Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Unik, Koleksi Peralatan Olahraga Yuk!

by Teti Purwanti on 18 Juni, 2019

Membincang olahraga rasanya tak lengkap jika tidak menyinggung penggemarnya. Karena hidup dan matinya tim olahraga banyak dikontribusikan oleh penggemarnya.

Seperti yang terjadi pada salah satu tim sepakbola asal Sleman, PSS Sleman. Klub sepakbola yang lahir pada tahun 1976 silam itu sempat menggantungkan hidupnya dari penjualan merchandise tim kepada penggemarnya.

Bagi penggemar tim olahraga tertentu mengkoleksi baju pemainnya ataupun bola yang memiliki  tanda tangan pemain kesukaannya merupakan salah satu hal besar dalam hidup. Umumnya memang barang koleksi datang dari pernak-pernik klub sepakbola.

Tetapi ternyata ada juga jenis olahraga lain yang pernak-perniknya juga menjadi barang buruan untuk dikoleksi. Nah berikut merupakan beberapa peralatan olahraga yang bisa kamu koleksi meskipun kamu tidak menjadi salah satu penggemar olahraga tersebut.

Tetapi paling tidak, barang itu akan menjadi hiasan yang manis untuk disimpan di rumah kamu. Simak yuk!

1. Peralatan Baseball

Olah raga baseball tidak begitu banyak penggemarnya di Indonesia. Namun siapa sangka kalau peralatan olah raganya justru sangat digemari.

Dimulai dari baseball jersey, seragam olah raga ini bisa dibilang fashionable dengan biasanya dua warna yang mendominasi. Karena dua warna dan tidak banyak motif, jenis pakaian ini kelihatan simple dan bisa cocok digunakan bukan hanya untuk acara santai, namun kemana saja.

Selain itu, ada pula stik baseball yang biasanya terbuat dari aluminium. Pada film-film barat, stik ini biasa dibawa anak remaja untuk membela diri dan juga bertengkar.

Karena dibuat dengan alumuminum, tentu saja stik ini akan sakit kalau digunakan memukul yang tidak seharusnya. Bukan hanya stiknya, bola baseball juga amat digemari untuk dikoleksi.

Di negara-negara seperti Jepang dan Amerika Serikat yang lebih banyak penggemarnya, bola baseball yang ditandatangi oleh idolanya akan sangat berharga bagi penggemar pemain atau tim tertentu.

Namun, kalau pun hanya untuk sekadar koleksi, bola baseball tetap menarik untuk dipajang dengan bentuknya dan motifnya yang biasanya cerah dan terbuat dari kulit sintetis.

Jangan anggap enteng, bola baseball juga memiliki bobot yang lumayan yang lumayan sakit kalau sampai mengenai kita saat dilempar. Oleh karena itu, untuk stik dan bola, sebaiknya disimpan di tempat yang aman kalau memang dianggap sebagai barang koleksi.

Kalau sudah ada stik dan bolanya tentu kamu akan sangat keren kalau memiliki sarung tangan baseball atau baseball glove. Baseball glove biasanya terbuat dari kulit dengan jahitan yang kuat untuk menyimpan bantalan di dalamnya.

Kalau jersey bisa dipakai, bola dan stik bisa untuk membela diri, maka sarung tangan ini hanya bisa dipajang. Namun, kalau kamu sudah memiliki semua peralatan ini mungkin kamu akan tergugah untuk mempelajari olah raga tersebut.

(Baca juga: Pilihan Olahraga yang Bisa Dilakukan Sore dan Malam Hari)
2. Bola Rugby

Olah raga ini sangat tidak familiar di Indonesia, namun banyak orang yang memiliki bolanya untuk sekadar dikoleksi. Bentuknya yang unik, dan juga bahan kulit yang digunakan memang terlihat menarik untuk dipajang di sudut kamar.

Konon, bentuknya yang tepat sangat pas didalam pelukan. Hal itu bisa jadi benar karena bola ini memang dipertahankan di dalam pelukan agar pemain bisa memenangkan pertandingan.

3. Stik Hoki

Sama dengan bola rugby, olah raga hoki juga tidak populer, namun stiknya banyak dikoleksi karena bentuknya yang unik dan juga memiliki beragam warna dan motif.

Hal itu berlaku bukan hanya untuk hoki es namun juga hoki biasa. Meski paling terkenal di Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia, orang Indonesia juga sudah banyk mengoleksi stik hoki.

(Baca juga: 4 Jenis Uang Rupiah Ini Bakal Tak Laku, Mau Tukar atau Koleksi?)
4. Pedang Kendo

Selain olah raga yang berasal dari Eropa dan Amerika, olah raga dari Jepang juga memiliki peralatan yang tidak kalah menarik untuk dikoleksi. Salah satunya adalah pedang kendo, yang memiliki bentuk yang unik dengan pegangan yang mantab. Meski begitu, pedang ini harus dirawat khusus agar tidak berjamur.

Ada pula Bokken, pedang kayu ini juga mulai banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia dengan menjamurnya olah raga aikido. Bokken digunakan untuk latihan aikido sebagai pengganti katana. Meski terbuat dari kayu, pedang ini juga sakit kalau digunakan dengan cara yang benar.

Apakah ada yang menarik hati kamu untuk dikoleksi? Saat ini hobi dan barang yang dikoleksi sangat beragam, karena itu usahakan memiliki barang yang bisa kamu jaga dengan baik dan pahami bukan hanya sekadar mengikuti tren!

Memiliki barang koleksi memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Disaat kamu membutuhkan uang kas untuk membeli barang tersebut, jangan ragu ajukan KTA di CekAja.com.

Prosesnya mudah dan juga cepat. Jadi barang bidikan kamu bisa segera dimiliki.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.