9 Peluang Investasi Terbaik 2021 yang Menjanjikan

Sejumlah peluang investasi terbaik 2021, sepertinya sudah harus kamu ketahui, untuk bisa mendapatkan kehidupan lebih sejahtera dalam segi finansial. Pasalnya, hingga kini masih segelintir orang yang sadar akan pentingnya investasi.

Pariwara

Padahal, investasi sendiri keberadaannya sangat penting untuk kemajuan dan perkembangan hidup yang lebih baik.

Sebab dengan melakukan investasi, setidaknya kamu bisa melakukan kontrol keuangan dengan lebih bijaksana.

Maksudnya adalah kamu tidak akan menghambur-hamburkan uang, untuk membeli berbagai hal yang kurang bermanfaat.

Karena uang yang kamu miliki tersebut, akan dimasukkan ke dalam berbagai bentuk investasi, yang dirasa sesuai dan akan menguntungkan kehidupanmu di masa depan.

Nah, untuk tahu apa saja peluang investasi terbaik 2021 yang bisa dijadikan pilihan, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulas beberapa daftarnya secara lengkap, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Pentingnya Melakukan Investasi

Sebelum membahas lebih jauh tentang investasi, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu mengenai pentingnya melakukan investasi.

Karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya, investasi dapat membuatmu memiliki kemampuan mengontrol keuangan yang lebih baik.

Selain itu, investasi juga dapat membuat kehidupanmu lebih sejahtera dalam hal finansial, apabila dilakukan dengan benar dan tepat.

Maka dari itu, melakukan investasi pada dasarnya sangat penting. Dan untuk masyarakat yang masih belum yakin dengan investasi, serta belum berani melakukannya, di bawah ini CekAja.com akan memberikan beberapa alasan mengapa kamu harus melakukan investasi.

Adapun beberapa alasan tersebut, di antaranya yaitu:

  • Dengan melakukan investasi, kamu akan mendapat banyak manfaat dalam berbagai bentuk, mulai dari memperoleh harta benda, kekayaan, hingga meningkatkan nilai aset
  • Kamu akan mencapai kebebasan finansial melalui aset-aset yang dimiliki, tanpa harus bergantung lagi pada penghasilan bulanan
  • Dengan investasi, kamu akan terhindar dari laju inflasi yang dapat mempengaruhi berbagai produk yang dijual di pasaran
  • Investasi juga dapat mewujudkan kesejahteraan finansial di usia tua
  • Investasi bisa dilakukan dengan mudah, bahkan dalam nominal kecil sekalipun.

Selain karena alasan di atas, investasi pun sejatinya penting dilakukan untuk membuat uang yang kamu miliki bekerja, meskipun kamu dalam keadaan tertidur.

Istilah investasi yang dikatakan investor legendaris Warren Buffet tersebut sangat benar. Sebab, Oxfam pernah membuat laporan, yang mengatakan kalau jumlah harta empat orang terkaya di Indonesia, sama dengan jumlah harta 100 juta penduduk miskin di Nusantara.

Terlihat sangat miris memang, namun benar adanya. Karena orang-orang kaya tersebut, bisa menggunakan uang yang dimiliki untuk berinvestasi. Sehingga, uang itu akan bertambah, tanpa perlu bekerja.

Jadi, sampai sini sudah mengerti bukan, mengapa berinvestasi itu sangat penting. Namun sebelum berinvestasi, pastikan kamu sudah mengetahui dan menentukan satu peluang investasi terbaik 2021 yang akan digunakan.

(Baca Juga: Perbandingan Beli Emas Perhiasan atau Batangan)

Peluang Investasi Terbaik 2021

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui pentingnya melakukan investasi, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui daftar peluang investasi terbaik 2021.

Yang mana, peluang investasi terbaik 2021 sebenarnya sangat banyak. Namun, kali ini CekAja.com telah merangkum sembilan di antaranya, yang terdiri dari:

1. Investasi Saham

Peluang investasi terbaik 2021 yang pertama, yaitu investasi saham. Sebagian dari kamu mungkin sering mendengar, kalau belakangan ini banyak sekali orang yang ramai membagikan perkembangan sahamnya di media sosial.

Dari fenomena tersebut bisa dilihat, kalau ternyata investasi saham banyak menarik perhatian masyarakat, khususnya anak muda generasi milenial.

Hal tersebut dikarenakan, saham merupakan salah satu instrumen investasi yang paling menguntungkan, serta memberikan return yang paling besar dibandingkan investasi lainnya.

Namun di samping itu, risiko yang harus kamu hadapi pun tak kalah besar, dari return-nya. Ini tentu sesuai dengan prinsip investasi saham, yaitu high risk high return.

Maka dari itu, jika memang ingin investasi saham, sebaiknya pelajari dulu dengan baik, dan pastikan kamu sudah memiliki pengetahuan dasar soal pasar modal, termasuk cara memilih broker berkualitas.

Mengingat, saham merupakan investasi jangka panjang, yang nilainya sejalan dengan inflasi. Sehingga, keuntungannya pun baru bisa terlihat dan didapatkan maksimal, dalam kurun waktu minimal lima tahun.

2. Investasi Reksadana

Berikutnya ada investasi reksadana, yang juga menjadi salah satu peluang investasi terbaik 2021.

Ini sebenarnya merupakan jenis peluang investasi yang tepat, khususnya untuk kamu pemula yang belum mengetahui pengetahuan mumpuni mengenai pasar modal.

Dan tidak hanya itu, investasi reksadana juga cocok untuk kamu yang hanya memiliki modal kecil, namun ingin memperoleh keuntungan besar.

Jika dilihat dari definisinya, reksadana adalah sebuah wadah, yang memang dirancang khusus untuk menghimpun dari banyak orang yang memiliki modal.

Nah, modal yang terkumpul dari orang-orang tersebut, nantinya dikelola oleh seorang Manajer Investasi (MI) profesional, dan akan diinvestasikan dalam portofolio efek yang menjanjikan.

Peluang investasi ini disebut sangat cocok untuk pemula yang memiliki modal kecil, karena reksadana bisa dimulai hanya dengan modal Rp10 ribu.

3. Investasi Emas

Selain dua jenis investasi di atas, emas juga menjadi bagian dari peluang investasi terbaik 2021 yang patut dicoba.

Bagaimana tidak, emas pasalnya memiliki harga yang cenderung stabil dan cukup kuat, khususnya untuk menahan gejolak inflasi.

Apalagi, emas sendiri sangat mudah dijual, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. Oleh karena itu, tidak heran apabila investasi emas sudah ada sejak zaman dahulu, dan sudah menjadi kebiasaan hampir seluruh manusia secara turun-temurun.

Jika dahulu emas dibeli dalam bentuk barang, seperti perhiasan dan lain sebagainya, maka kini emas sudah bisa dibeli dan dijual secara online, untuk memudahkan orang-orang yang ingin melakukan investasi emas.

Adapun lembaga yang menyediakan layanan jual-beli emas secara online, yaitu Pegadaian Digital dan Brankas LM Antam.

Melalui dua lembaga tersebut, maka nantinya semua bentuk fisik emas yang dibeli, akan langsung disimpan dengan baik oleh Pegadaian maupun Brankas LM Antam.

4. Investasi Obligasi

Di urutan keempat ada investasi obligasi, yang juga masuk ke dalam daftar peluang investasi terbaik 2021, versi CekAja.com.

Buat kamu yang belum tahu, obligasi atau yang juga dikenal dengan nama Surat Utang ini merupakan salah satu bentuk investasi menjanjikan, karena bisa dipindah tangankan dan sifatnya jangka panjang.

Obligasi sendiri bisa dikeluarkan oleh Korporasi maupun Negara. Sementara itu untuk return-nya, obligasi dinilai memiliki return yang cukup baik, karena bunga yang diberikan lebih tinggi dibandingkan bunga BI.

Namun selain dari keuntungannya yang cukup besar, berinvestasi di obligasi juga bisa membuatmu mendapatkan capital gain dari penjualan obligasi di pasar sekunder.

Dan untuk risikonya sendiri, bisa dibilang tidak ada, apalagi jika obligasi tersebut dikeluarkan oleh pemerintah.

5. Investasi P2P Lending

Jika di antara kamu ada yang tertarik untuk melakukan investasi P2P lending, jangan khawatir! Sebab, ini merupakan peluang investasi terbaik 2021 yang paling direkomendasikan.

Konsep P2P lending ini sebenarnya hadir seiring berkembangnya fintech (financial technology) di Indonesia, yang membuat hampir seluruh masyarakat mengenal yang namanya pinjaman online (pinjol).

Jadi singkatnya, P2P lending merupakan salah satu konsep, yang ditawarkan oleh pinjaman online.

Di mana, P2P lending ini akan mempertemukan antara investor dengan calon peminjam, yang membutuhkan dana segar.

Sebagian dari kamu mungkin berpikir ini adalah cara yang membahayakan, karena mungkin sudah mendengar banyak kabar negatif mengenai pinjaman online, mulai dari bunga yang tidak masuk akal, cara penagihan yang tak wajar dan lain sebagainya.

Hal itu mungkin memang benar dan terjadi di banyak pinjaman online, yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tetapi, jika kamu mengajukannya di fintech yang sudah terdaftar secara resmi di OJK, maka hal itu tidak akan terjadi.

Justru sebaliknya, melakukan investasi di P2P lending memungkinkanmu untuk mendapatkan return sekitar 12 – 16 persen per tahun.

Itu bisa kamu dapat, tanpa harus memberikan modal yang besar. Karena hanya dengan Rp10 ribu saja, kamu sudah bisa berinvestasi P2P lending di fintech profesional.

6. Investasi SBN Sukuk Syariah

Selanjutnya ada investasi SBN Sukuk Syariah, yang menjadi bagian dari daftar peluang investasi terbaik 2021.

Sesuai dengan namanya, SBN Sukuk Syariah merupakan Surat Berharga Negara yang sifatnya sebagai utang, dan diterbitkan secara resmi oleh pemerintah Indonesia.

Karena diterbitkan oleh pemerintah, maka jenis investasi yang satu ini sangat cocok untuk kamu pemula yang ingin main aman, dan juga mendapatkan return yang besar.

SBN sendiri sengaja dikeluarkan oleh pemerintah, untuk melibatkan masyarakat dalam perekonomian negara Indonesia.

Dan perlu diketahui, pemerintah mengeluarkan SBN dalam tiga jenis, yaitu SBR (Saving Bond Ritel), Sukuk Tabungan dan ORI (Obligasi Negara Ritel).

Hingga saat ini, SBN sangat laris di kalangan investor asing, karena bunga yang ditawarkan cukup tinggi, yaitu lebih dari enam persen.

7. Investasi Unit Link

Unit link, nyatanya juga menjadi bagian dari peluang investasi terbaik 2021 yang wajib dicoba.

Jenis investasi ini, sangat cocok untuk kamu yang tidak hanya ingin melakukan investasi, tetapi juga ingin mendapatkan asuransi, untuk melindungi kesehatan fisik dan jiwa, dari hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan.

Jadi, buat kamu yang ingin mendapatkan kedua fungsi tersebut, maka Unit Link adalah pilihan yang tepat.

Hanya saja kamu perlu tahu, kalau investasi Unit Link tidak memberikan keuntungan yang besar, Namun dari investasi ini, kamu tetap memiliki return yang menjanjikan.

8. Investasi Properti

Di urutan kedelapan ada investasi properti. Bisa dikatakan, properti merupakan peluang investasi terbaik 2021.

Dan sebenarnya tidak hanya di tahun 2021 saja, karena investasi properti ini sudah dijadikan andalan sejak zaman dahulu.

Hal tersebut karena, investasi properti tidak mudah tergerus oleh waktu dan kondisi zaman, meskipun dalam keadaan darurat seperti pandemi saat ini, karena setiap orang pasti memerlukan tempat tinggal.

Belum lagi nilai investasinya yang cenderung tumbuh positif. Sehingga, sangat wajar apabila banyak orang berpihak pada investasi properti, untuk jaminan masa tua.

9. Investasi Deposito

Peluang investasi terbaik 2021 yang terakhir, yaitu investasi deposito. Siapa di antara kamu yang sudah melakukan investasi satu ini? Jika belum, maka kini saat yang tepat untuk melakukannya.

Investasi tak kasat mata ini, dinilai aman dan tidak terlalu terdampak oleh pandemi, karena dikelola secara transparan dalam pengawasan ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dan jika berbicara keuntungan, investasi deposito memiliki peluang keuntungan berkisar lima sampai tujuh persen per tahunnya.

Meski tidak terlalu besar, jika dikelola dengan baik maka keuntungan yang didapat dari investasi ini, bisa menjadi pemasukan tambahan yang menjanjikan.

(Baca Juga: Broker Jual Beli Bitcoin Terbaik)

Beberapa informasi terkait peluang investasi terbaik 2021, sudah kamu ketahui secara lengkap dan jelas di pembahasan sebelumnya.

Dari semua peluang investasi terbaik 2021 tersebut, kamu bisa memilih satu di antaranya yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Tetapi apabila kamu memilih untuk melakukan investasi yang membutuhkan modal besar, karena ingin mendapatkan keuntungan besar, maka sebaiknya kamu kumpulkan modalnya terlebih dahulu.

Kamu bisa menyisihkan sebagian dari penghasilanmu, untuk ditabung di rekening tabungan. Namun jika ternyata kamu belum memiliki rekening tabungan, maka kamu bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, kamu bisa menemukan beberapa rekomendasi tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Sehingga, kamu bisa memilih satu di antaranya yang paling sesuai. Setelah itu, kamu bisa langsung mengajukannya dengan mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!

Pariwara