Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Wisata Kapal Pesiar, Siapkan 5 Hal Penting Ini

by Sindhi Aderianti on 25 Februari, 2019

Bila dulu kapal pesiar selalu identik dengan kaum jetset, sekarang imejnya justru berubah. Sudah banyak armada kapal pesiar yang kini menawarkan paket perjalanan lebih ramah di kantong semua kalangan. Jadi, siapapun bisa merasakan pengalaman baru ini!

Data dari Royal Caribbean Cruises menunjukan, minat untuk berlibur dengan kapal pesiar kian meningkat. Ada sekitar 13.300 wisatawan Indonesia yang hadir sebagai penumpangnya pada tahun 2016.

Jumlah tersebut bahkan bertambah lagi menjadi 46.500 wisatawan di tahun berikutnya. Sepintas, cruising mungkin tampak membosankan.

Ya, dengan perjalanan yang menghabiskan waktu selama beberapa hari, penumpang bakal lebih bayak menghabiskan waktu di kapal. Namun jangan salah, ada berbagai fasilitas ala resort bintang lima yang bisa kamu nikmati cuma-cuma selama dalam perjalanan.

Untuk jutaan rupiah yang kamu bayarkan kelak, juga sudah termasuk biaya makan di sejumlah restoran mewahnya. Kamu pun tidak perlu repot mencari hotel setiap kali berpindah kota atau negara. 

Tertarik untuk mencobanya? Siapkan 5 hal penting berikut sebelum merencanakan cruise trip yang tak terlupakan!

1. Tiket pesawat

Berhubung rata-rata kapal pesiar berangkat dari Singapura, artinya kamu perlu memesan tiket pesawat terlebih dahulu. Memang, sering kali tiket pesawat itulah yang membuat cruising terasa sangat mahal.

Kamu harus menambah budget minimal Rp 2 juta lagi untuk satu orangnya. Tapi, bukan traveler sejati kalau tidak bisa mengakali hal ini.

Cukup pilih maskapai yang lebih ‘bersahabat’ serta tanggal keberangkatan di low season, masalah pun teratasi. Sebisa mungkin, pilih flight pergi di tanggal yang sama dengan keberangkatan kapal pesiarmu.

Begitupun ketika pulang. Tujuannya, agar kamu tidak perlu menginap lagi di hotel.

(Baca juga: Cek! 5 Cara Liburan Hemat Saat High Season)
2. Passport

Dokumen penting seperti passport tentunya amat dibutuhkan untuk menempuh perjalanan ini. Oleh karenanya, cek lagi masa berlaku passport yang kamu miliki.

Kalau sudah mendekati expired, paling maksimalnya enam bulan, lekas-lekaslah perpanjang. Memperpanjang passport bisa kamu lakukan di kantor Imigrasi mana pun, walau tidak berdomisili pada lokasi serupa. 

Selain itu, kini ada service Antrian Paspor Online juga yang memudahkan setiap orang untuk mengambil nomor antrian dan menentukan sendiri jadwal wawancara/foto.

3. Beli paket cruise

Kini saatnya kamu menentukan kapal pesiar mana yang akan ditumpangi. Di kawasan Asia Tenggara, pilihan terfavorit sejauh ini masih jatuh pada dua armada, yakni Royal Caribbean Cruises dan Genting Dream Cruises.

Untuk seberapa besar tarifnya, semua tergantung musim, lama perjalanan, sampai tipe kamar yang diambil. Biaya paling rendah umumnya 100 dolar Singapura per malam.

Itu sudah termasuk penginapan, makan di 35 restoran, serta puluhan fasilitas menarik. Sementara untuk infant, hanya dikenakan biaya 25% dari jumlah keseluruhan.

Kamu bisa memesan paket perjalanan kapal pesiar ini langsung di website resmi mereka, atau melalui beberapa tour & travel agent.

(Baca juga: 5 Kebiasaan Para Miliarder Saat Liburan yang Bikin Mereka Tetap Kaya)
4. Siapkan uang tunai

Selanjutnya, kamu juga perlu mempersiapkan sejumlah uang tunai. Harus dalam mata uang dolar Singapura ya, karena hanya itu yang berlaku selama traveling di kapal persiar tersebut.

Uang tunai ini nantinya akan sangat dibutuhkan untuk membayar beberapa kepentingan seperti port charges, departure taxes, dan tipping/gratuities.

Jumlahnya beragam, maka siapkanlah setidaknya 200 SGD per orang. Sebab ketiga hal yang disebutkan tadi belum termasuk dalam tarif paket perjalanan.

5. Asuransi perjalanan

Beda dengan jalan-jalan pada umumnya, berlibur di kapal pesiar juga mewajibkan setiap penumpang untuk memiliki asuransi perjalanan. Traveling mengarungi lautan dinilai berisiko, itulah mengapa perlindungan jenis ini sangat diperlukan.

Bukan hanya sebagai upaya preventif saat tiba-tiba jatuh sakit, namun juga kemungkinan buruk lain seperti perlindungan bagasi, kompensasi reschedule akibat cuaca ekstrim, hingga kecelakaan kapal.

(Baca juga: 20 Tempat Wisata Keren yang Wajib Jadi Resolusi Liburanmu)
Pilihan Rute Kapal Pesiar

Layaknya berlibur ke suatu tempat, ada rute-rute tertentu yang ditawarkan oleh tiap perusahaan pelayaran. Durasi hari serta malamnya pun sudah ditentukan juga.

Seperti Genting Dream Cruise misalnya, pilihan rute dalam itinerary mereka meliputi:

  • 3D2N Singapura – Port Klang
  • 3D2N Singapura – Bintan
  • 4D3N Singapura – Penang – Phuket
  • 4D3N Singapura – Penang – Langkawi
  • 6D5N Singapura – Mcleod Island – Phuket
  • 6D5N Singapura – Penang – Phuket – Langkawi – Port Klang

Kemewahan kapal pesiar memang tak diragukan lagi. Memiliki panjang 335 meter dan lebar 40 meter serta 19 lantai, tak heran kalau penampakannya dari luar sudah terlihat begitu menawan.

Daya tampung moda transportasi ini mencapai 4000 lebih penumpang. Semakin besar, tentu kamu tak perlu khawatir ‘mabuk laut’. Sebab guncangannya tak akan terasa sedikitpun.

Jika dijabarkan kembali, fasilitas yang bisa kamu nikmati selama di kapal pesiar tak tanggung-tanggung banyaknya. Mulai dari kolam renang, bar, spa reflexology, flow rider, mini golf, bowling, ice skating, rock wall, gym, kasino, teater, dan masih banyak lagi.

Sejumlah kamar tidur super nyaman juga tersedia untuk dijadikan rumah sementaramu. Ada tipe inside, ocean view, balcony, balcony deluxe, palace suite, sampai palace suite deluxe.

Semakin penasaran ingin mecoba cruising? Rencanakan liburanmu dari sekarang. Jangan lupa, pesan asuransi perjalanannya nanti hanya di CekAja.com.

 

Widget TRV Insurance

 

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.