9 Daftar Pinjaman Online dengan Proses Mudah dan Cepat

Tren masyarakat yang mengajukan pinjaman dana melalui aplikasi pinjaman online kini semakin marak dan menjamur.

Tingginya minat masyarakat tersebut karena proses pengajuan pinjaman melalui aplikasi pinjaman online sangat mudah dan tidak ribet.

Serta proses pencairannya yang cepat bila dibandingkan dengan proses pengajuan pinjaman di perbankan.

Akan tetapi, karena tingginya minat masyarakat yang mengajukan pinjaman melalui aplikasi pinjaman online, banyak pula pihak-pihak tak bertanggung jawab tanpa pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aplikasi pinjaman online yang ilegal akan sangat merugikan nasabah. Karena bunganya yang tinggi, melebihi maksimal bunga pinjaman online, sebesar 0,8%/hari.

Selain itu, proses penagihan oleh aplikasi pinjaman online juga sering dilakukan dengan kasar. Oleh karena itu, perhatikan legalitas aplikasi pinjaman online terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.

Berikut ini daftar aplikasi pinjaman online yang langsung cair. Yang terpenting sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan:

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan penyedia layanan pinjaman online langsung cair dan 24 jam berbasis aplikasi dengan plafon pinjaman hingga Rp 2 jutaan dan tenor pelunasan maksimal tiga bulan.

Kredit Pintar dapat menjadi alternatif solusi saat membutuhkan dana segar darurat. Sebab, proses pencairan dana pinjaman di Kredit Pintar hanya butuh waktu kurang dari 60 menit.

Pinjaman di Kredit Pintar akan dikenakan suku bunga sebesar 0,19 – 0,21 persen per hari. Persyaratan pinjaman adalah nasabah harus berusia minimal 15 tahun dan maksimal 60 tahun.

2. JULO

Pinjaman online cepat cair bisa kamu dapatkan di JULO. Pinjaman yang berlaku untuk semua daerah di Indonesia (kecuali Bali dan Sumatera Utara) ini, menawarkan pinjaman dana mulai dari Rp1 juta – Rp15 juta.

Waktu tenor yang diberikan hingga 9 bulan, dngan suku bunga 0,1% per hari, atau 4% – 7% per bulan.

Persyaratan untuk pinjaman JULO cukup mudah, nasabah harus berusia minimal 25 – 40 tahun yang tidak memiliki riwayat telat bayar atau kredit macet di institusi lain.

Kamu juga perlu memiliki penghasilan tetap, dengan pemasukan >Rp4 juta. Saat pengajuan, kamu perlu menyiapkan dokumen seperti KTP dan melampirkan slip gaji pada aplikasi JULO.

3. Tunaiku

Aplikasi pinjaman online Tunaiku berada di bawah naungan Amar Bank yang menawarkan plafon pinjaman uang tanpa jaminan mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta.

Sebagai layanan kredit tanpa agunan alias KTA online, nasabah cukup menunjukkan KTP untuk mengajukan pinjaman di Tunaiku.

Selain plafon yang cukup tinggi, tenor pinjaman Tunaiku pun terhitung panjang, yaitu 6 hingga 20 bulan.

Proses pencairannya pun sangat cepat, hanya dalam 24 jam dengan suku bunga dan biaya pinjaman antara lain:

  • Biaya administrasi: Rp540 ribu
  • Suku bunga: 3 – 4 persen per bulan
  • Biaya keterlambatan: Rp 150 ribu per bulan

Persyaratan untuk pengajuan pinjaman di Tunaiku adalah warga negara Indonesia berusia 21 hingga 55 tahun yang memiliki rekening bank aktif serta memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap.

(Baca Juga: 7 Pinjaman Online Cicilan Bulanan Terbaik 2022)

4. DanaBijak

Aplikasi pinjaman online DanaBijak menawarkan proses pinjaman dengan pencairan kilat. Nasabah bisa mengajukan pinjaman kapanpun dalam 24 jam tanpa jaminan.

Aplikasi ini dikelola oleh PT Digital Micro Indonesia. Plafon pinjaman yang bisa diajukan melalui aplikasi ini hingga Rp20 juta dengan tenor pinjaman hingga 12 bulan.

Plafon pinjaman bisa bertambah apabila kamu sering menggunakan layanan pinjaman dari aplikasi ini.

Nasabah bisa melakukan simulasi pinjaman sebelum mengajukan pinjaman dari aplikasi ataupun situs DanaBijak.

Apabila kamu meminjam uang sebesar Rp1 juta selama 3 bulan, maka total pengembalian yang harus dibayar debitur sebesar Rp1,3 jutaan.

Pengajuan pinjaman bisa dilakukan secara online melalui situs resmi ataupun aplikasi DanaBijak, dengan persyaratan adalah warga negara Indonesia yang memiliki KTP.

Selain itu, kamu perlu memiliki minimum penghasilan Rp1,6 juta, rekening bank, foto terbaru, email, dan memasukan nomor telepon yang aktif

5. Singa

Aplikasi pinjaman online langsung cair lainnya adalah Singa yang mematok suku bunga pinjaman mulai dari 0,3% untuk pinjaman harian, atau 1% untuk pinjman bulanan.

Limit pinjaman yang ditawarkan cukup besar, yaitu Rp10 juta. Serta masa tenor yang bisa dipilih hingga 12 bulan.

Singa memiliki kebijakan berupa denda keterlambatan sebesar 0,1% dari pokok pinjaman, untuk pinjaman bulanan. Oleh karena itu, upayakan untuk mengembalikan pinjaman tepat waktu.

Persyaratan bagi debitur yang bisa mengajukan pinjaman melalui Singa adalah warga negara Indonesia berusia 21 hingga 65 tahun dengan minimum penghasilan Rp1,2 juta serta memiliki KTP dan rekening bank aktif.

6. Cashwagon

Cashwagon merupakan layanan pinjaman online langsung cair yang beroperasi di banyak negara Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia.

Aplikasi ini menawarkan pinjaman dengan plafon mulai dari Rp1 juta hingga Rp5 juta dengan tenor pinjaman mulai dari 60 hingga 180 hari.

Suku bunga pada pinjaman ini berkisar 24% hingga 72% dalam 1 tahun. Dimana, biaya layanan sekitar 0,8% tergantung dari jumlah dan jangka waktu pinjaman.

Untuk suku bunga, simulasinya adalah jika mengajukan pinjaman sebesar Rp1 juta dengan jangka waktu 90 hari, maka total pinjaman yang harus dibayar adalah Rp1.720.000

Secara umum, persyaratan untuk bisa mengajukan pinjaman dari Cashwagon sama dengan layanan pinjaman online langsung cair lainnya, yakni warga negara Indonesia berusia 20 hingga 60 tahun serta memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.

7. Dana Fix

Dana Fix Adalah layanan pinjam meminjam berbasis teknologi digital yang menawarkan dua jenis pinjaman yakni untuk peminjam baru dan peminjam lama.

Kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan tenor 4 – 7 bulan dengan jumlah plafon pinjaman sebesar Rp500 ribu sampai Rp10 juta.

Tanpa perlu memberikan sebuah jaminan, proses pencairan dana di sini cukup cepat, hanya dalam kurun waktu 24 jam!

Saat ini, pengajuan pinjaman Dana Fix hanya bisa dilakukan melalui situs resmi Dana Fix dengan persyaratan usia 22 hingga 60 tahun dan berpenghasilan minimum Rp2 juta serta berdomisili dan bekerja di Indonesia.

Ada beberapa biaya lain yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah biaya kerlambatan sebesar Rp100 ribu.

8. Dompet Kilat

Dompet Kilat menawarkan pinjaman uang tunai instan dengan proses pengajuan dalam waktu kilat, yaitu kurang dari lima menit.

Kemudian dana pinjaman online yang disetujui akan langsung dikirim ke rekening nasabah dalam waktu hanya 10 menit

Ada 3 kategori pendanaan yang diberikan Dompet Kilat, yaitu AgriKilat, ModalKilat, serta GajiKilat. Kamu bisa ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan yang sesuai dengan kategori tersebut.

Selain bisa ajukan pinjaman sesuai kebutuhan, tiap kategori ini memiliki masa tenor serta persyaratan yang berbeda. Syarat terpenting adalah memiliki identitas pribadi seperti KTP dan sebagainya

Untuk bunga, Dompet Kilat memberikan bunga yang kompetitif, yaitu mulai dari 1,25% per bulannya.

9. Danabagus

Danabagus adalah aplikasi pinjaman khusus untuk mahasiswa yang membutuhkan tambahan biaya kuliah ataupun biaya pendidikan dengan proses pengajuan yang cepat.

Plafon pinjaman yang ditawarkan layanan ini mulai dari Rp100 ribu hingga Rp15 juta dengan tenor pinjaman hingga 6 bulan.

Ada 3 jenis pinjaman, yaitu Siaga, Reguler, dan juga Dana Khusus UKT. Tiap jenis pinjaman ini memberikan jumlah pinjaman yang berbeda.

Danabagus menawarkan pinjaman mulai dari Rp100 ribu hingga Rp15 juta dengan tenor hingga 6 bulan. Tiap jenis pinjaman tidak dikenakan biaya administrasi.

Persyaratan untuk bisa mengajukan pinjaman di Dana Bagus adalah mahasiswa yang memiliki nomor induk mahasiswa (NIM). Serta terdaftar sebagai mahasiswa aktif dan telah menjadi mitra dari Danabagus.

(Baca Juga: 10 Pinjaman Modal Usaha Terbaik 2022, Mana Pilihanmu?)

Selain 9 aplikasi di atas, masih banyak lagi aplikasi lainnya yang bisa memberikan pinjaman dengan proses mudah.

Namun, pertimbangkan dengan bijak sebelum mengajukan pinjaman online. Karena apabila salah perhitungan, justru akan bisa menimbulkan masalah keuangan yang lebih besar.

Selain itu, pastikan layanan pinjaman online yang dipilih adalah yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.