Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Wow, 5 Barang Koleksi Ini Lebih Mahal Dari Saham dan Emas!

by Miftahul Khoer on 3 Juli, 2019

Berbicara tentang investasi, selama ini kita tentu akan tertuju pada beberapa instrumen seperti saham, reksadana, obligasi, emas hingga properti. Padahal selain instrumen-instrumen tersebut masih ada aset lain yang bisa dijadikan investasi.

Beberapanya bahkan dari hobi koleksi barang-barang yang kita sukai. Tapi, tidak semua barang yang kita koleksi sudah tentu menjadi aset investasi. Berikut ini ada beberapa barang yang biasa dikoleksi tetapi kerap bernilai tinggi yang bisa dijadikan investasi. Yuk simak!.

Vinyl

Piringan hitam atau vinyl merupakan salah satu barang yang banyak dikoleksi oleh para pecinta musik. Bagi sebagian orang, mendengarkan musik di piringan hitam memiliki pengalaman yang sangat berbeda ketimbang mendengarkan dari medium lain seperti CD atau streaming.

Saat ini, seiring ramainya musik streaming hingga video-video di YouTube, kehadiran piringan hitam memang sudah sangat jarang. Tapi bagi kolektor tertentu, piringan hitam tak akan tergantikan.

Bahkan semakin jarang piringan hitam, maka akan semakin mahal juga harganya. Musisi Ari Lasso dalam sebuah wawancara dalam channel YouTube milik MC dan penyiar radio, Gofar Hilman mengatakan dirinya memiliki hampir 1.000 piringan hitam dari berbagai penyanyi.

Salah satu vinyl yang dikoleksinya adalah album Crisye – Badai Pasti Berlalu. Uniknya, vinyl yang dibelinya mencapai seharga puluhan juta dari almarhum istri Crisye langsung.

Padahal, pada saat rilis, album tersebut gak sampai seharga ratusan ribu. Ini artinya, semakin langka piringan hitam, semakin naik harganya.

(Baca juga: Unik, Koleksi Peralatan Olahraga Yuk!)
Lukisan

Kamu mungkin akan mengernyitkan dahi bagaimana sebuah lukisan bisa dihargai puluhan juta, ratusan juta bahkan miliaran? Mengapa banyak pelukis yang kerjaannya “cuma” menggambar bisa kaya raya hingga hartanya melimpah.

Ya, itu semua karena lukisan selain merupakan benda seni yang indah juga bisa dijadikan investasi. Kalau kamu hobi atau menyenangi lukisan, kamu bisa mulai mencari karya yang dihasilkan oleh seniman-seniman berbakat.

Kamu bisa cari lukisan di pameran atau di galeri seni yang menampilkan hasil karya pelukis-pelukis kesohor. Atau kamu juga bisa datang ke balai lelang lukisan yang kerap digelar terutama di Jakarta.

Semakin tua lukisan yang dihasilkan pelukis, semakin mahal harganya. Sebagai contoh, kamu berhasil membeli salah satu lukisan karya Affandi di balai lelang seharga Rp100 juta.

Maka beberapa tahun kemudian kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih dari saat kamu beli. Jangan khawatir, lukisan old master atau karya pelukis senior sudah pasti dicari oleh kolektor lukisan kok.

(Baca juga: Jam Tangan Mewah Jadi Investasi, Cek 5 Artis yang Koleksi!)
Perangko

Hobi memang aneh-aneh. Salah satu hobi yang cukup aneh tapi justru banyak digeluti orang-orang di dunia adalah koleksi perangko. Ya, semakin perangko yang dikoleksi jadul, semakin diburu oleh para kolektor dan tentunya harganya bisa selangit.

Di berbagai dunia, ada beberapa perangko yang punya harga ratusan juta hingga miliaran. Beberapa di antaranya adalah perangko The Penny Red, Inverted Jenny, hingga British Guiana 1 Cent Magenta. Tak tanggung-tanggung, harga perangko jadul ini mencapai miiaran. Bayangkan, seberapa kayanya orang yang memiliki perangko ini.

Action figure

Para kolektor action figure atau mainan berkarater yang sebagian besar tiruan superhero memang tak kenal usia. Mulai dari anak hingga dewasa, mulai dari orang biasa hingga kalangan selebriti, banyak yang mengoleksi action figure.

Harga action figure pun bermacam-macam mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Bahkan bisa sampai ratusan juta hingga miliaran jika action figure sudah sangat langka.

Salah satu selebriti yang pernah menghabiskan uang puluhan juta untuk membeli action figure adalah Zumi Zola. Selain Zola masih banyak para pecinta, kolektor hingga komunitas yang menjadikan koleksi action figure menjadi lahan mencari pundi-pundi rupiah.

Barang antik

Sudah menjadi rahasia umum bahwa barang antik selalu menjadi buruan para kolektor. Salah satu barang antik yang banyak diburu adalah mobil jadul.

Belum lama ini, politikus, pakar hukum seklaigus pengacara kondang Yusril Ihza Mahendra terkuak memiliki mobil antik merek Nissan President. Mobil ini pernah digunakan saat perhelatan KTT APEC di Bogor pada November 1994. Yusril lantas membelinya seharga Rp100 juta.

Tapi dia harus mengeluarkan koceknya hingga Rp200 juta untuk servis dan meng-upgrade mobil tersebut seiring spare partnya benar-benar sangat jarang. Tentu saja kalau dijual kembali, harga Nissan President yang pernah dinaiki para pejabat dunia itu baka bernilai tinggi.

Sebetulnya masih banyak barang koleksian yang bisa dijadikan investasi seperti uang kuno, tas mahal, piring atau keramik China hingga pernak-pernik atau aksesoris milik selebriti.

Yang jelas, jika kamu punya hobi yang berkaitan dengan barang, usahakan sebisa mungkin untuk merawatnya hingga menjadikan barang tersebut banyak dicari orang. Jika sudah berbondong-bondong orang nyari barang koleksian kamu, siap-siap deh kamu kaya mendadak. Berani mencoba?

Kalau kamu kesulitan uang tunai untuk membeli barang antik, jangan takut. Ajukan di CekAja.com dan temukan ragam produk keuangan yang cocok untuk kamu.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.