7 Manfaat Menabung Sejak Usia Dini yang Bikin Pribadi Mandiri Finansial

Faktanya, manfaat menabung sejak usia dini tidak hanya membantumu menghadapi situasi sulit saja, tetapi juga membuatmu menjadi pribadi yang lebih hemat dan bisa menghargai uang. Namun, untuk bisa mendapatkan manfaatnya, kamu harus mengetahui cara atau tips menabung terlebih dahulu.

Dengan mengetahui tips-tips tersebut, nantinya kamu tidak akan kesulitan jika ingin mulai menabung. Sehingga, manfaat menabung sejak usia dini pun bisa kamu dapat lebih mudah dan cepat.

Penasaran, apa saja manfaat menabung sejak usia dini yang bisa didapatkan? Yuk simak bersama-sama manfaatnya, yang akan diulas secara lengkap pada kesempatan kali ini.

Tips Menabung Sejak Usia Dini

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat menabung sejak usia dini, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu tips menabung, yang di antaranya terdiri dari:

  • Mengetahui apa saja manfaat menabung dan memberitahukannya kepada orang-orang terdekat maupun anak melalui hal-hal menarik
  • Menyisihkan sebagian uang dimiliki untuk menabung, atau memberikan jatah uang khusus menabung kepada anak
  • Membiasakan diri untuk selalu mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap harinya, serta mengajarkannya juga kepada anak
  • Agar lebih semangat, beli peralatan menabung yang lucu, unik dan menarik
  • Jika ingin mengajarkan anak menabung, kamu bisa mulai ajak anak ke bank sejak dini
  • Agar semakin terpacu dan semangat menabung, berikan reward untuk diri sendiri maupun anak
  • Jadikan diri sebagai pribadi dan contoh yang baik untuk anak-anak dan lingkungan terdekat

(Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak Menabung)

7 Manfaat Menabung Sejak Usia Dini

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui tips menabung, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui sederet manfaat menabung sejak dini.

Yang mana, manfaat yang diberikan dari menabung sejak dini ada sangat banyak, beberapa di antaranya akan diulas sebagai berikut.

1. Bisa lebih menghargai uang

Manfaat menabung sejak usia dini yang pertama, yaitu bisa lebih menghargai uang. Manfaat yang satu ini biasanya akan dirasakan, apabila kamu atau anak sudah melalui masa menahan diri untuk tidak membelanjakan semua uang yang dimiliki, hanya untuk menabung.

Tidak hanya itu saja, kamu dan anak juga akan menjadi pribadi yang lebih menghargai uang, ketika sudah berhasil menahan semua keinginan berbelanja, hingga akhirnya tabungan sudah mencapai jumlah yang diinginkan.

2. Bisa lebih disiplin secara finansial

Selanjutnya kamu dan anak juga akan lebih disiplin secara finansial, apabila sudah dibiasakan menabung sejak usia dini.

Pasalnya, dengan menabung kamu dan anak bisa lebih memilah mana keinginan dan kebutuhan. Sehingga ketika ingin berbelanja, nantinya kamu atau anak hanya akan membeli barang-barang yang dibutuhkan saja.

Dengan begitu, kamu dan anak akan lebih hemat. Sisa uangnya pun bisa ditabung untuk hal-hal yang lebih penting.

3. Bisa jadi pribadi yang lebih hemat

Dengan membiasakan menabung sejak dini, kamu dan anak juga bisa menjadi pribadi yang lebih hemat. Manfaat menabung sejak usia dini yang satu ini, sebenarnya berkaitan dengan manfaat sebelumnya.

Karena jika sudah disiplin secara finansial, kamu dan anak pun secara tidak langsung juga akan menjadi pribadi yang lebih hemat.

Sebab, kamu dan anak sudah terbiasa membeli barang-barang atau sesuatu hal yang berguna dan dibutuhkan saja.

Sehingga, sisa uang yang dimiliki bisa ditabung dan digunakan untuk kebutuhan mendadak atau hari tua nanti.

4. Bisa memiliki cadangan uang sendiri

Bisa memiliki cadangan uang sendiri, juga menjadi salah satu manfaat menabung sejak usia dini yang bisa kamu dan anak dapatkan.

Dengan menabung, kamu dan anak tentu menyimpan sebagian uang yang tidak terpakai. Apabila dilakukan secara terus-menerus, cadangan uang kamu miliki tentu akan semakin bertambah dan banyak.

Jika ingin memiliki cadangan uang yang banyak, setiap harinya kamu dan anak bisa menargetkan berapa jumlah uang yang akan ditabung. Namun jika hal itu malah menjadi beban, kamu maupun anak bisa menabung berapa saja sesuai kemampuan finansial.

5. Bisa lebih mandiri

Manfaat menabung sejak usia dini yang kelima, yaitu kamu dan anak bisa menjadi lebih mandiri. Manfaat yang satu ini bisa terjadi, karena kamu dan anak sudah terbiasa mengelola uang yang dimiliki sendiri.

Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus sampai tua, maka nantinya kamu dan anak akan semakin mengerti bahwa uang tidak didapat dengan mudah, melainkan harus melalui kerja keras.

Dengan begitu, maka kamu dan anak akan lebih memiliki rasa tanggung jawab dan mandiri, khususnya secara finansial terhadap diri sendiri.

6. Mencegah risiko berhutang

Dengan menabung, tentunya kamu dan anak memiliki cadangan uang yang dapat membuat kalian terhindar dari risiko berhutang.

Nah manfaat menabung sejak usia dini yang satu ini, tentunya akan sangat membantu kamu dan anak dalam menghadapi hal-hal yang tidak terduga, seperti misalnya pada saat sakit atau mengalami kecelakaan.

Ketika hal-hal itu terjadi, kamu dan anak tentu membutuhkan biaya besar untuk berobat dan mendapatkan perawatan.

Apabila tidak memiliki cukup biaya, tentu kamu harus berhutang agar bisa membayar semua tagihan pengobatan.

Namun apabila memiliki tabungan, maka kamu bisa menggunakan uang tabungan tersebut untuk membayar tagihan rumah sakit.

Atau jika kamu sudah memiliki asuransi kesehatan, kamu juga bisa menggunakannya untuk menanggung semua tagihan rumah sakit.

7. Menjadi terbiasa menabung hingga dewasa

Manfaat menabung sejak usia dini yang terakhir, yaitu kamu dan anak akan menjadi pribadi yang terbiasa menabung hingga dewasa.

Ini sejatinya menjadi suatu hal yang sangat menguntungkan, karena nantinya dalam kondisi apapun kamu dan anak tidak akan pernah merasa benar-benar kesulitan finansial.

Meskipun sedang berada dalam kondisi finansial paling buruk, setidaknya kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan cadangan uang yang dimiliki.

Dan untuk kedepannya pun ketika ingin menabung kembali, kamu dan anak tidak lagi merasa kesulitan untuk memulainya karena sudah terbiasa.

(Baca Juga: Manfaat Menabung di Awal Tahun)

Itulah beberapa manfaat menabung yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya. Semua manfaat tersebut tentunya bisa dirasakan, apabila kamu dan anak membiasakan diri menabung secara rutin sejak dini.

Agar lebih aman, kamu dan anak juga bisa menabung di beberapa bank ternama dan terpercaya.

Mengingat kondisi saat ini masih sangat berisiko untuk beraktivitas keluar rumah karena pandemi Covid-19, maka ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhanmu dan mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, nantinya kamu akan mendapatkan rekomendasi tabungan terbaik. Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk ajukan sekarang juga!