Kuliner Viral 2019: dari Boba Tea Sampai Siomay Mozarella

4 min. membaca Oleh Sindhi Aderianti on

Sama dengan fesyen atau gadget, tren kuliner pun silih berganti. Sepanjang tahun 2019, beragam jenis kuliner viral di media sosial. Beberapa diantaranya juga tercatat sebagai menu yang paling banyak di-order melalui aplikasi ojek online.

boba drink

Makanan dan minuman tersebut kebanyakan adalah menu lama dengan sedikit modifikasi unik, sehingga menciptakan cita rasa baru. Bahkan ada pula jenis kudapan yang sebenarnya telah lama muncul, tetapi justru lebih eksis sekarang.

Berikut CekAja ulas kaleidoskop 7 santapan terviral 2019. Mana favoritmu tahun ini?

1. Minuman boba

Minuman boba - Kuliner Viral 2019_ dari Boba Tea Sampai Siomay Mozarella

Minuman khas Taiwan ini sebenarnya memiliki konsep yang cukup sederhana. Hanya dari campuran teh atau susu, lalu ditambah boba sebagai topping. Boba termasuk minuman yang sudah lama muncul tepatnya di awal tahun 2000-an. Namun, semenjak beberapa merek dagang seperti Xing Fu Tang atau Tiger Sugar mulai memodifikasinya hingga lebih menarik disantap, boba kembali merajai pasar.

Fresh milk brown sugar boba dan milk tea brown sugar boba merupakan menu andalan dari hampir semua gerai minuman boba. Ada juga cheese brulee boba yang merupakan kolaborasi rasa antara susu, krim cheese, serta karamel.  Eksplorasi rasa tersebut pun disambut baik oleh masyarakat, bahkan hingga rela mengantri untuk bisa menyicipi minuman itu.

(Baca juga: Kuliner Sunda yang Go International dan Diakui Kelezatannya, Icip Yuk!)

2. Kopi susu aren

Kopi susu aren - Kuliner Viral 2019_ dari Boba Tea Sampai Siomay Mozarella

Demam kopi susu gula aren, mulanya dipelopori oleh Tuku pada tahun 2016. Tuku adalah coffee shop lokal milik pengusaha muda bernama Andanu Prasetyo. Kopi yang dikreasikan dengan susu dan gula berwarna cokelat tersebut memang memberi kenikmatan berbeda. Ada pahit espresso, gurihnya susu, serta manis gula aren yang bikin semua lidah selain pecinta kopi pun menyukainya.  Tak heran bila sejak itu, brand kopi susu lain bermunculan.

Mengulang kesuksesan di level berbeda, Kopi Kenangan menjadi startup kopi lokal yang berhasil mendapat kucuran dana miliaran rupiah dari investor. Lewat pendanaan tersebut, rencananya Kopi Kenangan bakal ekspansi besar-besaran dengan membuka 150 gerai baru sebelum akhir tahun.

3. Minuman berbagai rasa

Minuman berbagai rasa - Kuliner Viral 2019_ dari Boba Tea Sampai Siomay Mozarella

Selain boba dan kopi susu aren, minuman dengan berbagai rasa kekinian pun viral tahun ini. Pilihan rasanya banyak, mulai dari Thai tea, milo, greentea, ovaltine, taro, sampai oreo. Haus! menjadi gerai pelopor yang menawarkan minuman segar tersebut dengan harga belasan ribu saja. Sudah murah, ukurannya besar pula. Tak heran minuman ini bernasib baik karena amat laku di pasaran.

Melihat kesuksesan Haus! yang berhasil meraup omzet per bulan Rp150 juta – Rp200 juta, beberapa saingan pun latah bermunculan. Uniknya selain menjual produk serupa, para kompetitor ini juga memberi nama nyeleneh dan bermakna identik dengan kata ‘haus’, contohnya gerai minuman Teguk, Glekgek, atau Mynum.

4. Tahu kriuk

Tahu kriuk - Kuliner Viral 2019_ dari Boba Tea Sampai Siomay Mozarella

Tahu bukan hanya lauk yang enak disantap bersama nasi dan ayam goreng. Khusus makanan ringan, olahan kedelai ini juga bisa menjadi camilan favorit dan hits. Nah, tahu kriuk juga jadi kuliner yang viral tahun 2019.

Tahu kriuk yang dipelopori oleh Tahu Kriuk ‘Yes’ misalnya. Sepintas memang tampak seperti tahu biasa, bahkan tidak ada isi apapun. Namun, produk hasil kreasi Yesaya Suraya tersebut rupanya diolah dengan kremesan yang menghadirkan sensasi kriuk dan rasa gurih sempurna. Pada bagian luar terasa renyah, sementara bagian dalamnya masih terasa tekstur tahunya. Untuk menambah rasa pedas, makanan tersebut disajikan pula dengan cabe rawit segar. Penasaran sama kuliner viral satu ini?

5. All you can eat

All you can eat - Kuliner Viral 2019_ dari Boba Tea Sampai Siomay Mozarella

Konsep restoran makan sepuasnya pun kian menjadi primadona di Tanah Air, utamanya yang menyajikan menu shabu shabu atau grill khas Jepang. Harga yang dipatok memang terbilang mahal, bisa sampai Rp200.000-an per orang. Namun, pengunjung bisa makan apapun yang sudah disediakan di buffet seperti appetizer, lauk-pauk, sayuran, dessert, hingga minuman. Daging-dagingan untuk dibakar/rebus pun bebas untuk di-refill sampai waktu makan dinyatakan selesai.

Lantaran semakin digemari, Kulo Group, startup kuliner asli Indonesia ini pun membuka restoran all you can eat dengan range harga lebih terjangkau yakni mulai Rp99.000. Selain shabu shabu dan grill, masakan sunda juga ada yang mengambil konsep all you can eat. Bensunda, restoran milik artis Ruben Onsu ini salah satunya.

6. Salmon mentai

Salmon mentai - Kuliner Viral 2019 dari Boba Tea Sampai Siomay Mozarella

Makanan ini awalnya hits karena usaha kuliner online ‘by Anind’. Salmon mentai disajikan dengan nasi putih atau shirataki di layer paling dasar loyang. Kemudian baru dilapisi potongan daging salmon/kani segar, ditambah topping olahan saus mayonaise, serta taburan mentai itu sendiri yakni telur ikan berwarna merah. Cara memasaknya cukup dipanggang dalam beberapa menit, lalu torch lapisan teratasnya dengan alat flame gun agar matang sempurna.

Untuk satu porsinya, salmon mentai tersebut dibanderol harga Rp50.000.. Salmon yang digunakan biasanya berjenis trout dengan kandungan lebih banyak vitamin D dan asam lemak omega 3. Sementara itu di restoran Jepang sendiri, salmon mentai umumnya disajikan dalam bentuk sushi.

(Baca juga: Yuk, Mampir ke Tempat Wisata Kuliner Enak dan Murah di Kota Pasuruan)

7. Siomay mozzarella

Siomay mozzarella - Kuliner Viral 2019_ dari Boba Tea Sampai Siomay Mozarella

Terakhir ada siomay mozzarella yang juga merupakan kuliner viral di 2019. Siomay merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Biasanya, makanan tersebut disajikan dengan paket komplit berupa kol, kentang, tahu, dan telur rebus. Lalu disiram saus kacang yang menambah rasa nikmat.

Seperti yang kita tahu, belakangan mozzarella sudah banyak dijadikan topping beberapa hidangan yang sebenarnya tak umum. Mulai dari ayam geprek, sate taichan, sampai pempek. Siomay pun tak luput dari target kreasi ini. Bukan haya saus kacang yang menjadi topping, tetapi juga lelehan mozzarella. Rasanya? Cobain sendiri deh.

Nah, buat kamu yang doyan jajan, jangan lupa kantongi kartu kredit terbaik ya! Banyak promo kuliner yang menggiurkan! Ajukan kartu kredit secara online di CekAja.com!

Tentang kami

Sindhi Aderianti

Sindhi Aderianti Penulis yang kadang jadi pedagang