Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Yuk Mengenal Jenis Cashback!

by Teti Purwanti on 24 Mei, 2019

Saat jelang Lebaran seperti ini, pusat perbelanjaan dan juga e-commerce menawarkan bukan hanya diskon, namun juga cashback. Kalau kamu yang hobi belanja pasti tahukan apa itu cashback?

belanja di bulan ramadhan_kartu kredit - CekAja.com

Cashback kerap kali menjadi bagian dari promo sebuah produk tertentu. Sistem cashback bisa berupa pengembalian uang tunai atau uang virtual saat berbelanja dalam jumlah tertentu.

Salah satu strategi bisnis ini sering dibanding-bandingkan dengan diskon. Namun, kedua strategi bisnis ini memiliki aturan dan ketentuan yang berbeda.

Khusus untuk promo cashback, ada tiga jenis yang perlu kamu ketahui, sehingga lebih untung saat berbelanja. Simak rinciannya!

1. Cashback toko online

Jenis ini pasti sudah dekat dengan kamu yang suka berbelanja berbasis online. Program cashback toko online hanya dikeluarkan oleh toko tersebut.

Dalam program ini, sebagai pembeli, kamu akan mendapat sejumlah uang pengembalian apabila melakukan transaksi dalam jumlah tertentu. Meski begitu, pengembalian uang yang dimaksud biasanya bukan berupa pengembalian uang tunai secara langsung, melainkan uang virtual atau deposit yang bisa dipakai pada transaksi berikutnya.

Jadi, saat kamu dapat cashback Rp50 ribu pada pembelian pertama, di pembelian kedua kamu akan mendapat potongan harga sejumlah Rp50 ribu.

Biasanya toko online atau e-commerce sudah memiliki dompet digital atau kerja sama dengan dompet digital tertentu.

(Baca juga: Belanja Bulanan Tanpa Tekor, Pakai Cara Ini!)
2. Cashback kartu kredit

Untuk para pengguna kartu kredit, biasanya pengumuman adanya cashback akan diberitahukan melalui email atau pesan singkat. Program promosi jenis ini sebenarnya hanya dikeluarkan oleh pihak yang mengeluarkan kartu kredit untuk para nasabahnya.

Dalam program ini, sebagai pengguna kartu kredit, kamu akan mendapat sejumlah uang pengembalian apabila melakukan transaksi dalam jumlah tertentu.

Selain dapat berupa pengembalian uang, cashback kartu kredit juga bisa berupa potongan harga dari transaksi pembelanjaan. Mengenai besaran uang atau harga yang dikurangi, setiap bank pasti akan mengeluarkan kebijakan yang berbeda.

Tetapi jelas, semakin besar transaksi yang kamu lakukan, cashback yang akan kamu terima juga semakin besar. Keuntungan lain yang akan kamu dapat dari program ini adalah cashback kartu kredit dapat diakumulasikan sehingga kamu bisa menggunakannya untuk belanja atau membayar iuran kartu kredit di bulan selanjutnya.

Saat ini, bahkan ada beberapa bank yang sengaja mengeluarkan kartu kredit khusus untuk memberikan cashback. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Bagaimana pun, promo cashback kartu kredit bisa jadi salah satu daya tarik bagi calon konsumen. Sebagai pengguna, kamu hanya perlu pintar memilih bank penerbit yang memberikan cashback kartu kredit dengan ketentuan yang tidak terlalu ribet. Pilih juga bank yang mengandeng merchant-merchant menarik sebagai partner.

3. Cashback properti

Jenis cashback ini biasanya diprogram oleh pengembang atau developer tertentu untuk menarik minat konsumen. Biasanya cashback juga akan diberikan kepada setiap jenis properti yang terjual baik, rumah, apartemen, dan juga ruko.

Karena transasksi properti biasanya melibatkan dana yang cukup besar, cashback yang diberikan pun biasanya berupa barang pelengkap yang biasa diperlukan sebuah kamar, rumah, atau apartemen.

Misalnya, lemari es atau AC. Bahkan, beberapa pengembang berani memberikan cashback dalam bentuk yang lebih besar, seperti motor atau mobil.

(Baca juga: 5 Tips Hemat Belanja Bahan Pokok)
Diskon tetap lebih menarik

Masyarakat Indonesia memang pecinta promo, namun ternyata dibandingkan promo cashback, orang Indonesia lebih cinta diskon karena dianggap lebih mudah, tanpa ribet.

Apalagi diskon sudah melakukan pemotongan di awal sehingga lebih terasa mudahnya dibandingkan cashback yang harus dibayar dahulu baru dikembalikan.

Ditambah lagi, biasanya promo diskon memiliki syarat yang lebih mudah dibandingkan dengan promo cashback yang biasanya agak sedikit lebih ribet.

Kalau kamu tim diskon atau tim cashback? Meski begitu, cobalah untuk mencari rincian promo terbaik dalam musim belanja seperti ini agar kamu tidak merasa dirugikan. Selamat belanja.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.