Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Apakah Mungkin Hidup Bisa Lebih Bahagia Tanpa Banyak Uang?

by Rafly Aditia on 20 September, 2016

Menjalani hidup yang bahagia bukan selalu tentang uang banyak, kok. Memang pada dasarnya uang dan kekayaan merupakan faktor penting yang bisa membuat hidup seseorang jadi lebih bahagia.

Contohnya, tanpa uang kita tidak bisa membeli rumah yang kita idamkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Stirling, Skotlandia, ditemukan fakta bahwa tingginya pendapatan seseorang tidak sekaligus meningkatkan kepuasan hidupnya. Mau hidup bahagia tanpa banyak uang? berikut 5 hal yang perlu kamu lakukan:

Rajin berolahraga dan tetap sehat

Kalau uang yang kamu miliki banyak tetapi rutin sakit, maka kebahagiaan cuma kata semu saja. Untuk itu, sebaiknya kamu rajin berolahraga dan menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit.

Banyak orang kaya harus menghabiskan sebagian besar uang dan harta miliknya untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit. Apalagi kalau tidak punya asuransi kesehatan, orang kaya sekalipun bisa bangkrut karena harus membiayai perawatan rumah sakit sendiri. (Baca juga: 20 Makanan yang Membuat Otak Makin Cerdas Berhitung)

Jangan lupakan hobimu

Berhentilah hidup dalam rutinitas dan beranilah berkreasi. Menjalani sesuatu yang sesuai dengan passion atau hobi merupakan sumber kebahagiaan selain uang. Tidak sedikit orang yang memiliki uang banyak tetapi tak bisa menikmati kehidupannya. Alasannya berbagai macam, salah satunya adalah karena tidak bisa menjalani hobi yang sebenarnya jadi sumber kebahagiaan.

Jangan keseringan lembur

Mengapa kamu bahagia kalau tidak sering lembur? Simpel saja, dengan pulang ke rumah tepat waktu maka kamu bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk merasakan kehangatan dan kasih sayang keluarga.

Banyak penelitian menyimpulkan, salah satu kunci kebahagian dalam hidup adalah hubungan dengan keluarga. Kalau hubungan dengan keluarga semakin harmonis, maka semakin bahagia pula hidup seseorang.

Jadi tour guide

Bagi kamu yang belum menyadari bahwa liburan itu penting, sepertinya kamu perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk menenangkan dari dan berlibur. Dr Jeroen Nawjin membuktikan bahwa traveling dapat membuat hidup seseorang lebih bahagia.

Tetapi kalau tidak punya uang apa masih bisa pergi berlibur ke sana-sini? Bisa banget kok, kamu bisa menjadi tour guide alias pemandu wisata. Dengan menjadi pemandu wisata kamu bisa jalan-jalan gratis bahkan bisa menghasilkan uang. (Baca juga: Ini Caranya Agar Cicilan Utangmu Makin Ringan)

Bersyukur atas apa yang kamu miliki

Poin terakhir ini memang klise. Tetapi lewat poin ini kamu akan menyadari betapa beruntungnya dirimu. Ingat, kekayaan bukan hanya dihitung dari banyaknya uang yang kamu miliki saja. Meski Hidup sederhana, bila tanpa utang, kamu bisa mendapatkan hidup yang lebih bahagia.

Butuh kartu kredit yang berikan tiket pesawat dan voucher hotel gratis? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.