20 Usaha Sampingan Tanpa Modal Cocok untuk Semua Kalangan

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Selain menekuni pekerjaan penuh waktu, kini banyak orang mulai mencari peluang usaha sampingan tanpa modal. Sebagai sumber rejeki yang baru, membuka usaha juga akan melatih kemampuan bisnis. Beberapa usaha sampingan tanpa modal berikut ini bisa menjadi ide usaha terbaik untukmu!

20 Usaha Sampingan Tanpa Modal Cocok untuk Semua Kalangan

1. Dropshipper

Usaha sampingan tanpa modal yang pertama adalah dengan menjadi dropshipper. Sistem penjualan barang dengan dropship yang dimaksud yakni, kamu sebagai dropshipper akan mencatat semua order pembeli lalu setelah itu baru membeli barang tersebut ke penjual utama barang.

Dengan kata lain, kamu mengumpulkan order-order tersebut sampai ke jumlah tertentu, dan tidak menyimpan stok siap jual sendiri. Jadi, memulai usaha ini tak memerlukan modal sepeser pun.

2. Jasa Titip Beli

Kamu juga bisa membuka usaha sampingan tanpa modal lainnya seperti jasa titip beli. Usaha ini cocok buat kamu yang suka travelling ke berbagai tempat, atau lokasi tempat tinggalmu yang berdekatan dengan toko-toko yang hanya memiliki cabang sedikit.

Pembeli akan membayar tagihan di muka, baru kamu membeli pesanan tersebut. Keuntungan dari penawaran jasa ini sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribu, tergantung jenis barang yang dipesan.

3. Jasa Titip Jual

Yang membedakan dari jasa titip jual dengan jasa titip beli adalah, jasa titip jual membantu orang menjual barang dagangannya namun dengan harga tambahan sebagai bayaran dari jasa bantu yang kamu lakukan. Usaha sampingan tanpa modal ini biasanya dilakukan dengan bantuan media sosial atau pun chat messenger.

Misalnya, kamu membantu menginfokan pada seluruh mahasiswa (melalui LINE) di sekitaran kampus A bahwa ada orang yang menjual TV flat bekas dengan harga murah. Harga yang ditawarkan sudah termasuk jasa jualmu, sehingga jika barang laku, kamu langsung mendapat komisi.

4. Penjual Makanan Penutup

Untuk kamu yang bekerja kantoran, usaha sampingan tanpa modal yang cocok adalah menjual makanan penutup. Seperti kue pasar, roti, dessert jar, puding, dan lain-lain. Tawarkan ke semua rekan kerja di kantor, dan minta mereka membantu mempromosikan lewat media sosial.

Jangan ragu untuk menerima orderan skala besar untuk acara keluarga atau meeting. Sebab bisa jadi ini menjadi awal dari kesuksesan usahamu.

5. Penonton Youtube Bayaran

Jangan salah, dengan menonton video-video di Youtube, kamu juga bisa mendapatkan pundi-pundi uang. Caranya, buat akun di situs yang memberikan bayaran setelah menonton beberapa video seperti Paid2Youtube, You-Cubez, Watch2Earn, dan masih banyak lagi lainnya.

6. Penulis

Saat ini, kebutuhan karya tulisan untuk berbagai media semakin banyak dibutuhkan. Kamu bisa menjadi tenaga pekerja lepas (freelance) dengan bayaran per karya tulisan mulai dari Rp 50 ribu. Lumayan banget kan hasilnya?

7. Admin Medsos

Menjadi admin akun media sosial atau medsos juga masuk ke dalam  usaha sampingan tanpa modal. Biasanya, lowongan ini dibutuhkan untuk toko-toko online atau institusi tertentu yang membutuhkan pengembangan konten dan layanan akun medsosnya.

8. Content Creator

Kamu pasti sudah tahu kalau menjadi content creator atau yang juga dikenal dengan influencer itu menguntungkan. Tapi, selain kamu menggunakan akun pribadi, kamu juga membuat akun buzzer lainnya yang berpotensi mendapatkan endorsement juga.

Misalnya akun-akun yang mem-post ulang berbagai informasi menarik. Seperti akun Instagram @jktinfo, @jktfoodbang, dan lain sebagainya.

9. Vlogger

Jangan sia-siakan kemampuan public speaking dan membuat konten kreatif. Jadilah Vlogger di Youtube yang berpotensi terkenal dan mendapat bayaran iklan dari berbagai pihak.

10. Guru Les

Jika kamu memiliki skill dalam memberi pengajaran pada orang lain, kamu juga bisa menekuni usaha sampingan tanpa modal seperti guru les. Guru les bisa membuka jasanya secara independent maupun mengajar di lembaga bimbingan belajar tertentu.

(Baca Juga: Kiat Sukses Bisnis Franchise Makanan untuk Pemula, Modal Tidak Sampai 10 Juta)

11. Fotografer

Hobi fotografimu bisa menjadi peluang usaha sampingan tanpa modal, lho. Tawarkan jasa Fotografer ke teman-temanmu, kemudian lakukan promosi melalui media sosial dan dari mulut ke mulut. Jasa Fotografer bisa dihargai hingga jutaan rupiah!

12. Penjual Foto Online

Enggak hanya menjajakan jasa fotografi ke orang terdekat, jika kamu bisa mengedit foto dengan baik, kamu juga bisa menjualnya secara online. Caranya dengan menjual ke situs berbagi foto seperti Shutterstock, Canva, dan masih banyak lagi lainnya.

13. Model

Postur tubuh yang ideal juga bisa kamu manfaatkan nih menjadi usaha sampingan tanpa modal. Jika kamu memiliki portofolio yang baik, koneksi yang luas, serta prestasi di bidang serupa, kamu bisa mendapatkan job untuk berbagai keperluan. Mulai dari jadi model foto, fashion show, atau model iklan.

14. Jasa Desain

Jasa desain grafis juga dibutuhkan saat ini. Banyak perusahaan yang ingin menyewa jasa Desainer sementara untuk kebutuhan pembuatan logo, kampanye proyek tertentu, dan lain sebagainya.

15. Jasa Penitipan Anak

Jika kamu memiliki waktu luang yang cukup banyak saat orang lain beraktivitas, maka tak ada salahnya menawarkan jasa penitipan anak. Untuk usaha sampingan tanpa modal ini, mungkin kamu bisa memulai menawarkan jasa ke saudara atau tetangga sekitar.

16. Driver Online

Usaha ini bisa kamu jalankan saat waktu luang maupun sembari pulang setelah kerja. Jangan salah, pendapatan driver online motor maupun mobil cukup tinggi loh.

17. Sewa Kendaraan

Manfaatkan kendaraan milikmu untuk disewakan ke orang lain. Usaha sampingan ini akan sukses terlebih jika kamu tinggal di kota wisata. Tarif sewa kendaraan yang berkisar ratusan ribu rupiah dijamin bawa untung.

18. Makelar Properti dan Kendaraan

Kamu juga bisa menjadi makelar atau agen yang membantu menjual properti dan kendaraan. Keuntungan yang didapat mirip seperti jasa titip jual. Hanya saja nilai keuntungannya lebih besar mengingat harga jual properti dan kendaraan cukup mahal.

19. Penerjemah

Jika kamu menguasai Bahasa asing atau Bahasa daerah yang mumpuni, usaha menjadi Penerjemah juga menarik dan menjanjikan. Karena dibutuhkan di bidang percetakan buku dan media massa.

20. Penjual Online

Terakhir, kamu bisa menjual berbagai barang melalui online di e-commerce ternama. Agar laku keras, patok harga murah terlebih dulu. Setelahnya, naikkan harga sedikit untuk mendapatkan keuntungan lain. Penjualan ini bisa dilakukan secara pre-order sehingga tak perlu modal.

Usaha apapun akan berhasil jika kamu berani mengambil resiko dan disertai strategi dan perhitungan matang. Memiliki modal usaha kini mudah dengan pengajuan KTA secara online di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah