10 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami yang Efektif dan Mudah Dilakukan Di Rumah

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Beberapa di antara kamu yang memiliki rambut keriting, pasti ada yang mencari tahu bagaimana cara meluruskan rambut secara alami yang efektif dan aman dilakukan. Padahal, cara yang bisa dilakukan ada sangat banyak, mulai dari menyisir rambut sampai kering, hingga menggunakan beberapa jenis masker rambut organik.

Nah dari banyaknya cara meluruskan rambut secara alami tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan merangkum beberapa di antaranya, dan akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

1. Sisir rambut sampai kering

Cara meluruskan rambut secara alami yang pertama, yaitu dengan menyisirnya sampai kering.

Cara yang satu ini bisa dikatakan sebagai cara paling mudah, karena kamu hanya perlu menyisir rambut, sesaat setelah selesai dicuci hingga kering. Adapun langkah-langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  • Sesaat setelah selesai mencuci rambut, diamkan dahulu sejenak sampai rambut benar-benar kering dengan sendirinya, namun sembari disisir setiap lima menit sekali
  • Setelah itu, tarik dan pegang setiap bagian rambut selama beberapa detik, agar rambut bisa lurus secara alami
  • Untuk mempercepat proses pengeringan rambut, kamu juga bisa menggunakan kipas angin. Hanya saja, kamu perlu menyisir rambut lebih sering dari yang seharusnya.

2. Mengeringkannya dengan kipas angin

Pada pembahasan sebelumnya telah disinggung, kalau cara meluruskan rambut secara alami juga bisa dilakukan menggunakan kipas angin.

Namun, proses penyisiran rambut yang dilakukan harus lebih konstan dari yang seharusnya. Karena, hal itu berguna untuk mencegah risiko rambut kusut dan lain sebagainya yang tidak diinginkan.

Jika kamu ingin mengeringkan dan meluruskan rambut dengan kipas angin, sebaiknya kamu melakukannya ketika rambut dalam keadaan lembap setelah keramas.

Tetapi kamu juga perlu mengetahui, kalau proses pengeringan rambut dengan kipas angin ini tidak boleh dilakukan begitu saja.

Sebab, rambut harus dilindungi terlebih dahulu dengan kondisioner atau serum khusus rambut, guna menutrisi rambut, mencegah rambut kusut saat dikeringkan, serta memberikan hasil rambut yang lurus berkilau.

(Baca Juga: Cara Merawat Rambut Berminyak)

3. Memakai roller plastik

Siapa di antara kamu yang tidak tahu roller plastik? Pada dasarnya, ini merupakan alat yang digunakan untuk mengeritingkan rambut, atau membuat rambut jadi bergelombang.

Namun ternyata, alat ini juga bisa digunakan untuk meluruskan rambut, loh! Hanya saja, roller plastik yang biasa digunakan untuk meluruskan rambut adalah roller plastik yang ukuran jumbo.

Cara pakai roller plastik untuk meluruskan rambut pun sangat mudah, karena kamu hanya perlu menyisir rambut sampai tidak kusut dan membaginya menjadi beberapa bagian.

Kemudian, putar salah satu bagian rambut secara berlawanan dengan arah jatuhnya rambut, lalu jepit rambut hingga kencang, kuat dan bisa dipastikan tidak bergeser.

Langkah tersebut bisa kamu ulangi hingga semua rambut berhasil tergulung. Setelah itu, kamu bisa mendiamkan rambut dalam posisi begitu saja selama beberapa waktu, atau setidaknya 2 jam.

4. Menggunakan pembungkus rambut khusus

Selain tiga cara di atas, kamu juga bisa menggunakan pembungkus rambut khusus, untuk meluruskan rambut.

Mungkin cara meluruskan rambut secara alami yang satu ini terdengar aneh, namun ini menjadi salah satu cara efektif yang bisa kamu coba.

Untuk bisa melakukan cara ini, kamu memerlukan beberapa penjepit rambut ukuran panjang, yang nantinya akan digunakan untuk menjepit rambut, agar diam di posisi yang sudah ditentukan.

Cara yang harus dilakukan dalam menggunakan pembungkus rambut khusus pun, sama dengan cara meluruskan rambut dengan roller plastik.

Namun, yang membedakannya yaitu pada tahap akhir menggulung rambut. Yang mana, kamu perlu membungkus kepala yang penuh dengan gulungan rambut menggunakan turban atau kain satin, lalu biarkan semalaman.

5. Menggunakan tepung beras dan telur

Di urutan kelima, kamu juga bisa meluruskan rambut menggunakan tepung beras dan telur. Cara meluruskan rambut secara alami yang satu ini juga bisa dikatakan efektif, karena bisa membuat rambutmu lurus lebih lama.

Untuk menggunakan cara yang satu ini, kamu perlu melakukan beberapa langkah, seperti:

  • Memisahkan satu butir putih telur dan mencampurkannya dengan lima sendok tepung beras ke dalam wadah
  • Setelah itu, aduk campuran bahan tersebut hingga rata dan mengental
  • Jika sudah, aplikasikan masker rambut organik tersebut ke seluruh bagian rambut secara merata
  • Pijat kepala dengan gerakan memutar, selama kurang lebih dua sampai tiga menit
  • Setelah itu, diamkan sejenak masker rambut selama satu jam
  • Jika sudah, bilas rambut menggunakan air hangat dan sampo hingga bersih
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan rangkaian perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

6. Menggunakan cuka dan air

Tahukah kamu, kalau ternyata cuka dan air juga menjadi bahan yang bisa digunakan untuk meluruskan rambut secara alami.

Bagaimana tidak, pasalnya kandungan yang dimiliki kedua bahan tersebut tidak terlalu keras, dan mampu membuat rambut tampak lebih sehat dan berkilau.

Jika ingin menggunakan cara meluruskan rambut secara alami yang satu ini, kamu bisa melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Siapkan semua bahan yang dibutuhkan
  • Campurkan empat tetes cuka dengan satu gelas air, lalu aduk hingga tercampur rata
  • Setelah itu, oleskan masker rambut organik tersebut ke batang rambut secukupnya, jangan terlalu banyak dan terlalu tipis
  • Jika sudah, diamkan masker rambut sejenak, setidaknya selama 10 – 15 menit
  • Selanjutnya, bilas rambut dengan air mengalir dan sampo hingga bersih.

7. Menggunakan lidah buaya

Rasanya, cara meluruskan rambut secara alami yang satu ini sudah sangat populer. Dan karena kepopulerannya, car aini sudah banyak digunakan oleh hampir seluruh masyarakat dunia.

Ya, lidah buaya merupakan salah satu cara meluruskan rambut secara alami yang tidak hanya populer, tetapi juga sudah terbukti efektivitasnya.

Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk meluruskan rambut. Namun bagi kamu yang belum tahu, di bawah ini CekAja.com akan memberikan langkah-langkah yang perlu dilakukan, seperti:

  • Mengambil satu batang lidah buaya, belah tengah menjadi dua bagian, lalu ambil gel-nya
  • Masukkan gel tersebut ke dalam wadah, lalu rebus hingga gel mencair
  • Jika gel tersebut sudah berubah tekstur menjadi cair, maka kamu bisa mendiamkannya sejenak hingga cairan lidah buaya tersebut dingin
  • Setelah itu, kamu bisa mengoleskannya ke seluruh batang rambut dan diamkan selama 30 menit
  • Jika sudah, selanjutnya bilas rambut dengan air mengalir dan sampo hingga bersih.

8. Menggunakan seledri

Meski seledri merupakan salah satu bahan masakan, namun ternyata seledri juga bisa digunakan sebagai bahan untuk meluruskan rambut secara alami, khususnya untuk rambut keriting panjang.

Cara meluruskan rambut secara alami yang satu ini bisa dilakukan, dengan mengikuti beberapa langkah sebagai berikut.

  • Siapkan seledri secukupnya, lalu blender dengan sedikit air hingga halus
  • Setelah jadi, oleskan jus seledri ke seluruh batang rambut, lalu tutup kepala dengan shower cap
  • Jika sudah, diamkan selama satu malam
  • Keesokan harinya, bilas rambut dengan air hangat dan sampo hingga bersih.

9. Menggunakan minyak kedelai dan minyak jarak

Selain menggunakan seledri dan tujuh cara lainnya, kamu juga bisa menggunakan campuran minyak kedelai dan minyak jarak.

Ini bisa dikatakan sebagai cara meluruskan rambut secara alami yang patut dicoba, karena minyak kedelai yang dicampur dengan minyak kelapa, merupakan perpaduan yang sempurna.

Jika ingin mencoba cara meluruskan rambut secara alami yang satu ini, kamu perlu menyiapkan dua jenis minyak tersebut dan melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Campurkan 1 sdm minyak kedelai dan 2 sdm minyak jarak ke dalam wadah
  • Panaskan sebentar campuran minyak tersebut
  • Jika sudah, diamkan hingga minyak kembali dingin
  • Setelah itu, oleskan minyak ke setiap helai rambut, termasuk kulit kepala sembari dipijat secara perlahan
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bilas rambut dengan air hangat dan sampo hingga bersih.

10. Menggunakan telur dan yogurt

Rekomendasi cara meluruskan rambut secara alami yang bisa kamu lakukan terakhir, yaitu dengan menggunakan telur dan yogurt.

Pasalnya, perpaduan telur dan yogurt dapat membuat rambut menjadi lebih lemas dan lembut. Jika penasaran ingin mencoba, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini!

  • Campurkan tiga butir putih telur dengan tiga cangkir yogurt tawar ke dalam wadah, lalu aduk hingga tercampur rata dan memiliki tekstur seperti pasta
  • Setelah itu, aplikasikan masker telur dan yogurt ke seluruh bagian rambut dan tutup pakai handuk hangat
  • Jika sudah, tunggu dan diamkan sampai handuk berubah menjadi dingin
  • Setelah handuk dingin, selanjutnya bilas rambut dengan air mengalir dan sampo hingga bersih
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

(Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Rambut Rontok)

Itulah beberapa cara meluruskan rambut secara alami yang bisa kamu coba. Semua cara tersebut tentunya aman dilakukan sendiri di rumah.

Jika ingin mencoba, kamu bisa membeli semua bahan-bahan yang dibutuhkan di supermarket atau e-commerce.

Agar lebih praktis dan hemat, kamu juga bisa membelinya menggunakan kartu kredit. Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo belanja menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Untuk itu, buat kamu yang ingin mendapatkan promo tersebut namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga dan dapatkan segudang promo menariknya.

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani