Ini 8 Peluang Usaha Online 2020 yang Paling Menguntungkan!

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Memiliki usaha sampingan rasanya sangat penting di tengah pandemi virus Covid-19 saat ini. Pasalnya, kebutuhan hidup tetap harus terpenuhi, sementara banyak perusahaan yang kini melakukan efisiensi pegawai sebagai dampak dari pandemi. Oleh karena itu, agar tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup, kamu bisa mencoba beberapa peluang usaha online 2020 yang akan CekAja.com ulas berikut ini.

Wajib Coba! Ini Dia 8 Peluang Usaha Online 2020 yang Menguntungkan

8 Peluang Usaha Online 2020 Paling Menguntungkan

Sebenarnya, saat ini ada banyak sekali peluang usaha online yang bisa dicoba. Mulai dari yang tidak membutuhkan modal, hingga yang membutuhkan modal besar.

Semua usaha online tersebut memberikan cukup untung, yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Lantas, apa saja peluang usaha online tersebut? Di bawah ini CekAja.com telah merangkum delapan peluang usaha online 2020 yang bisa kamu coba dan sedang banyak dibutuhkan, yang di antaranya yaitu:

1. Menjadi Seorang Blogger

Menjadi Seorang Blogger - Wajib Coba Ini Dia 8 Peluang Usaha Online 2020 yang Menguntungkan

Buat kamu yang suka menulis, peluang usaha online yang satu ini bisa kamu coba. Siapa sangka, menjadi seorang blogger dapat menghasilkan untung yang menggiurkan! Kamu bisa memulainya dengan membuat website terlebih dahulu.

Kemudian, buat nama domain yang mudah diingat dan sesuai dengan tema blogmu. Seperti misalnya, kamu ingin berbagi informasi seputar pendidikan, maka kamu bisa memakai “akucerdas” untuk nama domain.

(Baca Juga: Peluang Bisnis Parcel saat Ramadhan)

Setelah itu, kamu perlu mengurus web server yang akan digunakan dan sederet hal-hal lainnya yang dibutuhkan. Jika semua kebutuhan terkait website sudah selesai, selanjutnya kamu bisa mengisi halaman website dengan artikel-artikel tulisanmu.

Pastikan, bahwa artikel yang kamu cantumkan informatif, sehingga nantinya dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi pembaca. Selain itu, usahakan kamu konsisten dalam menulis artikel untuk website.

Sebab, apabila kamu konsisten dan semua tulisanmu bermanfaat, kamu bisa langsung memasang iklan online melalui Google Adsense ataupun menjual jasa review produk, yang sekiranya masih sesuai dengan tema website. Dengan begitu, keuntungan perlahan akan menghampiri.

2. Kursus Online

Kursus Online - Wajib Coba Ini Dia 8 Peluang Usaha Online 2020 yang Menguntungkan

Peluang usaha online 2020 yang bisa kamu coba berikutnya adalah kursus online. Di mana, saat ini kursus online sangat dibutuhkan karena para pelajar hingga saat ini masih belajar dari rumah, sebagai upaya untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Kursus online pun tidak harus tentang mata pelajaran sekolah, seperti matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan lain sebagainya. Tetapi, kursus online ini bisa tentang alat musik, menyanyi, menari dan kemampuan lainnya yang bisa dipelajari dari rumah.

Dengan begitu, peluang usaha online yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki keahlian di bidang-bidang tertentu.

Karena melalui usaha ini, kamu tidak hanya mendapatkan pekerjaan sampingan dan penghasilan, tetapi kamu juga bisa berlatih untuk semakin meningkatkan kemampuan yang kamu miliki.

3. Freelance Content Writer

Freelance Content Writer - Wajib Cobx Ini Dia 8 Peluang Usaha Online 2020 yang Menguntungkan

Selain menjadi seorang blogger, kamu yang punya kemampuan dan hobi menulis juga bisa loh bekerja sampingan menjadi freelance content writer. Menariknya, untuk mencoba peluang usaha online yang satu ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Namun, kamu membutuhkan beberapa peralatan seperti laptop atau komputer dan koneksi internet untuk menunjang pekerjaanmu sebagai seorang penulis.

Sebab, kamu harus melakukan riset materi terlebih dahulu agar tulisan yang kamu hasilkan bermutu. Sehingga, nantinya tulisanmu memiliki nilai jual yang tinggi.

Karena pada dasarnya, tidak semua freelance content writer mendapatkan bayaran yang tinggi. Hanya penulis-penulis ahli dan berkualitas saja yang biasanya diberikan bayaran yang cukup besar, yaitu berkisar ratusan ribu rupiah.

Jika sudah sampai di posisi itu, maka pekerjaan freelance content writer menjadi pekerjaan sampingan yang mampu mendatangkan penghasilan fantastis. Terlebih jika kamu seorang penulis artikel bahasa Inggris, tentu penghasilan yang kamu dapatkan pun semakin menggiurkan.

4. Menjadi Seorang Photographer

Menjadi Seorang Photographer - Wajib Coba Ini Dia 8 Peluang Usaha Online 2020 yang Menguntungkan

Meski untuk sebagian kalangan bekerja sebagai photographer dipandang sebelah mata. Namun nyatanya, kehadiran seorang photographer akan selalu dibutuhkan untuk mengabadikan momen-momen spesial.

Seperti misalnya foto untuk prewedding, pesta ulang tahun, wisuda, pesta pernikahan dan lain sebagainya. Bahkan, belakangan ini photographer juga banyak dicari oleh orang-orang yang ingin melakukan virtual photoshoot.

Ide yang tercetus di tengah pandemi virus Covid-19 ini menjadi peluang baru untuk para photographer agar tetap bisa mendapatkan penghasilan.

Pasalnya, virtual photoshoot ini terbuka untuk umum. Sehingga, semua orang bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Kamu tinggal menunjukkan portofolio hasil fotomu ke media sosial, baik foto untuk sesi virtual photoshoot atau yang lainnya, kemudian pasang harga.

Setelah itu, kamu bisa mempromosikannya ke beberapa media sosial yang kamu miliki. Atau kamu juga bisa meminta bantuan teman-teman yang dinilai “berpengaruh” untuk bisa mempromosikan jasa virtual photoshootmu.

Dengan begitu, menjadi seorang photographer virtual photoshoot, kini menjadi salah satu peluang usaha online 2020 yang bisa kamu coba.

5. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing - Wajib Coba Ini Dia 8 Peluang Usaha Online 2020 yang Menguntungkan

Selanjutnya ada affiliate marketing, yang menjadi salah satu peluang usaha online 2020 versi CekAja.com. Peluang usaha yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memulai bisnis namun tidak mengeluarkan uang apapun.

Sebab, untuk bisa mendapatkan uang dari affiliate marketing, kamu hanya perlu mempromosikan dan membagikan link afiliasi yang berisi produk orang lain ke media sosial atau website yang kamu miliki.

Apabila nantinya ada orang membeli produk-produk dari link afiliasi yang kamu bagikan, maka kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan.

Oleh karena itu, semakin luas jangkauan kamu membagikan link afiliasi, maka semakin besar juga kemungkinan orang-orang melihat dan tertarik untuk membeli produk dari link afiliasimu. Jika sudah begitu, maka peluangmu untuk mendapatkan komisi pun semakin besar.

6. Jasa Desain Online

Jasa Desain Online - Wajib Coba Ini Dia 8 Peluang Usaha Online 2020 yang Menguntungkan

Siapa di antara kamu yang memiliki keahlian dalam bidang desain grafis? Peluang usaha online 2020 yang satu ini rasanya wajib kamu coba. Pasalnya, desain akan selalu dibutuhkan, baik itu desain poster, spanduk, brosur ataupun desain-desain lainnya.

Buat kamu yang ingin memulai usaha ini, kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Sebab, dalam hal ini kamu hanya membuka jasa desain online saja, bukan mengurusnya sampai menjadi bentuk fisik yang nyata atau pencetakan.

Oleh sebab itu, kamu mungkin hanya membutuhkan peralatan penunjang, seperti laptop atau komputer dan koneksi internet.

Kemudian untuk masalah harga sendiri, kamu bisa memberikannya sesuai dengan kemampuan, waktu yang dihabiskan, latar belakang hingga jam terbangmu selama menjadi seorang desain grafis.

Namun tentu saja, harga yang kamu berikan tersebut harus sesuai dengan kualitas desain yang diberikan pada customer. Pastikan kamu memberikan hasil yang terbaik.

Karena, apabila customer merasa puas dengan hasil desain yang kamu berikan, maka nantinya customer akan kembali menggunakan jasa desain onlinemu, sekalipun harga yang kamu berikan cukup tinggi.

7. Jasa Membuat Website

Jasa Membuat Website - Wajib Coba Ini Dia 8 Peluang Usaha Online 2020 yang Menguntungkan

Jasa membuat website nyatanya juga menjadi salah satu peluang usaha online 2020 versi CekAja.com. Yang mana, usaha satu ini bisa dicoba oleh kamu yang tertarik dan memiliki keahlian di bidang web development.

Karena, keuntungan yang kamu dapatkan cukup besar. Kamu tidak hanya mendapatkannya dari membuat website saja, tetapi kamu juga bisa mendapatkan keuntungan apabila melakukan kerja sama dengan pihak lain.

8. Translator

Translator - Wajib Coba Ini Dia 8 Peluang Usaha Online 2020 yang Menguntungkan

Peluang usaha online 2020 yang terakhir adalah menjadi seorang translator. Bagi kamu yang memiliki kemampuan menerjemahkan bahasa asing, peluang usaha yang satu ini sangat cocok untukmu.

Sebab, kemampuan ini sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahan, khususnya yang bekerja sama dengan perusahaan asing.

Terlebih, banyak dari perusahaan yang faktanya tidak memiliki karyawan khusus penerjemah bahasa. Maka dari itu, menjadi seorang translator merupakan salah satu peluang usaha online yang tidak boleh kamu lewatkan.

Selain itu, apabila menjadi seorang translator, kamu biasanya akan diminta untuk menerjemahkan beberapa dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan asing.

Karena, jasa yang kamu buka adalah jasa translator online, maka kamu pun bebas melakukannya di mana saja dan kapan saja, asalkan pekerjaan tersebut selesai tepat pada waktunya.

Keuntungan Usaha Online

Jika pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui delapan peluang usaha online 2020 yang menguntungkan, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari usaha online, yang di antaranya yaitu:

  • Sekecil apapun bisnis yang kamu jalani, kamu tetap menjadi bos untuk dirimu sendiri
  • Kamu tidak memiliki keterikatan dengan waktu kerja dan lokasi usaha
  • Umumnya kamu tidak memerlukan modal yang besar
  • Kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas, seperti ke seluruh Indonesia atau mancanegara.

(Baca Juga:  Peluang Bisnis Minuman Dalgona Coffee)

Bagaimana, banyak bukan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari berbisnis secara online? Kamu hanya perlu menentukan jenis bisnis yang akan kamu tekuni beserta target pasarnya.

Setelah itu, kamu bisa mempersiapkan modal untuk membeli kebutuhan-kebutuhan bisnis, seperti misalnya laptop, paket internet dan lain sebagainya. Tetapi, apabila dana yang kamu miliki belum mencukupi, jangan khawatir.

Kamu ajukan saja pinjaman dana tunai melalui CekAja.com. Karena selain pengajuannya yang mudah dan cepat, CekAja.com juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), loh! Jadi, sudah terjamin aman. Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani