Cara Beli Saham Gojek Secara Online Melalui e-IPO

Gojek dikabarkan akan segera merilis sahamnya ke bursa saham untuk publik. Tergiur untuk beli sahamnya? Ayo simak penjelasan mengenai cara beli saham gojek berikut ini.

Cara Beli Saham Gojek Secara Online Melalui e-IPO

Investasi kini menjadi hal yang diperhatikan banyak orang untuk meningkatkan nilai hartanya di masa mendatang. Ada banyak pilihan instrumen investasi yang bisa dipilih. Mulai dari investasi tanah, investasi properti, investasi emas, investasi deposito, investasi aset kripto, hingga investasi saham.

Saham dipilih sebagian orang karena peluang return atau mendapat keuntungannya cukup menggiurkan. Apalagi, saat ini sudah semakin banyak informasi mengenai tips investasi saham, sehingga semakin menarik banyak orang untuk menjadi investor di bursa saham.

Dalam memilih saham perusahaan yang ingin diinvestasikan, kita tidak hanya melihat nilai atau harga terkininya saja. Tetapi juga melihat potensi dari perusahaan itu sendiri dengan menganalisa kebutuhan konsumen terhadap produk yang ditawarkan, serta faktor sejarah dan manajemen perusahaan.

Jika berbicara mengenai perusahaan tanah air yang potensial jika sahamnya kita miliki, maka PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek bisa menjadi pilihan tepat. Banyak orang yang mengincar sahamnya, sehingga mencari informasi soal cara beli saham Gojek.

Saham Gojek Diprediksi Jadi yang Terbesar

Gojek memang belum resmi melakukan initial public offering (IPO) alias perilisan saham secara terbuka untuk publik di bursa saham. Namun, dikabarkan bahwa IPO Gojek akan terjadi pada awal semester II tahun 2021 ini.

Dilansir dari Detik Finance, seorang pelaku pasar yang mengetahui bocoran informasi ini mengatakan bahwa IPO Gojek akan meraup dana hingga lebih dari Rp10 triliun. Jika benar demikian, maka nilai IPO Gojek tersebut akan menjadi yang terbesar dalam sejarah pasar modal.

Ini akan menjadi rekor tambahan, berdampingan dengan raihan IPO terbesar di Indonesia yang dipegang oleh PT Adaro Energy Tbk senilai Rp12,24 triliun pada tahun 2008 lalu.

Masih dari sumber terpercaya yang diwawancara Detik Finance, IPO Gojek kabarnya masih dalam proses legalitas di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nilai IPO Gojek tentu saja diprediksi banyak pihak menjadi yang terbesar, mengingat potensinya sebagai start-up dalam negeri yang sudah meraih gelar Unicorn Indonesia sejak tahun 2017. Belum lagi dengan adanya merger Gojek bersama aplikasi marketplace lokal yang juga menjadi Unicorn Indonesia yakni Tokopedia yang terjadi pada Mei 2021 lalu.

Merger atau gabungan antara Gojek dan Tokopedia yang disebut dengan GoTo ini semakin menarik publik untuk bersiap-siap mengetahui cara beli saham Gojek. Sebab kolaborasi keduanya berpotensi melahirkan keuntungan besar bagi investor.

(Baca Juga: 23 Istilah-Istilah dalam Saham yang Pemula Wajib Ketahui)

Mengenal Sistem e-IPO

Perlu diketahui, saham Gojek masuk ke dalam kategori saham IPO yang berada pada pasar pendanaan (primary market), bukan di pasar sekunder (secondary market). Sehingga cara beli saham Gojek memiliki mekanisme atau proses yang agak berbeda, dan sedikit lebih rumit.

Per Januari 2021 lalu, IPO akhirnya mengeluarkan sistem baru untuk memudahkan investor bertransaksi. Yakni berupa layanan yang dinamakan Electronic Indonesia Public Offering atau disebut sebagai e-IPO.

Dengan adanya e-IPO, diharapkan proses ikut serta pembelian saham baru jadi lebih efisien, dan akses investor untuk berpartisipasi dalam pasar perdana pun jadi lebih mudah.

Sistem e-IPO yang berbasis website atau situs online memungkinkan seluruh investor dapat berpartisipasi, dan semua partisipan dapat menjadi agen penjual. e-IPO juga dilengkapi dengan portal informasi seluruh IPO dari berbagai perusahaan dan infrastruktur Self Regulatory Organization (SRO).

Untuk dapat bertransaksi dengan menerapkan cara beli saham Gojek atau saham dari perusahaan lainnya melalui e-IPO, kamu wajib memiliki dana di Rekening Dana Nasabah (RDN).

(Baca Juga: Daftar Perusahaan Teknologi Terkaya di Dunia, Apple Inc Masih Raih Posisi Satu)

Cara Beli Saham Gojek Melalui e-IPO

Sembari menunggu waktu pasti peluncuran saham Gojek secara resmi, ketahui dulu cara beli saham Gojek melalui sistem e-IPO yang digadang-gadang lebih memudahkan para investor untuk membeli saham.

Berikut ini cara beli saham Gojek melalui e-IPO selengkapnya.

1. Kunjungi Situs e-IPO

Cara beli saham Gojek yang pertama harus kamu lakukan yakni mengunjungi situs resmi e-IPO, yakni di alamat www.e-ipo.co.id.

2. Lakukan Registrasi

Setelah masuk ke halaman utama situs www.e-ipo.co.id, maka kamu bisa memilih menu Registrasi dan melakukannya sesuai prosedur berikut ini:

  • Masukkan alamat e-mail dan jenis investor (individu atau institusi)
  • Centang tanda verifikasi reCaptcha, lalu klik “Send”.
  • Isi data diri secara lengkap, meliputi nama, kebangsaan, nomor paspor, unggah dokumen scan KTP, alamat, nomor HP, tanggal lahir, dan jenis kelamin.
  • Centang tanda konfirmasi bahwa semua data sudah terisi dengan benar, lalu klik “Send”.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui nomor HP atau e-mail.
  • Pilih broker
  • Atur password yang terdiri enam digit yang terdiri dari huruf kapital, huruf kecil, karakter spesial atau simbol, dan angka.
  • Tunggu sampai ada tampilan informasi proses registrasi berhasil dilakukan

3. Kembali Log In Akun

Cara beli saham Gojek yang selanjutnya yakni log in dengan akun e-IPO sebagai investor menggunakan Single Investor Identification (SID) yang sudah terdaftar tadi.

4. Lakukan Pesanan Beli Saham

  • Saat sudah masuk ke akun yang kamu miliki, maka kamu bisa melakukan cara beli saham Gojek dengan memilih nama saham yang diinginkan, lalu klik “More Info”.
  • Baca dengan teliti detil informasi saham yang dipilih. Jika sudah pasti, klik “Place Order”.
  • Isi formulir pemesanan dengan lengkap, lalu klik “Send”.
  • Akan ada kode OTP yang kembali dikirimkan ke nomor HP atau e-mail, masukkan kode tersebut untuk mengonfirmasi proses pemesanan.

5. Baca Prospektus untuk Konfirmasi

Saat proses pemesanan hampir selesai, maka cara beli saham Gojek selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih menu “Active Orders”, lalu klik “View” untuk mengonfirmasi kembali transaksi pemesanan dengan membaca prospectus.

Apabila kamu telah selesai membaca prospectus, maka klik “I have already read prospectus”

6. Cek Status Penerimaan Pesanan Saham

Cara beli saham Gojek yang terakhir yakni dengan melihat hasil atau status pemesanan saham yang sudah dilakukan sebelumnya. Ada empat status dengan masing-masing arti. Berikut penjelasannya:

  • Status tertulis “Alloted”, artinya mendapatkan penjatahan.
  • Status tertulis “Alloted with Scale Book”, artinyamendapatkan penjatahan yang disesuaikan.
  • Status tertulis “Not Alloted”, artinya tidak mendapatkan penjatahan.
  • Status tertulis “Not Carried Over”, artinya pesanan tidak diteruskan ke proses penjatahan.

Itulah dia cara beli saham gojek yang bisa kamu lakukan melalui sistem e-IPO secara online. Sebelum berinvestasi, pastikan kamu memiliki tabungan dan simpanan dana darurat yang cukup untuk keamanan kondisi finansialmu.

Biar hidup lebih aman, berikan proteksi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan yang bisa diajukan via CekAja. Premi dijamin terjangkau dengan nilai uang pertanggungan yang worth it dan jumlah rumah sakit rekanan yang banyak.

CekAja akan memberikanmu rekomendasi produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan profil finansial. Untuk pengajuannya, kamu hanya perlu mengisi formulir pengajuan online dan membayar premi bulan pertama.

Segera berikan perlindungan diri yang lebih maksimal dengan mengajukan asuransi kesehatan untuk kamu dan keluarga. Ajukan asuransi hanya lewat CekAja!