Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Trik Bisa Beli Paket Internet dengan Harga Murah

by Kartika Ratnasari on 16 Oktober, 2017

paket internet murah _ CekAja.com

Penawaran promo paket internet murah operator seluler selalu diincar. Tarif yang relatif lebih murah dari regular, dan besarnya kuota data internet sering jadi alasan utama dalam memilih.

 Jika dua puluh tahun lalu kebutuhan primer manusia adalah sandang, pangan, dan papan, lain halnya dengan saat ini. Teknologi dan informasi yang semakin berkembang membuat kebutuhan akan akses internet tidak bisa terpisahkan dari kebutuhan primer itu sendiri.

Tak heran pengeluaran untuk internet berperan besar dalam menghabiskan penghasilan bulanan kita. Apalagi, saat ini banyak langkah mudah cari uang di internet.

Di sisi lain, pengeluaran untuk internet yang terlalu boros, kerap menjadi salah satu penyebab kita selalu gagal menabung tiap bulannya. Untuk itu, penawaran paket internet dengan harga murah selalu jadi solusi.

Sebenarnya, banyak penawaran paket internet murah dari berbagai operator seluler yang bisa digunakan. Namun ada cara khusus untuk bisa mendapatkannya. Bagaimana caranya, berikut adalah trik yang bisa diikuti.

1. Ajak teman atau keluarga gunakan operator sama

Banyak operator seluler yang memberikan keuntungan lebih seperti diskon tambahan ketika kita mengajak anggota keluarga lain menggunakan operator yang sama. Salah satunya adalah Indosat Ooredoo yang memberikan promo bagi pelanggan yang mengajak keluarga atau teman sebanyak 5 orang untuk menggunakan paket Freedom Postpaid.

Untuk pendaftaran orang pertama, kita bisa mendapat diskon sebesar 20%, dan 70% untuk orang berikutnya. Dengan Rp99 ribu, setiap nomor akan mendapatkan 6GB double kuota, 20GB  bonus, telepon dan SMS ke sesama operator sepuasnya, hingga streaming musik di aplikasi Spotify secara gratis. Jika mengajak 5 anggota keluarga, kita hanya perlu membayar Rp49 ribu saja.

Operator seluler lain yang memiliki paket keluarga adalah Tri yang meluncurkan paket “Tri Keluarga Hemat”. Paket ini ditujukan untuk keluarga kecil yang ingin menghemat pengeluaran internet. Bukan hanya menyasar orang dewasa, kelebihan paket ini juga memberi keuntungan bagi yang memiliki anak.

Sebab, dalam paket tersebut terdapat 2 voucher kuota sebesar 1GB yang bisa dipakai 24 jam, 2 voucher kuota sebesar  100 MB yang bisa dipakai 24 jam, dan 2 voucher untuk mengunduh game favorit anak.

2. Mengisi paket internet dengan kuota inject

Kuota inject merupakan solusi menghindari pemborosan uang untuk paket internet smartphone. Biasanya, harga kuota inject lebih murah dibandingkan berlangganan paket internet secara langsung di menu layanan operator menggunakan pulsa biasa. Bahkan bisa menjadi cara menghemat kuota internet.

Namun, kita harus berhati-hati saat membeli kuota inject karena masih banyak beredar kuota inject ilegal. Untuk menghindarinya, kita bisa isi kuota inject di agen pulsa resmi.

3. Membeli kartu perdana baru

Cara ini mungkin sudah sering dilakukan oleh para mahasiswa yang memiliki bujet terbatas untuk membeli paket internet. Tapi jangan salah, nyatanya membeli kartu perdana memang sangat efektif untuk berhemat. Pasalnya, perbedaan tarif yang ditawarkan cukup jauh.

Misalnya paket bulanan reguler operator Tri dengan kuota sebesar 5GB biasa dijual seharga Rp125 ribu. Namun dengan membeli paket perdana, kita bisa mendapatkan kuota sebesar 20GB. Perbedaannya cukup jauh, bukan?

Namun, cara ini sebaiknya digunakan pada smartphone dual sim. Jadi, nomor yang sering diganti dikhususkan untuk sekadar pemakaian kuota internet.

4. Pilih paket bundling ketika membeli smartphone baru

Berencana untuk membeli smartphone baru? Jangan lewatkan penawaran yang belakangan ini banyak dilakukan oleh operator seluler. Bekerja sama dengan produsen smartphone, operator seluler melakukan bundling paket internet dengan smartphone yang dijual. Jadi pembeli smartphone nantinya akan sekaligus mendapatkan nomor baru yang sudah terdaftar paket internet.

Diskon kuota internet yang diberikan dalam paket bundling ini juga tak tanggung-tanggung. Sebagai contoh, Telkomsel bekerja sama dengan distributor Erajaya untuk menjual paket bundling  Xiaomi. Dengan membeli paket bundling pembelian Xiaomi Redmi 4X atau Xiaomi Redmi Note 4, kita bisa mendapatkan paket internet Telkomsel sebesar 14GB hanya dengan tarif Rp 59 ribu per bulan. Menarik, bukan?

5. Gunakan kode paket murah langganan internet

Biasanya untuk berlangganan paket internet, kita harus mengakses menu di nomor layanan masing-masing operator seluler. Seperti dilansir Jalantikus.com, ternyata setiap operator seluler memiliki nomor layanan rahasia yang menawarkan berbagai tarif paket lebih murah.

Misalnya, akses untuk mendaftarkan paket internet dengan harga reguler di Simpati adalah *363#. Jika kita mengakses melalui nomor lain yaitu *550*790#, *550*890#, *550*910#, *550*912#, *550*300#, atau *550*777#, kita bisa mendapatkan penawaran lebih murah. Namun, kita harus mencoba satu per satu nomor tersebut untuk menemukan nomor mana yang bisa diakses.

Setelah itu, kita akan diperlihatkan beberapa opsi paket yang bisa dipilih. Setelah memilih paket, maka akan masuk SMS konfirmasi yang berbunyi “Maaf, Anda tidak dapat menikmati paket ini karena nomor tidak terdaftar.” Balas SMS tersebut dengan FLASH YA, dan paket yang dipilih bisa segera aktif.

Sama dengan Simpati, Indosat juga memiliki kode rahasia untuk mendapatkan paket internet murah, bahkan gratis. Kirim kode QB200K2 melalui SMS ke nomor 363. Jika berhasil, kita bisa mendapatkan kuota sebesar 8,5 GB reguler plus 5,5 GB untuk penggunaan pukul 01.00-09.00, dan gratis penggunaan WhatsApp hingga tahun 2035 nanti.

Namun, kode tersebut hanya berlaku selama 3 bulan. Jangan lupa untuk menonaktifkan paket tersebut ketika masa berlaku akan habis. Sebab kita bisa dikenai tarif sebesar Rp119 ribu secara otomatis jika tidak menonaktifkannya.

Sejumlah trik di atas bisa dilakukan agar pengeluaran kita berkurang. Satu hal yang harus diingat, tidak semua nomor bisa menggunakan trik di atas. Semua promo tersebut dapat berubah sewaktu-waktu  tergantung kebijakan masing-masing operator seluler. Namun jika berhasil, jangan lupa untuk mengalokasikan pos pengeluaran paket internet bulanan kita secara hemat!

Tentang Penulis