Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Untung Rugi Over Kredit Mobil Bagi Pihak Penjual dan Pembeli

by Kartika Ratnasari on 13 Desember, 2017

over kredit mobil _ kredit kendaraan bermotor - CekAja.com

Over kredit mobil menjadi alternatif solusi bagi orang-porang yang mau memiliki mobil dengan biaya lebih ringan. Penasaran dengan cara kerja over kredit mobil? Berikut penjelasannya.

Over kredit mobil adalah jual beli mobil yang statusnya masih belum lunas. Banyak orang yang menjual mobilnya meski masih dalam status kredit. Biasanya alasan utama mereka adalah butuh uang atau kesulitan membayar cicilan. Hingga akhirnya mereka mencari orang untuk melanjutkan sisa kredit mobilnya.

Secara teknis, mobil yang hendak kita beli adalah mobil bekas karena merupakan limpahan tanggungan dari orang lain. Namun, hal ini bukan masalah besar karena mayoritas mobil over kredit adalah mobil yang usianya masih relatif muda, bahkan masih dalam jaminan pabrikan.

Keuntungan membeli mobil dengan over kredit

Bukan hanya karena biaya yang lebih rendah, banyak keuntungan yang didapatkan dengan membeli mobil over kredit jika kita telusuri lebih dalam lagi.

1. Kondisi mobil masih tergolong baru

Tak perlu khawatir akan performa mesin dan fitur yang terdapat pada mobil yang hendak dibeli. Sebab seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, usia mobil over kredit biasanya tergolong baru karena masih dalam proses mencicil.

Namun, sebaiknya kita tetap teliti dalam memeriksa kondisi mobil. Karena meski baru, kita tak tahu betul riwayat penggunaan mobil tersebut. Ajak petugas yang ahli untuk memastikan mobil benar-benar dalam kondisi baik.

2. Harga lebih murah dari harga pasaran

Seperti yang sudah disebut di atas, keputusan untuk melepas mobil yang masih berstatus kredit biasanya disebabkan karena kesulitan uang. Maka dari itu biasanya dalam tawar menawar, sang penjual mobil hanya berharap uang mukanya kembali. Cicilan yang sudah dibayar oleh mereka akan dianggap hilang. Hal ini membuat modal yang perlu dikeluarkan tidak begitu besar karena kita hanya mengganti uang muka dan meneruskan cicilan.

3. Mobil masih memiliki garansi

Usia mobil over kredit biasanya tergolong muda, sehingga garansi mobil juga masih dapat diberlakukan. Tak perlu khawatir soal penggantian suku cadang. Layanan after sales yang diberikan oleh perusahaan pabrikan juga masih dapat dinikmati.

4. Premi asuransi masih murah

Premi asuransi mobil dengan usia sekitar lima tahun biasanya lebih mahal. Karena usia mobil over kredit masih tergolong muda, maka nilai premi asuransi yang diberlakukan juga lebih rendah.

5. Masa angsuran lebih pendek

Pembeli mobil over kredit pada dasarnya hanya meneruskan cicilan yang telah dibayarkan oleh pemilik mobil sebelumnya. Jika pemilik mobil pertama mengkredit mobil selama 60 bulan dan sudah berjalan selama 12 bulan, maka kita hanya perlu meneruskan sisa jangka waktu angsuran selama 48 bulan.

Di balik keuntungannya, terdapat pula kerugian saat membeli mobil over kredit

Meski banyak keuntungan yang bisa didapat dengan membeli mobil over kredit, ada pula kerugian yang patut dipertimbangkan.

1. Harus cermat dalam memeriksa mobil

Ada banyak konsekuensi yang didapat ketika kita memilih untk membeli mobil over kredit. Meski usia mobil tergolong muda, bukan berarti kita bisa menyepelekan kondisinya. Seluruh komponen mobil mulai dari eksterior, interior, mesin dan fitur harus diperiksa secara cermat karena kita tidak tahu riwayat penggunaan mobil tedrsebut sebelumnya.

2. Proses over kredit harus melibatkan banyak pihak

Meski membeli mobil secara over kredit, tentu ada prosedur hukum yang harus dilalui. Sebelum membuat kesepakatan dengan penjual, pastikan pihak multi finance sudah mengetahui hal ini. Jika proses ini dilewati, bisa-bisa kita terkena masalah hukum di kemudian hari

3. Terdapat biaya-biaya tambahan

Proses over kredit membutuhkan biaya administrasi dan balik nama yang relatif besar sesuai dengan harga kendaraan. Ditambah lagi jika mobil yang dibeli berasal dari luar daerah, terspat biaya mutasi.  Mengingat pembeli adalah pihak yang menanggung seluruh biaya di atas, maka siap-siap merogoh kocek yang lumayan untuk hal ini.

Dari sisi penjual, apakah over kredit mobil menguntungkan?

Karena over kredit melibatkan kedua pihak yaitu pembeli dan penjual, maka tidak hanya pembeli saja yang diuntungkan dan dirugikan. Apabila kita dalam kondisi butuh uang dan berniat untuk menjual mobil yang belum selesai masa kreditnya, maka pertimbangkan juga sederet hal ini.

Menguntungkan karena terbebas dari cicilan bulanan

Apa yang menyebabkan kita berniat untuk over kredit mobil yang belum selesai dilunasi? Jika jawabannya karena butuh uang, maka keputusan ini tepat. Sebab, ketika mobil sudah laku terjual, tidak ada lagi kewajiban untuk membayar cicilan bulanan. Bahkan uang dari menjual mobil bisa digunakan untuk hal lain yang menghasilkan uang tambahan seperti berbisnis.

Rugi karena harga mobil jatuh dari harga pasaran

Meski terbebas dari kewajiban, kita bisa merugi karena harga mobil yang ditawarkan jauh lebih rendah dari harga pasaran. Apalagi jika alasan kita menjual mobil adalah karena kesulitan keuangan. Kondisi kepepet kerap membuat kita mengiyakan tawaran yang paling cepat datang .

Memiliki mobil pribadi, siapa yang tidak mau? Selain bisa memudahkan kegiatan sehari-hari, mobil menawarkan kenyamanan bagi penggunanya daripada sepeda motor. Ditambah lagi, mobil bisa dengan praktis mengangkut anggota keluarga dalam jumlah banyak sekaligus.

Namun sayangnya, banyak orang yang belum bisa memiliki mobil sendiri karena terbentur akan biaya. Daripada menunggu modal terkumpul hingga waktu yang lama, over kredit mobil bisa jadi salah satu solusinya!

Tentang Penulis