10 Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil, Enak dan Mengenyangkan!

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Cemilan sehat untuk ibu hamil sepertinya perlu diketahui bagi kamu yang saat ini tengah menjaga asupan makanan demi si kecil yang akan lahir.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ketika sedang hamil, memperhatikan gizi memang merupakan satu hal yang paling penting.

Sebab, dari asupan makanan itulah kita bisa menjaga kondisi bayi agar dapat lahir dengan sehat dan sempurna.

(Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Pegal-pegal Saat Hamil)

Akan tetapi, cemilan memang terkadang memberikan godaan yang cukup tinggi, apalagi untuk ibu hamil yang sedang menjaga asupan makanan.

Perlu diketahui bahwa menjadi ibu hamil, bukan berarti kamu tak bisa ngemil. Kamu tetap bisa, yaitu dengan mengkonsumsi cemilan sehat untuk ibu hamil. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cemilan sehat untuk ibu hamil yang enak, aman, dan tentunya baik buat janin, yaitu adalah:

1. Yogurt

Cemilan sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah yogurt, yang tinggi akan kalsium serta baik untuk tulang dan gigi, baik itu untuk ibu hamil maupun si kecil yang sedang dikandung.

Tak hanya itu, yogurt juga mengandung prebiotik, yaitu merupakan bakteri baik yang mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi yang bisa memberikan risiko persalinan prematur, risiko infeksi pada masa kehamilan, eksim, serta mengurangi alergi yang terdapat pada bayi.

Jika ingin dijadikan sebagai cemilan, kamu bisa memilih yogurt plain dan mencampurkannya dengan kacang, kismis, dan buah-buahan segar.

Selain itu, kamu juga bisa lho menjadikan yogurt sebagai smoothies lezat, yaitu dengan mencampurkan yogurt dan jus buah, atau sayuran seperti bayam dan seledri.

2. Kentang Panggang

Cemilan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah kentang panggang. Sebenarnya, olahan kentang itu sendiri sangatlah sehat dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil, baik itu kentang rebus maupun kentang panggang.

Karena, kentang mengandung potasium, vitamin C, folat, dan besi, yang semuanya sangat penting untuk mendukung pertumbuhan janin.

3. Apel

Perlu diketahui bahwa ibu hamil membutuhkan asupan yang mengandung serat mencapai 28 sampai 30 gram setiap harinya.

Karena, hal ini dinilai bisa membantu dalam menyelesaikan masalah mual di pagi hari, terutama pada trimester pertama atau mungkin semester lainnya.

Nah, agar kebutuhan serat setiap harinya dapat dipenuhi, kamu bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Sebagai salah satu solusinya, kamu bisa mengkonsumsi apel sebagai cemilan sehat. Karena, diketahui bahwa satu apel ukuran sedang memiliki lebih dari 4 gram serat serta kalori yang hanya sebanyak 95 kalori.

Selain itu, teksturnya yang renyah dan ukurannya yang kecil juga membuat apel mudah dibawa kemanapun.

4. Cokelat

Cemilan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah cokelat, yang bisa menjaga kesehatan pembuluh darah bagi para ibu hamil, yang mana dipercaya bisa membantu dalam menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi dan preeklamsia, yaitu suatu kondisi ketika peningkatan tekanan darah disertai dengan adanya kandungan protein yang tinggi di dalam urine.

Nah, meskipun cokelat ini bisa dijadikan sebagai salah satu cemilan sehat untuk ibu hamil, akan tetapi disarankan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak.

Jika kamu ingin mengkonsumsi cokelat, maka lebih baik memilih cokelat hitam atau dark chocolate, dibandingkan cokelat susu yang memiliki kandungan gula yang banyak.

5. Pisang dan Selai Kacang

Pisang dan selai kacang mungkin bukanlah merupakan kombinasi yang tepat jika kamu sedang tidak hamil.

Namun, apabila perasaan ngidam sudah tidak bisa dibendung lagi, pisang dan selai kacang bisa dijadikan sebagai pilihan cemilan untuk ibu hamil.

Selain mengenyangkan, cemilan ini juga sehat karena mengandung protein yang banyak serta potasium yang baik untuk ibu dan bayi.

6. Bubur Kacang Hijau

Dibalik rasanya yang enak, ternyata kacang hijau juga bisa dijadikan sebagai cemilan sehat untuk ibu hamil.

Nah, hanya saja, yang biasanya kita memasak bubur kacang hijau menggunakan santan, untuk ibu hamil kamu justru disarankan untuk memasak bubur kacang hijau tanpa santan, karena mengandung kadar folat yang tinggi.

7. Alpukat

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, ibu hamil bisa mengkonsumsi alpukat sebagai salah satu cemilannya.

Sebab, buah satu ini mengandung folat alami yang cukup tinggi, sehingga mampu meminimalkan risiko cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Tak hanya itu, alpukat bahkan juga mengandung lemak sehat yang berguna untuk mendukung perkembangan otak janin.

Nah, agar ibu hamil bisa mendapatkan manfaat alpukat dengan maksimal, kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung, atau disajikan menggunakan roti panggang atau roti lapis.

Selain alpukat, beberapa buah-buahan yang juga bisa menjadi cemilan sehat untuk ibu hamil diantaranya seperti pir, mangga, apel, dan kiwi.

8. Kacang-kacangan dan Buah Kering

Agar bisa menjadi cemilan yang sehat dan mengenyangkan, pilihlah kacang-kacangan dan buah kering yang tanpa mengandung perasa apapun.

Sebab, saat ini sudah cukup banyak kacang maupun buah kering yang mengandung garam atau penyedap.

Beberapa jenis kacang seperti almond, mete, dan buah kering bisa dijadikan sebagai pilihan jika kamu sedang ingin ngemil di masa kehamilan.

9. Oatmeal

Oatmeal yang mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi serta serat membuat makanan satu ini bisa dijadikan cemilan sehat untuk ibu hamil.

Selain itu, oatmeal juga mengandung magnesium dan mineral zinc yang cukup tinggi dan sangat baik bagi tubuh.

Misalkan, kandungan zinc bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan sel dan pembentukan DNA pada janin.

Sedangkan kandungan magnesium justru bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, otot, dan sarah.

10. Berondong Jagung

Nah, cemilan sehat untuk ibu hamil yang terakhir adalah berondong jagung, atau yang lebih kita kenal sebagai popcorn.

Biasanya, makanan ini bisa sangat mudah kita temukan ketika akan menonton di bioskop. Meski begitu, bukannya tidak mungkin kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Saat ini, sudah cukup banyak biji jagung yang dijual di pasaran, sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Ditambah lagi, jika membuatnya di rumah kamu juga bisa mengatur takarannya sendiri yang baik bagi tubuh, agar tidak ada terlalu banyak mentega maupun garam yang berlebih. Agar terasa semakin lezat, kamu bisa menambahkan taburan keju parmesan di atasnya.

(Baca Juga: 8 Merek Susu Hamil Terbaik)

Jadi, itulah beberapa cemilan sehat untuk ibu hamil yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Tahukah kamu? Saat ini berbelanja kebutuhan hamil bisa menjadi lebih hemat dan mudah dengan menggunakan kartu kredit lho.

Di CekAja.com kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Tak hanya itu, kamu bahkan juga bisa melakukan pengajuan dimana seluruh proses dapat dilakukan sepenuhnya secara online.

Jadi, kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah. Mudah dan cepat kan!

Bingung memilih kartu kredit terbaik yang bisa mendukung aktivitas sehari-hari? Segera bandingkan dan ajukan saja di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha