Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tujuh Tempat Wisata Kuliner Favorit di Bogor

by Ariesta on 7 Juli, 2016

Kota hujan, inilah julukanya. Di masa pendudukan Belanda, Bogor dinamai Buitenzorg. Sudah sejak dulu Bogor menjadi tujuan melepas penat. Udaranya yang sejuk, pemandangan indah, kuliner lezat, ditambah jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta menjadikan Bogor ramai didatangi pelancong.

Asinan Bogor dan roti unyil terkenal sebagai buah tangan dari Bogor. Tapi kuliner apa saja yang terkenal dan selalu ramai dikungjungi oleh warga Bogor sendiri? Berikut bocorannya.

1. Bakso Kikil Pak Jaka

bakso kikil pak jaka

Terletak di Jl. Surya Kencana atau wilayah Pecinan Bogor, bakso kikil Pak Jaka populer sejak masuk ke sebuah acara ulasan kuliner di televisi swasta. Bakso ini juga menjadi favorit pejabat hingga artis ibukota lho. Meskipun hanya menempati pelataran trotoar alias tak berkios, pengunjung yang mau mencicipi  bakso kikil Pak Jaka harus rela antri.

Kekhasan bakso kikil Pak Jaka ada di kikilnya sendiri. Pengunjung dibebaskan memilih kikil yang disukai. Keunikan lainnya adalah bakso ini disajikan polos tanpa pelengkap sayur. Semangkuk bakso doharga Rp16.000. Selain menikmati sedapnya kuah bakso, di sepanjang Jl. Surya Kencana kamu juga bisa menyantap jajanan khas Bogor lain seperti toge goreng dan bir kocok.

2. Bakso Seseupan

Baso Urat Seuseupan

Sebelum bakso kikil terkenal, bakso Seuseupan yang terletak di Jl. Bangbarung Raya sudah terlebih dulu populer. Karena banyak peminat Bakso Seseupan sudah memiliki empat cabang yang tersebar di seluruh Bogor.

(Baca juga: Ini 5 Tips yang Bisa Bikin Bisnis Kulinermu Laris Manis)

Kekhasan Seuseupan terletak pada lemak goreng yang disajikan sebagai pelengkap di mangkok bakso. Penampilannya seperti kerupuk kulit, tapi rasanya lebih gurih dan membuat kuah bakso makin sedap. Semangkuk bakso dihargai Rp15.000.

3. Mie Kocok Mawar

Mie kocok memang kuliner khas Bandung. Tapi Bogor punya mie kocok yang rasanya tak kalah mumpuni.  Namanya Mie Kocok Mawar yang terletak di Simpang Mawar tepatnya di Jl. Dr. Semeru.

Yang membuat Mie Kocok Mawar ini spesial karena dipenuhi daging sapi atau kikil dan daging ayam, tauge, sayuran sawi hijau, serta tiga buah bakso sapi. Mie kuningnya tebal dan kaldunya pun gurih. Jika berkunjung ke sini, siap-siap saja berebutan kursi karena Mie Kocok Mawar tidak pernah sepi pengunjung. Mie Kocok Mawar bisa kamu nikmati mulai dari Rp24.000.

4. Sop Duren Rancamaya

sop duren

Penggemar durian wajib ke sini. Berbeda denga sop durian pada umumnya, Sop Duren Rancamaya menyajikan kuah durian yang lebih kental.  Tersedia keju, roti pandan, buah-buahan, agar-agar, dan brownies sebagai toping.

Sop Duren Rancamaya memakai buah durian premium dan tanpa pengawet sehingga rasanya terjamin. Ada empat kios Sop Duren Rancamaya, yakni di Jl. Bangbarung, Tajur, Botani Square, dan Padjajaran. Satu porsinya bisa kamu santap mulai dari Rp13.000.

5. Sop Buntut Mang Endang (Incu Mak Emun)

sop-buntut-mang-endang

Ingin sop buntut yang sedap dan gurih? Datang saja ke  Sop Buntut Mang Endang (Incu Mak Emun). Resep sop yang sudah turun temurun ini menyajikan kuah kaldu segar yang minim lemak dan keempukan daging yang mudah lepas dari tulangnya. Potongan wortelnya besar-besar dan tidak lembek.

Warung Sop Buntut Mang Endang (Incu Mak Emun) terletak di bunderan Air Mancur dekat dengan martabak Air Mancur. Satu porsinya dijual dengan kisaran harga Rp35.000.

6. Es Sekoteng Bogor Permai

essekoteng2_full

Hidangan sekoteng biasa disajikan panas dengan kuah jahe. Tapi di Bogor, sekoteng yang dihidangkan dingin sangat diminati. Adalah Es Sekoteng Bogor Permai (Boper) yang sudah berdiri sejak 1998.

Satu porsi es ini berisikan bubur pacar cina, alpukat, kelapa muda, es serut, dan guyuran susu kental manis. Rasanya manis dan menyegarkan. Saat jam makan siang, warung Es Sekoteng ini bisa penuh sesak oleh pengunjung lho. Satu porsi kesegaran ini dihargai Rp15.000 saja.

7. Toge Goreng Pak Gebro

taoge-goreng

Meski namanya toge goreng, kuliner satu ini justru disajikan dengan cara direbus. Salah satu nama penjual yang paling terkenal di Bogor yakni Toge Goreng Pak Gebro yang sudah ada sejak tahun 1967. Toge Goreng Pak Gebro disajikan lengkap dengan lontong, tauge, tahu goreng, mie kuning, dan disiram oleh saus tauco serta oncom.

(Baca juga: 9 Kuliner Nikmat yang Sayang untuk Kamu Lewatkan di Kota Bandung)

Rasa manis dan pedas pun menyatu dengan pas di lidah. Kalau ingin mencicipi Tahu Goreng Pak Gebro, datang saja ke Jl. Pegadilan yang dekat dengan Pasar Anyar. Harga sepiring toge goreng bisa dinikmati mulai dari Rp10.000. Murah bukan?

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami