Pilih Menabung atau Investasi? Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Baik pilih menabung atau investasi, sebenarnya keduanya sama-sama memberikan keuntungan untuk masa depan. Hanya saja, yang membedakan adalah besar keuntungan yang akan didapatkan.

Pilih Menabung atau Investasi? Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Seperti yang diketahui, sebagian besar masyarakat kita lebih percaya dengan menabung, dibandingkan berinvestasi.

Sebab, investasi diketahui memiliki risiko yang sangat tinggi. Berbeda dengan menabung, yang memiliki risiko lebih rendah, meskipun keuntungan yang didapatkannya pun sedikit.

Ya, keuntungan yang didapat dari menabung, hanya berasal dari bunga yang diberikan. Sehingga, perkembangan uang di dalam tabungan pun tidak terlalu besar.

Sementara investasi, kamu sangat mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang besar, karena uang yang diinvestasikan akan selalu berkembang.

Meskipun, investasi memiliki prinsip yang berbanding lurus, yaitu high risk high return, atau yang artinya semakin besar risiko yang akan kamu hadapi, maka semakin besar pula keuntungan yang didapatkan.

Maka dari itu, sebenarnya baik menabung atau investasi, keduanya sama-sama memberikan keuntungan untuk masa depan.

Jika kamu masih bingung untuk pilih menabung atau investasi, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan memberikan informasi seputar menabung dan investasi, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Sekilas tentang Menabung dan Investasi

Pilih Menabung atau Investasi_ Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya - Sekilas Tentang Menabung dan Investasi

Agar semakin yakin ketika pilih menabung atau investasi, sepertinya kamu harus tahu lebih dulu beberapa informasi dasar seputar menabung dan investasi.

Karena dengan mengetahui informasi dasar ini, setidaknya kamu jadi memiliki pandangan, pilihan manakah yang sekiranya tepat untuk kamu, dan sesuai dengan kemampuan finansial serta kebutuhan mu di masa depan.

Untuk tahu lebih jelas mengenai menabung dan investasi, di bawah ini CekAja.com akan mengulasnya satu-satu, sebagai berikut.

Menabung

Sebagai kata yang sudah tidak asing ditelinga, menabung adalah suatu kegiatan menyisihkan uang yang dimiliki, untuk kemudian dikumpulkan agar jumlahnya terus bertambah.

Uang yang akan ditabung, biasanya akan disimpan di tempat yang aman seperti celengan, rekening tabungan bank, maupun tabungan bersama yang dikocok setiap bulannya, atau yang disebut arisan.

Dari definisi tersebut bisa dilihat, kalau menabung hanyalah kegiatan menyimpan uang. Sehingga, perkembangan nilai uangnya pun sudah dipastikan lambat.

Kalaupun ada bunga yang diberikan, tetap saja tidak membuat nilai uang yang ada di dalam tabungan berkembang lebih cepat, layaknya investasi.

Meski begitu, namun menabung memiliki risiko yang cukup rendah. Sehingga, menjadi pilihan yang sangat aman, buat kamu yang tetap ingin menyimpan sejumlah dana untuk masa depan, tetapi belum siap melakukan investasi karena berisiko tinggi.

(Baca Juga: Manfaat Menabung Sejak Usia Dini)

Investasi

Berikutnya investasi. Ini merupakan salah satu bentuk penanaman dana, yang ditujukan untuk memperoleh imbal hasil, atau keuntungan di masa depan.

Biasanya, orang-orang yang sudah melakukan investasi, jauh lebih paham kalau kebutuhan di masa depan akan lebih besar.

Dengan begitu, mereka merasa bahkan melakukan perencanaan keuangan dalam bentuk investasi sangat penting, agar nantinya bisa memenuhi semua kebutuhan hidup.

Selain karena alasan kebutuhan, orang-orang juga melakukan investasi umumnya atas dasar banyaknya ketidakpastian yang terjadi di dalam hidup ini.

Contohnya seperti keterbatasan dana yang bisa saja dimiliki di masa depan, terjadinya musibah, kondisi kesehatan yang menurun, kondisi pasar modal, hingga laju inflasi yang tinggi.

Hal-hal itulah yang menjadi pemicu orang-orang untuk segera melakukan investasi, baik dalam bentuk aset berwujud maupun aset finansial.

Nah di sini, investasi sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu investasi berbentuk aset berwujud (riil investment) dan aset finansial (financial investment).

Untuk tahu lebih jelas definisi dari kedua jenis investasi tersebut, yuk simak ulasan berikut!

  • Riil Investment, merupakan bentuk investasi yang dilakukan dalam bentuk aset berwujud, seperti emas, tanah, bangunan, properti dan objek riil atau nyata lainnya. Dengan kata lain, semua objek itulah yang kemudian diinvestasikan.
  • Financial Investment, merupakan bentuk investasi yang dilakukan dalam bentuk finansial, seperti misalnya menginvestasikan sejumlah dana ke dalam instrumen investasi, baik itu deposito, obligasi, saham, reksa dana dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Menabung

Pilih Menabung atau Investasi_ Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya - Kelebihan Kekurangan Menabung

Setelah mengetahui informasi dasar seputar menabung dan investasi, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan menabung dan investasi, sebelum memutuskan apakah pilih menabung atau investasi yang akan digunakan.

Tetapi, agar kamu tahu lebih jelas kelebihan dan kekurangan tersebut, kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara terpisah.

Di pembahasan kali ini, kamu akan terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangan menabung.

Yang mana, kelebihan dan kekurangan menabung ini bisa dibilang cukup banyak, di antaranya yaitu:

Kelebihan

  • Apabila menabung di bank, maka akan mendapatkan bunga bank, yang dapat menambah jumlah nilai uang di tabungan
  • Uang yang tersimpan lebih terjamin keamanannya
  • Risiko yang mungkin terjadi sangat kecil
  • Diberikan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi apapun, agar menjadi lebih muda
  • Sudah dilindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Kekurangan

  • Bunga yang diberikan kecil
  • Setiap bulannya akan dikenakan biaya administrasi
  • Uang yang tersimpan tidak berkembang
  • Meskipun ada ATM, tetap saja nominal pengambilan uang dibatasi, dan tidak bisa mengambil jumlah uang secara mendadak.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi

Pilih Menabung atau Investasi_ Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya - Kelebihan Kekurangan Investasi

Selain mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi, kamu juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi.

Jika dilihat dari pembahasan sebelumnya, kamu mungkin sudah tahu salah satu kekurangan investasi, yaitu memiliki risiko tinggi.

Namun dibalik itu, investasi juga memiliki sejumlah kelebihan yang perlu kamu ketahui, di antaranya yaitu:

Kelebihan

  • Nilai aset dapat tumbuh lebih cepat
  • Dana dikelola oleh pihak yang profesional, maupun badan atau lembaga resmi yang sudah memiliki legalitas yang jelas
  • Bisa melawan inflasi
  • Dana yang dimiliki lebih aman, karena sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, seperti untuk dana pensiun atau dana pendidikan anak.

Kekurangan

  • Memiliki risiko tinggi walaupun memberikan keuntungan yang besar, karena sesuai dengan prinsip investasi, yaitu high risk high return
  • Tidak bisa digunakan untuk kepentingan mendadak, karena memang sifatnya untuk jangka panjang
  • Tidak memiliki lembaga penjamin.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Investasi

Dari informasi yang diberikan seputar kelebihan serta kekurangan menabung dan investasi, sebagian dari kamu mungkin ada yang lebih tertarik dengan investasi, karena lebih menantang.

Namun, sebelum yakin dan memutuskan untuk investasi, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam investasi.

Seperti misalnya risiko yang akan dihadapi ke depannya. Dalam berinvestasi, tidak mungkin ada orang yang benar-benar terbebas dari risiko.

Sebab, prinsip dari investasi sendiri high risk high return, yang artinya keuntungan yang didapat dari investasi, tentunya sejalan dengan risiko yang akan dihadapi.

Jadi, semakin tinggi risiko yang dihadapi, maka semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan.

Maka dari itu, untuk mengatasi risiko tersebut, ada baiknya orang yang melakukan investasi, juga ikut menabung.

Karena, dana yang tersimpan di tabungan bisa digunakan sebagai dana darurat, yang bisa diambil kapan saja selagi dibutuhkan. Apalagi, sifat dari menabung itu sendiri adalah jangka pendek.

(Baca Juga: Peluang Investasi Terbaik 2021)

Jadi, Pilih Menabung atau Investasi?

Pilih Menabung atau Investasi_ Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya - Menabung Atau Investasi

Nah, setelah mengetahui beberapa informasi seputar menabung dan investasi di pembahasan sebelumnya, apakah kamu sudah lebih yakin akan pilih menabung atau investasi, untuk masa depan mu?

Jika belum, kamu mungkin bisa mempertimbangkannya lebih lanjut, dengan mengkonsultasikannya ke orang tua atau pasangan.

Namun, akan lebih baik jika kamu mengambil keduanya. Investasi bisa kamu jadikan sebagai dana untuk jaminan masa depan, sedangkan menabung bisa kamu jadikan untuk dana darurat.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memiliki rekening tabungan. Kamu bisa memilih satu dari sekian banyak bank negeri maupun swasta yang tersedia.

Tetapi, apabila kamu bingung untuk menentukannya, dan ingin melakukan perbandingan terlebih dahulu, maka kamu bisa berkunjung ke situs CekAja.com.

Di sana, kamu tidak hanya bisa melakukan perbandingan, tetapi juga bisa melakukan pengajuan secara online.

Apalagi, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!