8 Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan Alami

8 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Cara mengatasi rambut rontok sepertinya perlu diketahui oleh setiap orang. Sebab, rambut rontok itu sendiri seringkali menjadi permasalahan yang cukup lumrah, terutama bagi para wanita.

Walaupun hampir dialami oleh semua orang tanpa terkecuali, terdapat beberapa kasus ketika kerontokan rambut justru semakin parah dari hari ke hari, yang membuat penderitanya menjadi mulai khawatir karena rambutnya yang kian menipis.

(Baca Juga: 8 Cara Merawat Rambut Berminyak)

Nah, beruntungnya, saat ini sudah banyak sekali cara mengatasi rambut rontok yang bisa dijadikan sebagai solusi, agar kerontokan rambut tidak semakin parah. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama-sama!

Penyebab Rambut Rontok

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang cara mengatasi rambut rontok, kita juga sepertinya perlu mengetahui tentang hal-hal yang bisa menyebabkan kerontokan rambut itu sendiri, guna memungkinkan kita untuk lebih mudah mengatasinya dan mencegah agar masalah rambut satu ini tidak semakin parah.

Dilansir dari situs hellosehat.com, berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut rontok, yaitu adalah:

  • Stress

Hal pertama yang paling sering menjadi penyebab terjadinya rambut rontok adalah stress, yang umumnya diakibatkan oleh stress jangka panjang, seperti stress setelah melahirkan, akibat kecelakaan, trauma, dan masih banyak lagi.

Bahkan stres secara emosional seperti perceraian dan kematian orang yang dicintai pun juga bisa menjadi salah satu pemicu kerontokan rambut yang parah lho.

Jadi, jika kamu saat ini tengah mengalami rambut rontok yang lebih dirasa lebih parah dari sebelumnya, coba pikirkanlah hal apa saja yang mungkin tanpa sadar membuat kamu stress akhir-akhir ini.

  • Anemia

Penyebab kerontokan rambut selanjutnya adalah karena menderita anemia. Anemia itu sendiri merupakan sebuah kondisi berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah.

Sementara itu, hemoglobin (Hb) adalah suatu senyawa protein pembawa oksigen di dalam sel darah merah.

Salah satu penyebab anemia adalah karena tubuh kekurangan zat besi, yang merupakan salah satu penyebab rambut rontok.

Oleh karena itu, apabila kamu sering mengalami anemia, maka salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging, kacang kedelai, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam.

  • Riwayat Keluarga

Mungkin ini merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut yang paling tidak bisa dihindari, yaitu adanya riwayat keluarga.

Apabila terdapat anggota keluargamu yang mengalami kerontokan, maka besar kemungkinannya kamu juga mengalami kerontokan.

Selain itu, faktor usia juga bisa menjadi pemicu rambut rontok yang tak bisa dicegah. Semakin bertambah usia, bisa saja akan semakin banyak rambut yang hilang.

  • Gaya Rambut

Penyebab kerontokan rambut yang terakhir adalah akibat terlalu sering mengganti gaya rambut dan mencoba perawatan rambut yang berbeda.

Apalagi jika kamu justru mencoba gaya rambut yang terbilang ekstrem, seperti dikepang ketat, atau seringnya menggunakan perawatan rambut yang mengandung bahan kimia kerat atau panas tinggi.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi rambut rontok dalam hal ini adalah kamu bisa menggunakan kondisioner setiap habis keramas.

Selain itu, cobalah sesekali membiarkan rambut yang basah untuk mengering secara alami, sebelum kamu mulai menggunakan produk dengan panas tinggi, seperti pelurus dan pengeriting rambut.

Cara mengatasi Rambut Rontok

Nah, setelah kita membahas tentang beberapa penyebab rambut rontok, barulah sekarang kita membahas tentang cara mengatasi rambut rontok itu sendiri.

Walaupun saat ini sudah banyak produk yang mengklaim dapat mengatasi kerontokan rambut, namun bagi sebagian orang hal ini justru lebih berisiko.

Sebab, apabila produk yang kita beli tidak cocok dengan rambut, maka besar kemungkinannya permasalahan rambut akan jauh lebih parah.

