Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Peluang Bisnis Parcel di Ramadhan 2020

by Ayunindya Annistri on 29 April, 2020

Peluang bisnis parcel di Ramadhan 2020 nampaknya akan semakin melejit karena larangan mudik yang berlaku akibat sebaran virus corona di Indonesia. Untuk itu, buat kamu yang enggak bisa mudik namun tetap ingin menambah pemasukan bulanan, simak peluang hingga tips sukses berbisnis parcel di Ramadhan 2020 berikut ini.

Peluang Bisnis Parcel di Ramadhan 2020

Peluang Bisnis Parcel di Ramadhan 2020, Menjanjikan?

Bisnis parcel sering kali dianggap sebagai bisnis musiman. Namun, tak bisa dipungkiri bila bisnis tersebut mendatangkan banyak keuntungan. Jika kamu lihai dalam melihat peluang, sebetulnya bisnis parcel ini bisa saja dijadikan bisnis jangka panjang bahkan setelah bulan Ramadhan usai.

Disebut sebagai bisnis jangka panjang, karena pemberian parcel sudah menjadi tradisi di masyarakat sebagai bentuk silaturahmi, baik kepada keluarga, mitra kerja, hingga teman terdekat.

Nah, mengingat sekarang tengah berlaku larangan mudik untuk menekan penyebaran virus corona di Indonesia, ini berarti aktivitas Lebaran nanti tak bisa dilakukan secara langsung. Untuk mengakalinya, tentu saja masyarakat akan memberikan parcel sebagai bentuk perayaan.

Melihat kondisi tersebut, tentu saja peluang bisnis parcel di Ramadhan 2020 sangat menjanjikan. Betapa tidak, dengan berbekal kreativitas dan strategi yang tepat, kamu dapat memasarkan parcel buatanmu secara online, kemudian mengirimkannya lewat jasa kurir atau dengan prosedur cash on delivery (COD).

(Baca Juga: Peluang Bisnis Dalgona Coffee, Minuman Kekinian Akibat Social Distancing)
Analisa Modal yang Dibutuhkan Dalam Memanfaatkan Peluang Bisnis Parcel di Ramadhan 2020

Untuk memanfaatkan sebaik mungkin peluang bisnis parcel di Ramadhan 2020, penting halnya buat kamu menghitung besaran modal awal yang bakal digunakan.

Sebab, modal merupakan hal mutlak yang harus dimiliki dalam membangun suatu bisnis. Bahkan, ketika bisnis telah berjalan dengan baik pun, modal tambahan masih sering kali dibutuhkan untuk membuat bisnis semakin berkembang.

Khusus bisnis parcel, setidaknya kamu harus menyiapkan modal awal kurang dari Rp10 juta. Modal ini disiapkan untuk perkiraan produksi sekitar 25 paket parcel Ramadhan 2020 dengan tema minuman dan makanan ringan. Berikut analisanya:

  • Keranjang rotan @Rp 35.000 x 25 buah = Rp 875.000
  • Sirup botol @Rp 16.000 x 25 buah = Rp 400.000
  • Minuman kaleng @Rp 8.000 x 25 buah = Rp 200.000
  • Kue kering 2 toples @Rp 70.000 x 25 buah = Rp 1.750.000
  • Biskuit kaleng @Rp 50.000 x 25 buah = Rp 1.250.000
  • Snack @Rp 20.000 x 25 buah = Rp 500.000
  • Kartu ucapan @Rp 2.500 x 25 buah = Rp 62.500
  • Plastik dan pernak pernik hias = Rp 200.000

Total Modal Awal = Rp 5.237.500

Strategi Pemasaran untuk Bisnis Parcel di Ramadhan 2020

Selain modal usaha, strategi pemasaran juga termasuk hal penting yang harus disiapkan dalam memanfaatkan peluang bisnis parcel di Ramadhan 2020. Kamu bisa meraup keuntungan besar dengan strategi yang tepat, apalagi karena momen lebaran kali ini cukup berbeda dari tahun sebelumnya akibat pandemi corona.

Tidak hanya menggunakan kekuatan ‘word of mouth’ atau pemasaran dari mulut ke mulut di lingkungan terdekat, strategi pemasaran lainnya yang bisa kamu coba untuk bisnis parcelmu adalah dengan memanfaatkan sosial media.

Seperti yang diketahui, promosi melalui sosial media seperti WhatsApp, Instagram, Line, dan website resmi adalah hal wajar yang sekarang banyak digunakan oleh para pebisnis besar. Hal ini karena perkembangan zaman yang kian pesat, dan membuat masyarakat semakin melek akan kecanggihan teknologi.

Dengan memanfaatkan sosial media, kamu justru bisa menjangkau lebih banyak pelanggan tidak hanya dari lingkungan terdekat saja.

(Baca Juga: Dana Pinjaman untuk Bisnis Baju Muslim, Laris Saat Lebaran)
Tips Sukses Memulai Bisnis Parcel di Ramadhan 2020

Nah, tertarik untuk memanfaatkan peluang bisnis parcel di Ramadhan 2020 ini? Kalau iya, simak dulu tips suksesnya berikut agar pundi-pundi rupiah mengalir dengan cepat ke dompetmu.

1. Hias parcel seunik mungkin

Setiap konsumen tentu menyenangi sebuah produk dengan bentuk yang unik. Ini menjadi daya pikat tersendiri supaya mereka tertarik untuk membeli. Begitupun dengan parcel, yang mana setidaknya kamu harus bisa mengkreasikan produk-produkmu itu dengan hiasan unik agar tampak menarik dan berbeda dari merek lainnya.

2. Cari suplier dengan harga terjangkau

Enggak perlu menyuguhkan barang-barang mewah sebagai isian parcel loh. Apalagi bila kamu termasuk pebisnis pemula dalam bidang ini. Cukup cari suplier atau distributor yang menjual barang-barang dengan harga terjangkau namun memiliki kualitas yang bagus. Hal ini guna menekan modal usaha yang dikeluarkan dan juga meningkatkan margin penjualan.

3. Antar pesanan tepat pada waktunya

Untuk mendapatkan image bagus di mata konsumen, sudah seharusnya kamu meningkatkan kualitas pelayanan dari bisnis parcel yang dimiliki. Salah satunya dengan selalu tepat waktu ketika mengantarkan pesanan, baik dengan sistem COD ataupun lewat jasa kurir online.

Pastikan parsel yang dipesan oleh konsumen sesuai dengan pilihan dan dalam kondisi bagus. Dengan begitu, konsumen pasti akan langsung memberikan testimoni positif sehingga kamu bisa mengupdatenya di berbagai sosial media bisnis parcel yang dimiliki.

Nah, itulah ulasan menarik mengenai peluang bisnis parcel di Ramadhan 2020. Tertarik memulainya namun terhalang modal usaha? Enggak perlu khawatir! Kamu bisa memanfaatkan layanan pinjaman dana tunai dari CekAja.com dengan proses cepat, bunga rendah, dan cicilan ringan. Yuk, apply sekarang juga dan dapatkan beragam manfaat untuk bisnismu!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau