Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Pilihan Olahraga yang Bisa Dilakukan Sore dan Malam Hari

by Teti Purwanti on 17 Juni, 2019

Selain mengonsumsi makanan sehat, olahraga menjadi kunci untuk hidup yang lebih sehat. Sayangnya, kamu mungkin tidak punya waktu karena seharian beraktivitas, ditambah lagi dengan macetnya jalanan perkotaan yang membuat kamu jadi kehilangan banyak waktu tanpa produktivitas yang berarti.

Namun, ternyata kalau selama ini kamu dianjurkan untuk berolahraga di pagi hari, ternyata banyak juga loh olahraga yang bisa kamu lakukan di malam hari. Agar kamu bisa tetap mendapatkan manfaatnya meski olahraga di waktu yang tidak lazim, berikut daftar olahraga yang bisa kamu lakukan di malam hari.

1. Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang sangat tepat dilakukan di malam hari. Selain membuat fisik lebih segar, yoga juga akan membuat pikiran dan juga badan menjadi rileks.

Apalagi kalau kamu sudah seharian bekerja, gerakan yoga yang tidak terlalu banyak membutuhkan tenaga besar tentu sangatlah tepat. Yoga bermanfaat untuk menghilangkan penat, melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur pun akan nyenyak.

Kalau kamu belum pernah mencoba yoga tapi ingin mulai melakukannya di rumah, saat ini sudah banyak loh tutorial melakukan yoga termasuk untuk malam hari yang bisa dicontoh di media sosial termasuk Youtube.

(Baca juga: Yuk Cek! Olahraga Apa yang Bisa Menurunkan Berat Badan?)
2. Fitness

Pilihan ini juga yang paling populer bagi masyarakat perkotaan. Ditambah lagi, banyaknya tempat fitness yang menjamur dan mudah ditemui. Belum lagi, paket-paket olahraga yang memudahkan, pada beberapa tahun terakhir fitness juga mulai naik daun di Indonesia.

Bukan hanya memberikan pilihan alat-alat olahraga, tempat fitness di Indonesia juga menyediakan kelas-kelas seperti Yoga, Zumba, bahkan pound fitness yang tengah menjamur. Dengan bergabung di tempat fitness apalagi dibantu dengan trainee, sangat mungkin kesehatan kamu terjaga bahkan di malam hari.

3. Tai Chi

Selain Yoga, tai chi yang juga melatih keseimbangan tubuh dan pikiran juga sangat dianjurkan untuk dilakukan di malam hari. Gerakan-gerakan yang dilakukan menyerupai aliran air yang tenang.

Itulah mengapa orang yang berlatih tai chi akan perlahan-lahan memasuki kondisi yang sangat rileks layaknya bermeditasi. Nah, jika olahraga ini dilakukan malam hari, tubuh akan merasakan manfaatnya, antara lain aliran darah ke otak lebih lancar, tidur lebih nyenyak, dan tubuh pun jadi lebih rileks.

Meski begitu, tai chi yang juga banyak dilakukan oleh lansia akan lebih maksimal bisa dilakukan di pagi hari dibantu dengan sinar matahari yang akan memaksimalkan gerakan-gerakan yang dilakukan.

4. Jalan kaki dan jogging

Tidak hanya pagi dan sore hari, jogging juga bisa dilakukan pada malam hari. Lari-lari kecil selama 10 sampai 15 menit bisa membantu pembakaran kalori dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, jogging di malam hari juga bisa membuat pikiranmu lebih tenang karena suasana yang lebih sepi dan tenang dibandingkan pagi atau sore hari.

Namun, kalau kamu sudah lelah usai seharian bekerja, jalan kaki pun bisa menjadi olahraga. Cukup berjalan di sekitar rumah secara konstan antara 10 hingga 30 menit di malam hari akan membantu menghilangkan depresi, membakar kalori, hingga sarana meditasi untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif sebelum tidur.

(Baca juga: Kenapa Pendinginan Setelah Olahraga Penting? Berikut Alasannya!)
5. Senam

Metabolisme tubuh akan lebih baik jika melakukan rutinitas yang tetap di malam hari. Oleh karena itu, olahraga di malam hari juga akan memberikan manfaat yang cukup.

Senam bisa menjadi olahraga pilihan yang dilakukan kapan saja dan dimana saja termasuk malam hari. Senam juga akan membantu melancarkan peredaran darah, untuk beberapa orang akan memilih beberapa jenis senam secara rinci, apalagi untuk mereka yang ingin mencapai berat badan tertentu.

Dari kelima olahraga tersebut mana yang paling cocok untuk kamu? Jangan lupa untuk melakukan pemanasana untuk meminimalisasi cidera. Oh ya, lindungi juga kesehatanmu dengan asuransi terbaik. Cek pilihannya di CekAja.com! Semoga makin sehat yah!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami