10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol, Yuk Coba!

8 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Sisir serit biasanya dipakai sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Tapi dengan menggunakan sisir saja, ternyata enggak cukup lho. Sebab, kamu butuh cara alami lainnya, agar parasit berukuran kecil ini tak lagi berkembang biak di rambutmu.

10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol, Yuk Coba!

Selain Ketombe, Kulit Kepala juga Bisa Terserang Kutu Rambut

Masalah rambut tak melulu tentang ketombe saja, karena ada pula kutu rambut berukuran kecil, yang sering kali berkembang biak di kulit kepala. Jika kutu rambut terus-menerus ada, maka kamu bakal merasakan sensasi gatal yang berulang setiap harinya, karena serangga kecil ini hidup dan menghisap darah, lewat kulit kepala manusia.

Umumnya, kutu rambut dialami oleh anak-anak namun orang dewasa pun bisa saja tertular akibat menggunakan barang-barang yang juga dipakai oleh penderita kutu rambut tersebut, seperti sisir rambut, topi, bantal, dan handuk.

Artinya, kondisi seperti ini hanya dapat terjadi pada manusia karena tertular dari manusia lainnya. Jadi, bukan hanya semata-mata karena kebiasaan jorok yang dilakukan.

Apabila kamu tertular kutu rambut, maka kamu akan merasakan gatal-gatal tidak hanya di area kulit kepala bagian bawah saja, namun juga di area samping telinga dan leher. Sensasi gatal ini karena alergi yang disebabkan dari air liur kutu saat menghisap darah di kulit kepala.

Tanda-tanda Terserang Kutu Rambut

Karena rasa gatal yang dialami, kutu rambut sering juga disalah artikan sebagai ketombe. Maka dari itu, kenali dulu tanda-tanda dari kondisi kutu rambut tersebut agar ketika mengalaminya kamu bisa langsung mencoba beberapa cara menghilangkan kutu rambut.

Berikut tanda-tanda dari kulit kepala yang terserang kutu rambut:

  • Rasa gatal yang intens hingga ke bagian belakang rambut dan telinga
  • Merasa ada sesuatu yang bergerak di kepala
  • Terdapat titik putih berupa telur kutu di batang rambut
  • Terdapat tonjolan yang biasanya berwarna kemerahan akibat alergi dari air liur kutu

(Baca Juga: 8 Cara Alami Hilangkan Ketombe)

Masalah Kesehatan yang Timbul Setelah Terkena Kutu Rambut

Meskipun bukan penyakit berbahaya, terserang kutu rambut juga bisa membuat penderitanya kurang nyaman menjalani aktivitas. Selain harus terus-menerus menggaruk kulit kepala, terkadang kutu rambut juga bisa terlihat lho, dan pastinya hal ini bakal membuat kamu malu. 

Tidak hanya itu saja, menurut laman Halodoc, penderita kutu rambut juga akan merasakan gangguan kesehatan yang muncul setelah terinfeksi oleh parasit kecil yang menempel erat di batang rambut ini.

Apa sajakah masalah tersebut? Berikut penjelasannya.

  • Iritasi

Sebelum mengenal cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan-bahan alami, kamu pasti hanya mengandalkan sisir serit bukan? Hal ini enggak sepenuhnya salah sih, cuma kurang efektif saja jika tidak diimbangi dengan pemakaian bahan alami.

Alhasil, kutu rambut akan terus membuat kamu merasakan gatal pada bagian kulit kepala.

Jika dibiarkan terlalu lama, kamu akan selalu menggaruk bagian kepala hingga membuatnya terluka dan mengalami iritasi. Bahkan pada kasus tertentu, kamu juga bisa mengalami infeksi jika tidak segera ditangani.

  • Memperburuk Kualitas Tidur

Kutu rambut sangat tidak menyukai cahaya. Oleh karenanya, serangga yang satu ini cenderung lebih aktif bergerak dan menghisap darah di kulit kepala saat malam hari.

Akibatnya, kamu akan mengalami gatal-gatal dan jika dituruti bakal membuat kamu terus menggaruk kepala hingga mengganggu waktu tidur di malam hari.

  • Muncul Ruam Gatal

Selain iritasi dan kualitas tidur menurun, air liur maupun kotoran dari kutu rambut bisa membuat kamu alergi sampai memunculkan ruam gatal di bagian belakang leher serta telinga. Makanya, segeralah atasi masalah ini dengan berbagai bahan alami yang dianggap efektif sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

Sederet Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Bahan Alami

Nah, tanpa berlama-lama lagi berikut sederet cara menghilangkan kutu rambut yang telah dirangkum CekAja dari berbagai sumber. Jadi, pastikan kamu menyimak informasi di bawah ini sampai habis ya!

1. Campuran Mayones dan Minyak Kelapa

Campuran Mayones dan Minyak Kelapa - 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol

Dua bahan ini memang seringnya digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Tapi kalau kamu punya masalah rambut, seperti kutuan, maka cobalah campuran mayones dan minyak kelapa.

Kandungan sari lemon, minyak, cuka, dan kuning telur yang biasa terdapat dalam mayones dianggap efektif sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Jika dikombinasikan dengan minyak kelapa bakal membuat kutu dehidrasi dan akhirnya menjadi lemas tak berdaya.  

Cara Meracik Mayones dan Minyak Kelapa:

  • Siapkan 1 sdm mayones
  • Siapkan shower cap
  • Masukkan 5 tetes minyak kelapa dalam wadah berisi mayones
  • Aduk kedua bahan ini hingga bertekstur seperti pasta gigi
  • Oleskan pada seluruh bagian rambut dan gunakan shower cap
  • Diamkan hingga semalaman
  • Keesokan paginya keringkan terlebih dulu rambut secara menyuluruh dan selanjutnya cuci rambut dengan sampo selama 15 menit
  • Ulangi cara menghilangkan kutu rambut ini setidaknya 3 kali dalam seminggu sampai kutu rambut tidak lagi ada di kulit kepala

2. Lemon

Lemon - 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol

Sama seperti jeruk nipis yang ampuh atasi ketombe, kamu juga bisa menggunakan lemon sebagai cara menghilangkan kutu rambut paling efektif. Kandungan asam askorbat yang tinggi pada lemon dijamin ampuh untuk membunuh kutu rambut beserta telurnya.

Cara Meracik Lemon:

  • Siapkan 2 buah lemon berukuran sedang kemudian peras dan ambil airnya
  • Campurkan air perasan lemon dengan 100 ml air biasa
  • Balurkan pada rambut dan pijat secara perlahan
  • Diamkan selama kurang lebih 40 menit
  • Bilas sampai bersih menggunakan sampo dan air hangat

3. Campuran Bawang Putih dan Jeruk Nipis

Campuran Bawang Putih dan Jeruk Nipis - 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol

Bumbu penyedap makanan yang satu ini juga biasa dipakai sebagai cara menghilangkan kutu rambut lho. Aromanya yang tajam dan tak jarang dianggap menyengat inilah yang nantinya membuat kutu rambut lenyap dari kulit kepala.

Supaya hasilnya maksimal, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes air jeruk nipis yang memang dikenal ampuh untuk merawat kesehatan rambut dari berbagai masalah, mulai dari ketombe hingga masalah kutu rambut.

Cara Meracik Bawang Putih dan Jeruk Nipis:

  • Siapkan 7 siung bawang putih dan haluskan menggunakan blender
  • Tambah 3 sdt air jeruk nipis ke dalam wadah berisi bawang putih halus tersebut
  • Aplikasikan pada rambut secara merata dan tutup menggunakan shower cap
  • Tunggu hingga 30 menit, kemudian bilas menggunakan air

4. Campuran Bawang Merah dan Minyak Kemiri

Campuran Bawang Merah dan Minyak Kemiri - 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol

Tidak hanya bawang putih saja, cara menghilangkan kutu rambut juga bisa menggunakan bawang merah dan minyak kemiri lho. Kedua bahan ini secara efektif dapat mematikan kutu rambut beserta telurnya, sehingga kulit kepala terbebas dari rasa gatal akibat parasit yang satu ini.

Selain untuk menghilangkan kutu rambut, bahan pelengkap dari bawang merah yakni minyak kemiri juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe, karena kandungan anti mikrobanya yang ampuh mencegah pertumbuhan jamur pada kulit kepala.

Cara Meracik Bawang Merah dan Minyak Kemiri:

  • Siapkan 5 hingga 7 siung bawang merah
  • Siapkan 5 tetes atau secukupnya minyak kemiri
  • Haluskan bawang merah dan campur dengan minyak kemiri
  • Aduk hingga merata dan oleskan pada kulit kepala
  • Pijat sebentar secara perlahan
  • Diamkan 10 menit lalu bilas menggunakan air hangat ataupun dingin hingga bersih

5. Minyak Wijen

Minyak Wijen - 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol

Cara menghilangkan kutu rambut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak wijen. Sifat anti bakteri dan anti jamur yang terkandung dalam minyak wijen dapat membunuh kutu beserta telurnya. Sehingga rambut bakal tetap sehat dan terbebas dari serangga kecil penghisap darah ini.

Cara Meracik Minyak Wijen:

  • Masukkan 5 tetes minyak wijen ke dalam wadah
  • Campur minyak wijen tersebut dengan 1 sdt tea tree oil, ½ sdt minyak eukaliptus dan 8 tetes minyak lavender
  • Oleskan di seluruh bagian rambut dan kulit kepala
  • Diamkan semalaman
  • Keesokan harinya sisir dengan menggunakan sisir khusus kutu rambut dan keramas menggunakan sampo herbal

6. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly - 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol

Biasa dipakai untuk melembabkan wajah dan bibir kering, petroleum jelly juga rupanya dapat kamu pakai sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Salah satu merek ternama yang memproduksi petroleum jelly tersebut adalah Vaselline.

Namun, kamu juga harus memperhatikan waktu pemakaian dari obat pembasmi kutu ini, soalnya konsistensi petroleum jelly yang kental bisa membuat pori-pori kulit kepala tersumbat. Sehingga pemakaiannya tidak dianjurkan selama 3 hari berturut-turut.

Cara Meracik Petroleum Jelly:

  • Oleskan petroleum jelly secukupnya di seluruh area rambut
  • Bungkus dengan handuk atau shower cap selama semalam
  • Bersihkan sisa petroleum jelly menggunakan baby oil lalu bilas menggunakan air hingga bersih

7. Cuka Apel

Cuka Apel - 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol

Cuka apel memang dikenal banyak manfaatnya. Bahkan bahan alami ini juga biasa digunakan untuk mengatasi ketombe. Sifat anti bakteri sekaligus asam yang tinggi di dalam cuka apel juga cukup ampuh untuk membunuh kutu rambut dan telurnya secara menyeluruh.

Akan tetapi karena kandungannya tersebut, kamu juga harus berhati-hati saat menggunakan cuka apel. Karena kulit kepala juga bisa mengalami iritasi jika kamu menggunakan cuka apel ini secara berlebihan.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kelapa saat ingin mengaplikasikan cuka apel agar khasiatnya lebih maksimal.

Cara Meracik Cuka Apel:

  • Campurkan 3 sdm cuka apel dengan 3 sdm minyak kelapa
  • Oleskan hanya pada kulit kepala yang dirasa terdapat banyak kutu rambut
  • Tutup dengan shower cap dalam satu malam
  • Bilas dengan menggunakan sampo seperti biasa saat keesokan harinya

(Baca Juga: 12 Makanan Pencegah Uban)

8. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun - 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol

Tak kalah berkhasiat dari cuka apel, cara menghilangkan kutu rambut berikutnya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun. Minyak yang biasa dipakai untuk perawatan wajah hingga pijat ini akan mematikan kutu-kutu dewasa maupun telurnya secara menyeluruh di rambut.

Cara Meracik Minyak Zaitun:

  • Oleskan minyak zaitun pada rambut kering yang sudah dikeramas
  • Pijat dengan lembut dan gunakan shower cap
  • Diamkan hingga semalaman dan keramaslah menggunakan sampo saat pagi hari

9. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil - 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol

Selain minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan tea tree oil sebagai cara menghilangkan kutu rambut yang ampuh.

Meski seringnya digunakan untuk mengempeskan jerawat yang meradang, tea tree oil juga diketahui dapat mematikan kutu-kutu bahkan telurnya yang menempel pada batang rambut.

Cara Meracik Tea Tree Oil:

  • Siapkan 1 sdt tea tree oil dan 3 sdm minyak kelapa
  • Campurkan kedua bahan ini kemudian oleskan secara merata pada rambut
  • Tutup dengan handuk ataupun shower cap
  • Biarkan selama satu setengah jam kemudian bilas menggunakan sampo herbal

10. Alkohol Berkadar 70%

Alkohol Berkadar 70% - 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dari Mayones hingga Alkohol

Terakhir, cara menghilangkan kutu rambut bisa dengan pemakaian alkohol yang berkadar 70 persen. Senyawa isoprofil dalam alkohol secara efektif dapat mematikan telur maupun kutu-kutu dewasa yang menetap dan berkembang biak di kulit kepala.

Akan tetapi, penggunaan alkohol dengan kadar 70 persen ini sangat tidak dianjurkan jika terdapat luka pada kulit kepala. Sebab akan membuat luka tersebut terasa perih setelah terkena alkohol.

Cara Meracik Alkohol:

  • Tuangkan alkohol secukupnya pada telapak tangan lalu oles secara merata ke kulit kepala
  • Pijat lembut kepala selama 10 menit dan biarkan alkohol meresap paling tidak setengah jam
  • Gunakan sisir serit untuk menyisir kutu-kutu dan telurnya yang menempel di rambut
  • Keramas menggunakan sampo dengan air dingin sampai bersih

Selain Bahan Alami, Apa saja Obat untuk Menghilangkan Kutu Rambut?

Nah, selain mencoba cara menghilangkan kutu secara alami tersebut, para dokter biasanya akan merekomendasikan obat-obatan seperti permethrin 1 persen, pyrethrin plus piperonyl butoxide, ivermectin oral, dan spinosad 0,9 persen untuk bantu mengatasi masalah kutu rambut.

Selain menjaga kesehatan rambut, kamu juga perlu menjaga seluruh anggtota tubuh dengan gaya hidup yang benar dan mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Kemudian agar perlindungannya makin maksimal, cobalah beri proteksi tambahan dengan asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Melalui CekAja, kamu bakal mendapat perlindungan menyeluruh dan dengan bantuan klaim cepat. Premi yang ditetapkan pun dijamin hemat setahun 2 bulan.

Bagaimana, tertarik untuk memilikinya? Kalau begitu langsung saja akses situs CekAja.com dan temukan produk asuransi kesehatan dari mitra ternama yang sesuai kebutuhanmu.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri