan Natal dan pesta akhir tahun. Buat daftar barang yang dibutuhkan. Misalnya pohon natal, dekorasi, hadiah untuk anak, bahan makanan dan minuman, hingga pakaian baru.

Hitung bujet untuk masing-masing barang dan jumlahkan. Jika total bujet melebihi persiapan anggaran, maka kurangi daftar barang yang sekiranya tidak terlalu penting. Dengan mengacu pada daftar barang dan bujet yang telah ditentukan, kita bisa lebih mengontrol pengeluaran.

Widget TRV Insurance

2. Jeli dalam menghitung

Pasti kita sering melihat label diskon 50% dalam ukuran besar dan tambahan diskon 20% yang dicetak kecil di dekatnya. Jangan tertipu dengan diskon ganda yang biasanya diberikan dengan toko-toko ini. Diskon 50% + 20% tentunya berbeda dengan diskon 70%.

Misalnya baju seharga Rp100 ribu jika didiskon sebesar 70% maka menjadi: 100.000 x 70% = 70.000. Setelah dikurangi diskon, baju tersebut menjadi seharga (Rp100 ribu-Rp70 ribu = Rp30 ribu).

Lain halnya dengan diskon 50%+20%. Berikut cara menghitungnya: 100.000 x 50% = 50.000. Setelah dikurangi diskon berarti baju tersebut menjadi seharga (Rp100 ribu – Rp50 ribu = Rp50 ribu). Harga Rp 50 ribu kemudian dikurangi diskon 20% menjadi: 50.000 x 20% = 10.000. Total yang harus dibayar adalah (Rp50 ribu – Rp10 ribu = Rp40 ribu).

Cara tersebut biasanya banyak dilakukan oleh pusat perbelanjaan konvensional agar terlihat seolah memberikan diskon yang besar. Meski sebenarnya diskon yang diberikan tidak sebesar itu.

3. Cari informasi tentang harga asli barang

Seringkali barang yang kita beli masih terasa mahal meski sudah diberi potongan harga hingga 90% sekalipun. Bisa jadi hal ini terjadi karena sebelum memberi diskon, pihak toko sebelumnya telah menaikkan harga hingga 60% dari harga asli. Sehingga sebenarnya diskon yang kita dapatkan hanyalah sebesar 10%.

Agar tidak terkecoh dengan trik ini, cari dulu informasi mengenai harga asli barang yang hendak dibeli di situs resmi brand tersebut.

4. Bandingkan di toko lain

Beda toko, beda pula diskon yang ditawarkan. Untuk mendapatkan harga yang termurah, jangan malas untuk membandingkan harga dan diskon di tempat lain untuk barang yang sama.

Apabila berbelanja di toko online, lakukan perbandingan pada harga barang, harga ongkos kirim, dan diskon yang diberikan untuk mendapat harga termurah. Gunakan bantuan situs online pembanding harga.

5. Teliti kualitas produk

Banyak toko-toko memberi diskon besar untuk cuci gudang atau menghabiskan sisa stok barang. Tak jarang pula penjual mengeluarkan barang reject.

Barang reject adalah barang yang memiliki cacat namun tetap dijual. Sebenarnya, banyak orang tidak keberatan membeli sepatu sedikit lecet keluaran brand terkenal asalkan nyaman dipakai.

Namun banyak yang mengharapkan barang dengan kondisi tanpa cacat namun kurang memperhatikan kondisi barang, hingga kecewa dan menyesal di akhir. Untuk itu, telitilah sebelum membayar, perhatikan setiap sisi barang untuk menemukan ada kecacatan atau tidak.

6. Manfaatkan promo kartu kredit

Selain bisa digunakan sebagai alat pembayaran, bertransaksi dengan kartu kredit saat berburu diskon akhir tahun juga bisa menghemat pengeluaran.

Biasanya toko online atau offline menjalin kerja sama dengan penerbit kartu kredit, dan memberi beragam keuntungan mulai dari diskon tambahan, cashback, hingga cicilan nol persen.

Untuk itu, kita harus rajin mencari informasi seputar promo yang sedang diadakan oleh bank penerbit kartu kredit. Bila belum punya, apply kartu kredit online untuk dapat bandingkan berbagai fitur yang ditawarkan.

7. Nikmati reward dari loyalty card

Biasanya beberapa toko baik offline maupun online memberi reward bagi anggota yang terdaftar di toko atau situs mereka berupa reward pada akhir tahun.

Reward tersebut merupakan bentuk apresiasi atas transaksi yang kita lakukan. Reward yang diberikan bisa berupa cashback, diskon, free item, dan masih banyak lagi. Cek surat elektronik atau tanyakan langsung ke toko bersangkutan tentang reward yang bisa didapatkan.

8. Belanja online di momen Harbolnas

Hari Belanja Online Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 Desember bisa menjadi momen yang ditunggu untuk belanja online dengan lebih murah. Pesta diskon online tahunan ini menawarkan berbagai produk mulai dari fesyen, elektronik, perlengkapan bayi, hingga voucher hotel dan restoran dengan harga miring.

Namun karena potongan harga yang diberikan besar, barang-barang yang dijual saat Harbolnas selalu menjadi rebutan. Persiapkan koneksi internet yang cepat, dan catat jam diskon terbesar yang dimiliki masing-masing toko online supaya kita tak kehabisan barang incaran.

9. Cari penawaran ongkir gratis

Situs-situs online biasanya menawarkan harga lebih miring ketika pesta diskon akhir tahun. Sebab, harga awal yang diberikan lebih murah dibandingkan di toko offline, karena mereka tidak perlu membayar sewa tempat. Namun jika biaya ongkos kirim sama dengan harga barang yang hendak dibeli, tentu saja bukan untung yang didapat.

Kunjungi situs yang menawarkan ongkos kirim gratis. Jika ada syarat tertentu untuk bisa mendapatkan ongkos kirim gratis, penuhi saja syaratnya selama itu tidak merugikan kita. Pastikan belanja di hari yang tidak terhalang hari libur agar kita tidak perlu menunggu lama.

10. Ajak teman atau keluarga untuk berburu diskon bersama

Beberapa toko biasanya menawarkan diskon akhir tahun dalam bentuk beli satu gratis satu, atau beli dua barang lebih murah. Daripada kita membeli barang yang tidak dibutuhkan hanya untuk mengincar diskon, sebaiknya ajak teman atau keluarga untuk berburu diskon bersama.

Cara ini juga berguna untuk mengirit biaya ongkos kirim jika kita berbelanja online. Kumpulkan teman atau saudara untuk membeli barang dari toko online yang sama. Ongkos pengiriman bisa dibagi bersama, atau pilih toko online yang memberikan ongkos kirim gratis dengan nominal pembelian tertentu.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami