Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Yuk Cek, Apa Saja Manfaat Digital Onboarding?

by Tisyrin N. T on 19 September, 2018

Pernahkah Anda mendengar istilah digital onboarding di dunia keuangan? Apa sebenarnya manfaat digital onboarding? Simak yuk!

Digital onboarding adalah istilah yang kerap kali digunakan untuk pemasaran online. Dalam dunia perbankan, yang dimaksud digital onboarding yaitu proses pengajuan membuat rekening lewat website ataupun aplikasi ponsel. Artinya, semua proses pembukaan rekening tabungan akan dapat dilakukan secara digital mulai dari awal hingga menerima kartu ATM.

Beberapa bank di Indonesia telah mewujudkan hal tersebut, salah satunya Bank DBS Indonesia melalui Digibank. Hadirnya digital banking semacam itu menjadi solusi atas urusan perbankan yang cukup menyita waktu. Kini, segala hal menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan hanya dari genggaman tangan Anda.

Seperti dikutip dari situs resmi Bank DBS Indonesia, inilah manfaat hadirnya inovasi teknologi yang merambah dunia finansial dalam bentuk digital banking.

(Baca juga: 4 Kiat Optimalkan Asuransi Sepeda Motor Anda)

Meningkatkan mobilitas

Anda sering merasa kesulitan membagi waktu untuk menyelesaikan urusan perbankan? Anda harus mengirim sejumlah form dan menyerahkan berbagai dokumen. Belum lagi, Anda harus berhadapan dengan antrean panjang ketika telah sampai di bank. Hal-hal semacam itulah yang akan menguras waktu Anda.

Dengan adanya layanan bank secara digital, Anda pun tak harus lagi bersusah payah. Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur seperti transfer, cek saldo, hingga melakukan pembayaran hanya melalui genggaman tangan. Ya, hanya bermodalkan ponsel pintar saja.

Artinya, Anda tak harus lagi mengorbankan banyak waktu. Anda pun tetap bisa menikmati mobilitas dan kegiatan Anda sepenuhnya.

Menangkap berbagai kesempatan

Jika Anda senang berbelanja online, digital onboarding juga akan sangat membantu Anda. Adanya fitur transfer serta pembayaran online akan memudahkan Anda bertransaksi kapan saja dan di mana saja.

Misalnya ketika Anda menemukan barang incaran dengan harga ok tetapi hanya tersedia di waktu yang terbatas. Anda pun tak akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkannya hanya gara-gara kesulitan melakukan transaksi.

Bukan hanya itu, Anda tentu saja punya kesempatan untuk lebih menikmati hidup berkat adanya berbagai fitur yang membantu melakukan aneka transaksi.

(Baca juga: 5 Media Sosial dan Aplikasi Chatting yang Kini Tinggal Nama)

Ramah lingkungan

Adanya perubahan fitur perbankan menuju cara yang digital dapat dikatakan sebagai pilihan yang ramah lingkungan. Jika melakukan transaksi secara konvensional, tentu banyak sekali  berbagai dokumen fisik yang harus Anda sediakan. Ini tentu akan membutuhkan banyak kertas bukan?

Dengan sistem digital, berbagai data akan lebih aman tersimpan. Anda pun juga sekaligus telah melakukan upaya untuk menyelamatkan lingkungan karena mengurangi penggunaan kertas.

Mudah dan praktis

Terbayang bukan betapa mudah dan praktis jika Anda bisa melakukan berbagai transaksi perbankan dari genggaman tangan, termasuk membuat rekening?

Anda juga tak perlu khawatir akan adanya kerumitan dalam penggunaannya. Layanan digital banking telah disiapkan untuk segala usia. Jadi, berapa pun usia Anda, Anda akan mendapatkan pengalaman perbankan yang baik, mudah, cepat, dan tidak akan menganggu aktivitas. Nah, apakah Anda sudah siap?

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami