Paylater: Definisi, Keuntungan, Kerugian, Cara Mengajukan, serta Daftar Aplikasinya

Saat ini tersedia banyak sekali metode pembayaran untuk memudahkan konsumen dalam bertransaksi, salah satunya adalah paylater. Sebenarnya, apa itu Paylater? Apa saja keuntungan dan kerugiannya? Bagaimana cara mengajukannya? Dan, Apa saja aplikasi paylater? Yuk simak dibawah!

Oleh CekAja

Paylater merupakan fitur transaksi digital yang kian populer dan banyak dibicarakan saat ini. Namun, masih banyak masyarakat yang belum tahu betul sistem dan cara kerja fitur ini.

Dinilai lebih praktis, penggunaan Paylater kini dinilai dapat menggantikan posisi kartu kredit. Cara pengajuannya pun mudah, hanya dengan ponsel dan kartu identitas kamu sudah bisa mendaftarkannya.

Apa Itu Paylater?

Istilah “Paylater” berasal dari kata “Pay” yang artinya bayar dan “Later” yang artinya nanti. Jadi, Paylater adalah fitur transaksi untuk mencicil atau menunda pembayaran yang pelunasannya dilakukan sesuai dengan tenggat waktu yang telah kamu pilih.

Jadi, perusahaan digital yang bersangkutan akan menalangi pembayaran mu terlebih dahulu saat kamu membeli produk.

Kemudian, kamu akan membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo pada bulan selanjutnya. Kamu juga dapat mengatur jangka waktu pembayaran, yang disesuaikan dengan tenor yang kamu pilih.

Paylater memang sekilas serupa dengan kartu kredit. Namun begitu, proses pengajuan dan pembayaran Paylater lebih mudah, apalagi jika kamu sering berbelanja di platform e-commerce.

Keuntungan dan Kerugian dari Paylater

Sebelum memutuskan untuk menggunakan paylater, tidak ada salahnya untuk mengetahui keuntungan dan kerugian paylater.

Keuntungan Menggunakan Paylater

1. Persyaratan Mudah

Biaya layanan kredit biasanya mengharuskan kita sebagai pengguna melengkapi beberapa persyaratan seperti slip gaji, pendapatan, tanggungan, dan berbagai persyaratan lainnya.
Berbeda dengan kartu kredit dan layanan kredit lainnya, paylater hanya membutuhkan syarat kartu identitas saja untuk pendaftarannya.

2. Masa Pembayaran Fleksibel

Paylater menyediakan banyaknya pilihan masa tenor yang fleksibel, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan dalam memilih masa pembayaran untuk melunasinya.

Pastikan kamu memilih masa tenor yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Agar tidak paylater-mu tidak diblok di kemudian hari

3. Dapat Digunakan dalam Berbagai Transaksi

Kamu dapat menggunakan paylater untuk membayar keperluan harian, apalagi jika kamu sering menggunakan aplikasi e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, BliBli, dan lain sebagainya.

Kebutuhan yang bisa bayar menggunakan paylater meliputi makanan, tagihan listrik, transportasi dan belanja bulanan, dan lain-lain.

4. Terdapat Banyak Promo Menarik

Karena masih terbilang baru, maka banyak sekali penyedia layanan Paylater yang memberikan promo dan diskon menarik.

Promo yang disediakan bisa berupa cashback, diskon, hingga hadiah menarik yang bisa kamu manfaatkan. Namun tetap di control ya, jangan karena promo jadi kalap belanja!

Kerugian Menggunakan Paylater

1. Menjadi Boros dan Konsumtif

Kemudahan paylater akan membuat kamu akan lebih sering boros. Kamu mungkin tidak akan sadar saat belanja paylater, karena tidak akan mengurangi tabunganmu saat itu, hal ini tentunya akan membuatmu lebih konsumtif.

2. Tagihan Pembayaran yang Membengkak

Hal ini bisa terjadi ketika kamu tidak mengontrol diri dan terlalu sering belanja. Akibatnya, kamu akan mengalami tagihan yang membengkak saat jatuh tempo pembayaran.

3. Keamanan

Sistem Paylater mengharuskan kamu untuk melakukan registrasi dengan mendaftarkan identitas pribadi, yang tak jarang keamanan datanya sering mengalami kebocoran.
Agar lebih aman, pastikan platform Paylater yang kamu gunakan sudah berada dibawah pengawasan OJK, agar transaksi yang dilakukan tetap aman!

Cara Daftar Paylater

Mendaftar Paylater itu simpel dan mudah, kamu cukup ikuti Langkah-langkah berikut ini:

• Buka aplikasi Paylater yang kamu pilih
• Pilih fitur aktifkan atau daftar Paylater
• Isi informasi dan upload dokumen yang dibutuhkan
• Tunggu konfirmasi pengajuan kamu di approve selama beberapa saat
• Setelah selesai kamu sudah bisa menggunakan metode paylater untuk berbelanja

Cara Membayar Paylater

Perlu diperhatikan, kamu perlu melunasi tagihan Paylater-mu sebelum tenor yang ditentukan, agar tidak menanggung denda. Berikut Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

• Buka aplikasi paylater tempat kamu melakukan transaksi
• Lihat jumlah tagihan
• Pilih fitur bayar dan metode pembayaran yang diinginkan
• Masukkan jumlah tagihan
• Tunggu konfirmasi bahwa pembayaran anda telah berhasil

Daftar Aplikasi Paylater

Lantas apa saja aplikasi yang menyediakan fitur paylater pada pembayarannya? Berikut daftar Paylater yang ada di Indonesia.

Shopee PayLater

• Traveloka PayLater

• Kredivo

• Indodana

• JULO

• GoPayLater

• Akulaku

• Atome

• Home Credit

• Jenius Paylater

Jadi tunggu apalagi? Buat transaksi semakin mudah dengan mendaftarkan Paylater sekarang juga melalui CekAja.com!