Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Terpopuler 2019, Let’s Go!

by Tisyrin N. T on 25 November, 2019

Setelah menghabiskan hari-hari yang padat dengan aktivitas seputar pekerjaan, bukan tidak mungkin kepenatan menghampiri kamu. Berlibur adalah salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan penat. Nah, tak sedikit orang yang memilih momen akhir tahun untuk liburan bersama orang-orang terdekat.

Liburan akhir tahun ibarat ‘mengisi baterai’ untuk menghadapi tahun yang baru dengan energi yang ‘full’. Gimana dengan kamu? Udah punya rencana buat berlibur di akhir tahun? Kalau belum, mari kita intip destinasi mana saja yang jadi favorit untuk liburan akhir tahun!

Situs Skyscanner menghadirkan daftar 10 destinasi musim dingin paling populer bagi orang-orang Asia untuk menghabiskan Natal dan tahun baru. Mungkin kamu bisa pilih salah satu dari destinasi berikut ini:

1. Taipei, Taiwan

Taipei ada di daftar pertama tujuan liburan akhir tahun Skyscanner. Selama akhir tahun, iklim di Taipei sempurna: cukup dingin bagi kamu untuk merasakan musim dingin, tetapi tidak terlalu dingin sehingga kamu tetap bisa menikmatinya. Untuk mendapatkan panorama terbaik dan foto-foto terbaik di kota ini, datanglah ke Taipei 101 dan nikmati pemandangan dari gedung tertinggi ke-6 di dunia tersebut. Kalau gak mau antre, kamu bisa pesan tiket prioritas secara online.

Nikmati budaya dan sejarah dengan berkunjung ke National Palace Museum, rumah bagi koleksi seni Tiongkok terbesar di dunia. Lakukan pemanasan di musim dingin dengan berenang di salah satu sumber air panas alami Beitou (sekitar 30 menit dengan MRT dari Taipei). Kalau kamu ingin menikmati makanan, budaya, alam, dan tawar-menawar alias belanja maka Taipei salah satu destinasi musim dingin terbaik untuk menghabiskan liburanmu.

(Baca juga: Yuk, Liburan ke 6 Destinasi Wisata Romantis Bebas Visa Bersama Pasangan)
2. Seoul, Korea Selatan

Seoul dapat dikatakan sebagai ‘winter wonderland’ di Asia! Salah satu kegiatan di musim dingin yang musti kamu coba adalah menikmati Jimjilbang, spa tradisional Korea. Di bulan Oktober, kamu akan merasakan musim gugur yang artinya, matamu akan dimanjakan warna-warni alam yang ‘menyala’. Mulai November, kamu dapat menikmati pohon Natal yang semarak dan konser gratis. Pohon Natal setinggi 20 meter di Seoul Plaza Hotel akan memberimu nuansa Natal yang nyata. Gak heran ya jika banyak orang memilih Seoul untuk liburan akhir tahun mereka!

3. Hong Kong

Hong Kong juga memanggil siapapun yang mencari ‘winter wonderland’! Kamu bisa menikmati kota yang penuh dengan kehangatan dan cahaya terang. Selama akhir tahun, Hong Kong diwarnai dekorasi Natal, pertunjukan sinar laser, dan kembang api yang spektakuler. Berikan anak-anak hadiah Natal dengan menjelajahi Disneyland untuk melihat Magic Kingdom yang menjadi lebih hidup dan meriah. Hitung mundur ke tahun baru sembari menikmati kembang api di atas air di Victoria Harbour. Atau, menikmatinya dari atas cruise.

Untuk para shopaholic, kamu dapat melakukan perburuan di mal-mal yang mengadakan sale akhir tahun. Antara berbelanja sepuasnya, mengisi perut dengan dim sum yang lezat, mengunjungi pasar Natal, dan menikmati pemandangan, liburan akhir tahun di Hong Kong pasti akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

4. Bali, Indonesia

Kalau bosen sama kehidupan kota, pergilah ke Pulau Bali yang tenang untuk detoksifikasi sebelum menyambut tahun baru.  Kamu dapat menikmati layanan spa yang menenangkan atau yoga. Bali punya pantai yang indah dan lereng gunung yang tenang. Pada dasarnya apa saja dan semua yang kamu inginkan dari sebuah liburan, ada di Bali. Jika kamu belum pernah bepergian ke Bali sebelumnya, cari tahu sendiri apa pendapat orang tentang pulau ini: Bali benar-benar memiliki semuanya!

5. Manila, Filipina

Jika kamu lebih berminat untuk berbelanja dan menikmati pemandangan kota, maka pertimbangkan Filipina sebagai tujuan liburan akhir tahun. Ibu Kota Filipina yaitu Manila adalah tujuan wisata yang sedang naik daun bagi orang-orang yang mencari kota kosmopolitan dengan harga-harga yang sangat wajar. Jika kamu ingin menghabiskan Natal kamu dengan berjemur, Manila juga merupakan ‘pintu gerbang’ ke beberapa pulau tropis paling indah di dunia.

6. Tokyo, Jepang

Mencari destinasi musim dingin yang tidak membuat kamu bosan? Tokyo jawabannya! Jika kamu penikmat hal-hal tradisional, Jepang memiliki kuil-kuil Buddha dan mata air panas. Warna-warni musim gugur akan menghiburmu. Kalau kamu pengen sesuatu yang lebih modern, Shinjuku dan Shibuya akan menghadirkan suasana yang meriah. Jadi, mengapa tidak menghabiskan liburan di Jepang? Nikmati berhitung mundur dengan penduduk setempat yang ramah sambil mendengarkan lonceng.

7. London, Inggris

London adalah salah satu kota terbesar di dunia. Kamu akan menjumpai keramaian, hiruk pikuk suasana berbelanja, pajangan meriah, dan dekorasi di gedung-gedung bersejarah serta toko-toko di kota kuno ini. Di musim gugur, udara terasa segar dan jalanan dihiasi dengan dedaunan. Jika itu tidak cukup untuk kamu, cobalah ice skating dengan melihat suasana Tower of London di musim dingin. Bahkan akan ada konser gratis oleh musisi Inggris untuk menyambut musim perayaan dan penyanyi tradisional yang menyanyikan lagu-lagu Natal serta pohon Natal yang penuh hiasan.

8. Phuket, Thailand

Untuk liburan akhir tahun yang berkesan, kamu juga bisa mempertimbangkan Phuket. Banyak pilihan akomodasi yang luar biasa: menginap di hotel bintang atau bahkan menyewa vila. Lautnya tenang dan pulau-pulau di lepas pantainya indah. Pilihan berlibur dengan suasana yang tenang memang tersedia di Phuket, tetapi jika kamu lebih suka sesuatu yang lebih berisik, datanglah ke pesta-pesta untuk menari dan minum.

9. Melbourne, Australia

Untuk cita rasa Eropa yang nyaman tanpa jet-lag, cobalah Melbourne untuk liburan akhir tahun kamu. Meskipun bukan musim dingin di Australia selama bulan-bulan akhir tahun, Melbourne masih mendapatkan angin yang cukup dingin dari Kutub Selatan. Kota ini ramah dan aktif dan memiliki jaringan trem yang luas sehingga membuat aktivitas berkeliling jadi mudah.

Nikmati pesta Natal bergaya Eropa. Atau cukup menikmati barbeku Australia serta melakukan perjalanan ke pantai. Jika kamu pergi ke sana pada bulan November, jangan lewatkan Melbourne Cup, acara pacuan kuda besar yang dirayakan di seluruh negara.

(Baca juga: Siap-Siap Masukin Bucketlist! Ini 7 Destinasi Liburan Nikita Willy yang Anti-Mainstream)

10. Sydney, Australia

Menjelang akhir tahun, Sydney menjadi pusat dari semangat yang energik. Banyak orang tertarik ke kota ini untuk menyaksikan kembang api ikonik di atas Sydney Harbour  menjelang tahun baru. Pergi ke sana pada akhir tahun berarti cuaca masih belum terlalu panas, meskipun Desember berarti awal musim panas. Mulai bulan Oktober, kamu bisa menyerap sinar matahari di tempat-tempat populer di Australia seperti Bondi, Cronulla, dan Manly.

Nah, buat kamu yang gemar keliling negara-negara di dunia, ajukan kartu kredit BRI World Access. Kartu kredit ini akan berperan sebagai teman dalam melakukan perjalanan bisnis dan traveling, baik di dalam maupun di luar negeri. Nikmati promo Double BRI Point dan Double Milage Convertion. Yuk ajukan di CekAja.com!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.