Maka dari itu, cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan alami bisa dijadikan sebagai salah satu cara yang tepat.

Dilansir dari sejumlah sumber terpercaya, berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami, yaitu adalah:

1. Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Bahan alami satu ini memang sudah tidak asing khasiatnya di dunia kecantikan.

Bahkan, begitu bermanfaatnya, membuat lidah buaya seringkali digunakan sebagai bahan utama di berbagai produk-produk kecantikan, baik itu untuk perawatan wajah hingga perawatan rambut.

Akan tetapi, tentu membeli produk kecantikan di supermarket tentu berbeda dengan menggunakan tanaman lidah buaya secara langsung, bukan?

Agar lebih hemat, kamu bisa membeli tanaman lidah buaya yang masih utuh sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok.

Dilansir dari situs halodoc.com, lidah buaya mengandung vitamin A, D, zat besi, dan protein, yang mampu membuat rambut menjadi lebih lebat dan tebal.

Tak hanya itu, kandungan ini juga mampu membantu dalam mencegah kerontokan rambut sekaligus melindungi kulit kepala dari berbagai jenis penyakit.

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan lidah buaya yaitu adalah dengan hanya mengoleskan gel lidah buaya secara merata ke rambut dan kulit kepala.

Kemudian, diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

Lakukan cara ini dengan rutin agar memberikan hasil yang maksimal dan kerontokan rambut bisa berkurang.

2. Teh Hijau dan Daun Seledri

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan percampuran dari teh hijau dan daun seledri.

Sebab, dua bahan ini mengandung senyawa antioksidan serta vitamin A dan vitamin B yang sangat baik untuk membuat rambut lebih kuat.

Kamu hanya perlu menyeduh teh hijau dan daun seledri secara bersamaan, kemudian oleskanlah ke kulit kepala secara langsung.

Tunggu beberapa saat sebelum membilasnya menggunakan air dingin hingga bersih. Agar kerontokan rambut bisa teratasi sepenuhnya, lakukan langkah ini setidaknya 2 kali dalam seminggu, atau sesuai dengan kebutuhan.

3. Minyak Zaitun

Kandungan vitamin A, C, D, E, K, zat besi, dan kalsium membuat minyak zaitun dikenal ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pada tubuh, mulai dari permasalahan kulit hingga permasalahan rambut.

Nah, cara mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun adalah dengan usapkan minyak zaitun secara merata pada kulit kepala dan rambut.

Kemudian, pijat dengan lembut dan diamkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu, barulah bilas hingga bersih dengan menggunakan shampoo, seperti keramas yang biasa dilakukan.

Untuk bisa memberikan hasil yang optimal, disarankan kamu lakukan langkah ini setiap hari secara rutin.

4. Kemiri

Tentu diantara kamu pernah melihat sejumlah produk shampoo yang diklaim mengandung kemiri di dalamnya, bukan?

Kenyataannya, kemiri memang sangat cocok digunakan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok lho.

Tak hanya itu, kemiri itu sendiri juga dinilai mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat serta memberikan nutrisi yang membuat rambut menjadi lebih sehat.

Cara mengatasi kerontokan rambut menggunakan kemiri yaitu dengan sangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar.

Kemudian, tumbuklah kembali hingga kemiri menjadi lebih halus dan mengeluarkan minyak. Usapkan minyak kemiri tersebut ke rambut dan kulit kepala, tunggu beberapa menit, dan bilaslah dengan cara dikeramas menggunakan shampoo untuk membersihkan minyaknya.

Agar hasil lebih maksimal, lakukan langkah yang sama sebanyak 2-3 kali dalam seminggu secara rutin.

5. Minyak Kelapa

Dilansir dari kompas.com yang mengutip dari Health Line, minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menembus hingga ke dalam batang rambut untuk mencegah kehilangan protein yang terjadi pada rambut.

Umumnya, minyak kelapa ini digunakan sebelum ataupun sesuai keramas, tergantung dari jenis rambut setiap orang.

Akan tetapi, karena penggunaan minyak kelapa bisa membuat rambut menjadi terlihat lebih berminyak, kamu bisa menggunakannya beberapa jam sebelum keramas.

Caranya juga sangat mudah lho. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala dan rambut, dan pijatlah dengan lembut, hingga minyak menyebar ke seluruh area kepala.

6. Santan

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan santan. Selain mengurangi kerontokan rambut, santan juga dinilai mampu membuat rambut menjadi lebih halus dan mudah diatur lho, sehingga tidak akan kusut dan menimbulkan kerontokan ketika disisir.

Caranya adalah dengan cukup mengoleskan santan ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Setelah itu, diamkanlah selama kurang lebih 30 menit, sebelum membilasnya dengan shampoo hingga bersih.

7. Alpukat

Kandungan protein yang terdapat di dalam buah ini membuat alpukat dianggap cukup efektif dalam mengatasi kerontokan rambut yang terjadi.

Selain itu, alpukat bahkan juga bisa memberikan efek untuk memperkuat akar rambut serta memberikan nutrisi yang tepat dan dibutuhkan oleh rambut.

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan alpukat adalah dengan cara tumbuh buah alpukat hingga halus, dan oleskanlah pada rambut dan kulit kepala secara merata.

Lalu, diamkan selama kurang lebih 20 menit sebelum membilasnya dengan shampoo hingga bersih. Untuk memberikan hasil yang diinginkan, lakukan langkah ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

8. Yogurt

Ternyata, yogurt tidak hanya baik dikonsumsi sebagai menu diet saja lho, melainkan juga bisa dijadikan sebagai solusi dalam mengatasi rambut rontok.

Sebab, makanan ini mengandung kalsium, vitamin D, kalium, dan protein yang bisa memberikan nutrisi serta memperkuat akar rambut.

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan yogurt adalah dengan mengoleskan yogurt tawar, tanpa tambahan gula atau perasa, ke seluruh permukaan rambut sembari memijat kulit kepala layaknya seperti sedang creambath.

Lalu, diamkanlah selama kurang lebih 5 menit sebelum membilaskan dengan shampoo hingga bersih.

Tips Mengurangi Rambut Rontok

Selain melakukan beberapa cara mengatasi rambut rontok yang baru saja kita bahas, kamu juga perlu melakukan beberapa hal yang sekiranya dapat menyebabkan kerontokan rambut semakin parah.

Dilansir dari situs halodoc.com, berikut beberapa kebiasaan yang bisa membuat kerontokan rambut menjadi semakin parah, yaitu adalah:

  • Kurangi kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang, seperti dikuncir atau dikepang.
  • Hentikan kebiasaan menarik dan memelintir rambut.
  • Kurangi kebiasaan menggosok rambut terlalu kencang ketika keramas dan tidak menggunakan kuku ketika menggaruk kulit kepala.
  • Gunakan sisir bergigi jarang.
  • Biasakan diri mengkonsumsi pola makan seimbang setiap hari. 

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa kamu jadikan solusi. Hanya saja, cara satu ini memang membutuhkan proses yang lebih lama dan konsisten, sehingga mungkin tidak akan cocok bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan jadwal yang padat.

Nah, jika kamu memang tidak memiliki waktu luang untuk melakukan beberapa cara mengatasi rambut rontok ini, tidak ada salahnya kok jika kamu melakukan perawatan ke salon, menggunakan obat anjuran dokter, hingga membeli produk untuk mengatasi kerontokan rambut yang dijual di pasaran.

Hanya saja, cara ini tentu akan membutuhkan biaya yang jauh lebih besar dibandingkan menggunakan bahan alami.

(Baca Juga: 9 Merk Cat Rambut yang Bagus)

Oleh karena itu, agar lebih hemat, berbelanjalah dengan menggunakan kartu kredit. Sebab, saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis kartu kredit yang menawarkan promo dan diskon menggiurkan yang bisa menekan pengeluaran kamu.

Belum memiliki kartu kredit? Jangan khawatir, segera ajukan saja di CekAja.com! Selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online lho.

Jadi, kamu tidak perlu lagi meluangkan waktu untuk ke luar rumah. Mudah banget kan! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan kartu kredit terbaikmu segera hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha