Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris

by Estrin Vanadianti Lestari on 9 January, 2020

Tidak hanya kaya akan budaya, Indonesia juga dikenal dengan kekayaan wisata kulinernya yang beragam. Dari 93 kota yang tersebar di seluruh Indonesia, masing-masing kota tentunya memiliki kuliner khas tersendiri, yang wajib dicicipi. Salah satunya adalah deretan wisata kuliner enak dan murah Kota Malang paling legendaris.

Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris

Terlebih, Kota Malang saat ini menjadi salah satu kota primadona para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Dihimpun dari laman Jawapos.com, setidaknya ada 4,8 juta wisatawan lokal serta 15.034 turis yang datang ke Kota Malang di tahun 2018, dan di tahun 2019, ditargetkan jumlah wisatawan naik sekitar 10%.

Bahkan, salah satu pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang mengatakan bahwa, wisata heritage dan kuliner menjadi destinasi paling diminati. Maka tak heran jika wisata kuliner enak dan murah Kota Malang, selalu menjadi incaran para wisatawan.

Selain itu, beberapa kuliner legendaris di Kota Malang juga masih turut dilestarikan. Hal tersebut dilakukan agar kuliner-kuliner legendaris tidak hilang digeser kuliner-kuliner hits yang kini viral di kalangan pecinta kuliner.

Akan tetapi, tidak ada salahnya bukan, sesekali melupakan jajanan hits yang saat ini sangat mudah ditemukan, seperti makanan kafe. Sehingga, kamu bisa sesekali beralih menyelami budaya lokal dengan cara menyantap kuliner asli Indonesia, sambil mengenang masa kecil, lewat wisata kuliner enak dan murah Kota Malang, paling legendaris berikut ini.

Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang

Penasaran bagaimana kelezatan deretan kuliner yang sudah ada sejak zaman dulu ini? Yuk intip beberapa rekomendasi wisata kuliner enak dan murah Kota Malang, yang nikmatnya abadi dan tak pernah tergantikan.

1. Tahu Lontong “Lonceng”
Tahu Lontong Lonceng - Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris
source: ksmtour.com

Wisata kuliner enak dan murah Kota Malang yang pertama adalah Tahu Lontong “Lonceng”. Dimana kuliner Malang ini sangat legendaris, yang sudah ada sejak tahun 1930-an. Memiliki cita rasa yang tetap sama dari zaman ke zaman, membuat pelanggan selalu merindukan akan kelezatannya.

Harga: Mulai dari Rp10 ribu per porsi
Lokasi: Jl. Martadinata, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.
Peta menuju lokasi: Google Maps Tahu Lontong “Lonceng”
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 20.00 WIB

2. Ketan Susu “Pos Ketan Legenda 1967”
Ketan Susu Pos Ketan Legenda 1967 - Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris
source: goodindonesianfood.com

Wisata kuliner enak dan murah Kota Malang selanjutnya adalah ketan susu dari Pos Ketan Legenda 1967. Kuliner yang bisa disantap dengan cita rasa manis atau gurih ini, memang selalu ramai pengunjung. Pasalnya, kedai yang sudah ada sejak tahun 1967 ini, selalu menjadi tempat nongkrong wajib, apalagi jika dinikmati pada malam hari yang dingin.

Jenis Menu: Ketan bubuk orisinal, ketan cokelat, hingga ketan durian.
Harga: Mulai Rp10 ribuan
Alamat: Jalan Kartini No.6, Ngaglik, Batu, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur 65311
Peta menuju lokasi: Google Maps Pos Ketan Legenda 1967
Jam Buka: 09.00-00.00 WIB

3. Es Teler Dempo No.7
Es Teler Dempo No.7 - Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris
source: instagram.com/ajakmakan

Selanjutnya ada Es Teler Dempo No.7 yang menjadi salah satu wisata kuliner enak dan murah Kota Malang. Berdiri sejak tahun 1978, warung es teler ini pertama kali dijual oleh pak Supandri, dengan harga hanya Rp350 rupiah per porsi.

Meski saat ini warung Es Teler Dempo No.7 telah dijalankan oleh generasi kedua, namun kelezatan dan rasanya tidak berubah dan tetap konsisten. Tidak hanya menjual es teler, warung ini juga menyediakan es mocca, es campur, es buah, es durian, dan kacang ijo.

Harga: Mulai Rp10 ribu per porsi
Alamat: Pujasera Dempo, Jl. Gede, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.
Peta menuju lokasi: Google Maps Es Teler Dempo No.7
Jam Buka: Setiap Hari, mulai pukul 09.00-16.00 WIB

4. Ronde Titoni
Ronde Titoni - Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris
source: travelingyuk.com

Berikutnya ada Ronde Titoni yang juga menjadi salah satu wisata kuliner enak dan murah Kota Malang, paling legendaris. Bukan sembarang ronde, pasalnya Ronde Titoni ini sudah ada sejak tahun 1948. Menjadi jajanan yang terus diburu, kuliner ini juga kaya akan rasa.

Pasalnya, Ronde Titoni tidak hanya menawarkan ronde dan angsle, karena kamu juga bisa mencoba ronde kering, yang terdiri dari bola-bola tepung beras yang dilumuri bumbu kacang. Selain itu, ada pula kacang kuah, dan roti goreng dan cakwe.

Harga: Mulai dari Rp8 ribu
Lokasi: Jl. Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang.
Peta menuju lokasi: Google Maps Ronde Titoni
Jam Buka: Senin-Sabtu, 18.00 hingga 00.00 WIB

5. Kupang Kraton Hj, Qomariyah
Kupang Kraton Hj, Qomariyah - Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris
source: tripzilla.id

Biasa ditemukan di daerah Kenjeran, Surabaya, lontong kupang legendaris, juga ada di deretan wisata kuliner enak dan murah Kota Malang. Kupang sendiri merupakan makanan seafood sejenis kerang atau tiram berukuran kecil, yang memiliki rasa gurih.

Tidak hanya itu, kuliner berkuah yang biasa disandingkan dengan lontong ini, juga bisa dijadikan sebagai penetralisir alergi untuk orang yang sensitif terhadap makanan seafood. Nah, Kupang Keraton Hj. Qomariyah merupakan salah satu warung kupang paling pertama, bahkan sudah ada sejak 1964.

Harga: Mulai dari Rp15 ribu
Lokasi: Jl. Dr. Cipto No. 12, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang
Peta menuju lokasi: Google Maps Kupang Kraton Hj. Qomariyah
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 hingga 21.00 WIB

6. Toko Kue Madjoe
Toko Kue Madjoe - Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris
source: travelingyuk.com

Berdiri sejak tahun 1930, toko kue Madjoe merupakan salah satu toko kue kering, yang disebut-sebut memiliki resep peninggalan dari Belanda. Nah, bisa dibayangkan bukan bagaimana kelezatan rasanya, sehingga kue ini sangat cocok sebagai camilan lebaran, atau sebagai oleh-oleh mudik.

Meski jenisnya kue kering, namun toko kue Madjoe juga masuk ke dalam daftar wisata kuliner enak dan murah Kota Malang lho. Bahkan, orang-orang Belanda zaman dulu sering memesan kue di toko Madjoe. Ada beragam jenis kue yang dijajakan di toko ini, mulai dari jan hagel, pindakoeken, kaasstengels, boterkoek, banket, ransis, almond cookies, dan buttercookies.

Lokasi: Jl. Pasar Besar No.30B, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang.
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 hingga 18.30 WIB
Peta menuju lokasi: Google Maps Toko Kue Madjoe

7. Toko Oen
Toko Oen - Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris
source: travelingyuk.com

Wisata kuliner enak dan murah Kota Malang selanjutnya adalah Toko Oen. Memiliki perabot dan desain interior ala Belanda, membuat siapa pun yang berkunjung ke sini akan merasakan suasana zaman dulu dan bernostalgia.

Berdiri sejak tahun 1930-an, menu andalan dari Toko Oen adalah es krimnya. Memiliki tekstur lembut dan tidak mudah leleh, es krim ini sangat nikmat dijadikan makanan penutup. Di sini juga tersedian makanan berat, seperti steak, sup, hingga masakan oriental.

Harga: Mulai dari Rp25 ribu (es krim)
Lokasi: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Klojen, Kota Malang
Peta Menuju lokasi: Google Maps Toko Oen
Jam Buka: Setiap hari, 9.00 hingga 21.30

8. Sate Gebug
Sate Gebug - Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris
source: netz.id

Wisata kuliner enak dan murah Kota Malang, yang tak kalah legendaris adalah sate Gebug. Dimana sate ini dibuat dari daging sapi yang digebug atau dipukul berkali-kali, lalu direndam dalam bumbu selama dua hari, yang selanjutnya ditusuk seperti sate.

Biasanya, sate Gebug bisa dinikmati bersama dengan nasi rawon, atau nasi sop. Untuk kamu yang sedang mencari makanan berat, mungkin sate Gebug bisa dijadikan rekomendasi yan tepat.

Harga: Rp25 ribu per tusuk sate
Lokasi: Jl. Jenderal Basuki Rahmat (Samping McDonald’s), Klojen, Kota Malang
Peta menuju lokasi: Google Maps Sate Gebug
Jam Buka: Setiap hari kecuali Jumat, 8.00 hingga 16.30

9. Bakpao Boldy
Bakpao Boldy - Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris
source: only1ivy.blogspot.com

Selain ketan susu, es teler dan ronde, bakpao Boldy juga bisa dijadikan pilihan wisata kuliner enak dan murah Kota Malang yang manis. Pertama kali dibuat pada tahun 1950, bakpao ini memilik banyak varian rasa isinya, yakni ayam cincang, ayam kecap, babi kecap, kacang hijau, hingga kacang tanah.

Harga: Mulai Rp9 ribu per biji (harga disesuaikan denagan isi)
Alamat: Jalan Mangun Sarkono No.25
Peta menuju lokasi: Google Maps Bakpao Boldy
Jam Buka: Setiap hari, 07.00-17.00 WIB

10. Rawon Brintik
Rawon Brintik - Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris
source: gpswisataindonesia.wordpress.com

Seperti yang kita tahu, bahwa rawon merupakan kuliner khas Jawa, dimana setiap daerah memiliki ciri khas rawon yang berbeda. Namun, untuk rawon di dereta wisata kuliner enak dan murah Kota Malang, ada Rawon Brintik.

Berdiri sejak 1942, Rawon Brintik yang saat ini berdiri ternyata sudah memasuki generasi yang keempat. Namun, rasa dan cara masaknya tetap konsisten, sehingga tidak mengubah rasa yang telah ada sejak dahulu.

Namun, ada yang berbeda dari Rwon Brintik dengn rawon pada umumnya, yakni terletak pada daging yang digunakan. Daging rawon di warung ini menggunakan daging bagian dalam, tulang muda, dan daging ulur. Bagaimana, penasaran dengan rasanya?

Harga: Rp27,500 untuk rawon
Lokasi: Jl. KH Ahmad Dahlan No.39, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang.
Peta menuju lokasi: Google Maps Rawon Brintik
Jam Buka: Setiap hari, 05.00 hingga 16.00 WIB

11. Bakso President Malang
Bakso President Malang - Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris
source: arifsetiawan.com

Seperti nama kota asalnya, bakso President Malang merupakan wisata kuliner enak dan murah, yang wajib dicoba. Menyajikan hidangan bako kuah dengan berbagai aneka pilihan topping seperti baso urat, pangsit, baso bakar, tahu, siomay, dan lain-lain, membuat bakso Malang ini sangat nikmat disajikan saat waktu makan siang.

Harga: Mulai Rp15 ribu-Rp31 ribu per porsi
Alamat: Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket. Kec. Klojen, Kota Malang
Peta menuju lokasi: Bakso President Malang
Jam buka: 08.00-21.30 WIB

Ingin jalan-jalan ke kota Malang dan membutuhkan asuransi kesehatan untuk proteksi diri dari segala hal yang tidak kita inginkan? Ajukan segera asuransi kesehatan hanya melalui situs toko finansial terbaik di Indonesia, yaitu situs CekAja! Ajukan melalui widget dibawah ini.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk