Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

10 Jurusan Paling Favorit di Universitas Indonesia Jurusan Saintek dan Soshum

by Nadhillah Kusindriani on 4 Februari, 2020

Sudah rahasia umum jika Universitas Indonesia (UI), menjadi universitas favorit dan impian calon mahasiswa di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari animo siswa-siswi SMA yang berusaha menempuh jalur apapun, demi masuk jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Saintek dan Soshum.

jurusan paling favorit di universitas indonesia jurusan saintek dan soshum

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin masuk UI, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu passing grade, akreditasi serta daya tampung di setiap jurusan paling favorit di Universitas Indonesia yang telah CekAja.com rangkum untuk kamu. Simak, yuk!

Jurusan Paling Favorit di Universitas Indonesia Jurusan Saintek
1. Kedokteran

Jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Saintek yang pertama adalah Kedokteran. Jurusan ini menjadi jurusan favorit di UI, karena berada di peringkat empat dengan peminat terbanyak di SBMPTN 2018.

Kedokteran UI atau yang biasa disebut dengan FK UI ini memiliki dua kampus utama, yaitu Kampus Depok yang berlokasi di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) dan Kampus Salemba.

Jika masuk ke jurusan kedokteran UI, kamu akan mengikuti kurikulum FK UI yang terdiri dari tiga tahap. Di mana, tahap pertama kamu akan mendapatkan general education pada semester satu.

Kemudian di tahap kedua, kamu akan masuk ke bagian medical science yang akan dipelajari di semester 2 – 6. Lalu di tahap ketiga, masuk ke bagian clinical practice yang akan kamu lakukan di semester 7 – 10.  Pada tahap ketiga ini, kamu juga akan melakukan internship selama satu tahun.

Jurusan kedokteran UI memiliki prospek kerja yang menjanjikan, di antaranya yaitu dokter, dokter spesialis, tenaga pengajar seperti dosen atau guru, kepala rumah sakit, peneliti, PNS, hingga manajerial pada industri bidang kesehatan.

Akreditasi : A

Daya Tampung : 72 kursi

Passing Grade : 62.78%

2. Kesehatan Masyarakat

Berikutnya ada Kesehatan Masyarakat yang masuk ke dalam jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Saintek. Kesehatan masyarakat menjadi jurusan alternatif untuk kamu yang ingin kuliah dan bekerja di dunia kesehatan dan medis namun tidak ingin menjadi dokter.

Jurusan ini lebih fokus pada sisi preventif (pencegahan) dan sisi promotif (kampanye tentang kesehatan) pada dunia medis. Maka dari itu, jurusan ini akan sangat sesuai dengan kamu yang tertarik pada analisis-analisis dalam memecahkan suatu masalah kesehatan, hingga minat melakukan kontribusi terhadap kemajuan ilmu kesehatan secara general.

Kesehatan masyarakat memiliki beberapa konsentrasi, di antaranya yaitu administrasi kebijakan kesehatan, biostatistik dan kependudukan, epidemiologi, gizi kesehatan masyarakat dan lain sebagainya. Untuk materi kuliahnya, nanti akan disesuaikan dengan konsentrasi yang kamu pilih.

Prospek kerja dari kesehatan masyarakat cukup luas, kamu bisa menjadi manajer RS, manajer pemasaran RS, pemasaran laboratorium dan alat kesehatan hingga manajer di beberapa institusi kesehatan seperti puskesmas, dinas kesehatan dan lainnya.

Akreditasi : A

Daya Tampung : 60 kursi

Passing Grade : 35.91%

(Baca Juga: Daftar Bimbel Terbaik untuk Masuk UI dan PTN Terfavorit 2020)
3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Saintek selanjutnya adalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau yang dikenal dengan K3. Jurusan yang dibuka pada 2015 ini, berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI (FKM UI).

Prospek kerja untuk jurusan K3 tidak perlu diragukan lagi. Karena, perusahaan-perusahaan di berbagai industri, khususnya perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, pertambangan, rumah sakit, konstruksi, hingga minyak dan gas sangat membutuhkan pegawai-pegawai dari lulusan K3.

Jurusan K3 di UI sendiri akan mempelajari beberapa hal, seperti Dasar K3, regulasi dan kebijakan K3, ergonomi, konsep kecelakaan dan investigasi, keselamatan publik, kepemimpinan dalam K3, faktor manusia dalam K3 dan lain sebagainya.

Akreditasi : B

Daya Tampung : 20 kursi

Passing Grade : 11.11%

4. Geologi

Jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Saintek yang keempat adalah Geologi. Jurusan ini sama seperti jurusan K3 yang baru dibuka pada 2015. Tidak hanya itu, geologi berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI (FMIPA UI).

Pada dasarnya, geologi merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan bumi, proses-proses yang berlangsung selama pembentukan atau setelah pembentukan, keberadaan makhluk hidup di bumi, dan sebagainya.

Meskipun jurusan ini mempelajari tentang bumi dan kehidupan makhluk hidup, namun prospek kerja di jurusan ini sangat beragam karena terbagi menjadi tiga sektor, yaitu sektor geologi bidang ekstraksi, bidang mitigasi dan bidang perencanaan wilayah dan tata kota.

Melihat potensi besar ini, jurusan geologi mempersiapkan lulusannya agar mampu menganalisis permasalahan pada sumber daya energi dan lingkungan, eksplorasi pada sumber daya alam, hingga kebencanaan serta teknologi dengan menerapkan ilmu geologi sesuai etika profesi.

Akreditasi : B

Daya Tampung : 28 kursi

Passing Grade : 31.88%

5. Ilmu Komputer

Jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Saintek terakhir adalah Ilmu Komputer. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari beberapa hal seperti perancangan dan pemrograman web, pengantar organisasi komputer, pemrograman deklaratif, desain dan analisis algoritma, dan materi-materi lainnya.

Jika kamu memilih jurusan dengan orientasi ingin mendapat peluang kerja yang besar, Ilmu Komputer sangat cocok untuk kamu. Karena, lulusan dari jurusan ini bisa bekerja sebagai system analyst, IT manager, software engineer, web developer di beberapa perusahaan ataupun industri perangkat lunak, institusi pemerintahan hingga perbankan.

Akreditasi : A

Daya Tampung : 60 kursi

Passing Grade : 55.99%

Jurusan Paling Favorit di Universitas Indonesia Jurusan Soshum

Mengetahui jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Saintek saja rasanya tidak cukup. Kamu juga perlu mengetahui jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Soshum, yang banyak diincar calon mahasiswa. Hal tersebut karena jurusan Soshum akan mempelajari hal-hal sosial dan humaniora.

1. Ilmu Hukum

Ilmu hukum menempati posisi pertama sebagai jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Soshum. Di mana, jurusan ini sangat diincar calon mahasiswa khususnya yang memiliki latar belakang IPS karena melihat prospek kerja jurusan ini sangat besar.

Sejatinya, jika kamu lulusan Ilmu Hukum UI, kamu bisa bekerja sebagai pengacara, hakim, konsultan hukum, diplomat, notaris dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, pada jurusan ini kamu juga akan mempelajari beberapa hal seperti etika dan tanggung jawab profesi hukum, dasar-dasar ilmu hukum, dan materi-materi hukum lainnya.

Akreditasi : A

Daya Tampung : 167 kursi

Passing Grade : 50.6%

2. Manajemen

Jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Soshum selanjutnya adalah Manajemen. Jurusan ini memiliki daya tampung paling besar kedua setelah ilmu hukum UI. Hal tersebut terlihat dari animo siswa-siswi yang mendaftar ke jurusan Manajemen UI pada SBMPTN 2018 sebanyak 3.965 orang.

Maka dari itu, kamu perlu belajar sungguh-sungguh dan mempersiapkan segala kebutuhannya sebaik mungkin jika ingin masuk ke jurusan ini. Terlebih, jika masuk jurusan ini kamu akan mempelajari beberapa hal seperti matematika ekonomi dan bisnis, akuntansi biaya untuk manajemen, hingga bisnis internasional.

Di dunia kerja, jurusan manajemen juga memiliki prospek kerja yang bagus. Di antaranya yaitu kamu bisa bekerja sebagai audit di beberapa perusahaan, konsultan bisnis, staff finance, marketer, konsultan perbankan, entrepreneur hingga recruiter.

Akreditasi : A

Daya Tampung : 84 kursi

Passing Grade : 50.8%

3. Ilmu Komunikasi

Berikut ada jurusan Ilmu Komunikasi yang masuk ke dalam daftar jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Soshum. Tak dapat disangkal, bahwa jurusan ini merupakan jurusan yang paling banyak digemari oleh calon mahasiswa di semua universitas.

Pasalnya, jurusan ini akan mempelajari beberapa hal yang berkaitan dengan manusia, media dan perkembangan teknologi. Jika dilihat dari materi kuliah, Ilmu Komunikasi akan mempelajari dasar-dasar ilmu komunikasi melalui mata kuliah pengantar ilmu komunikasi, psikologi komunikasi, perkembangan teknologi komunikasi dan sebagainya.

Tidak hanya itu, prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi pun sangat banyak dan fleksibel. Di mana, lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai public relations, business analyst, content writer, creative di media atau industri kreatif lainnya, dan sebagainya.

Akreditasi : A

Daya Tampung : 40 kursi

Passing Grade : 52.3%

4. Akuntansi

Di peringkat keempat ada akuntansi sebagai jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Soshum. Jurusan ini sama seperti jurusan Ilmu Komunikasi, karena memiliki peminat yang sangat banyak di hampir seluruh universitas di Indonesia.

Jika masuk ke jurusan ini, kamu akan mempelajari hal-hal seperti analitik bisnis, pengantar manajemen pemasaran, akuntansi biaya, pengauditan dan asuransi, pengantar hukum bisnis, dan materi akuntansi lainnya.

Tidak hanya itu, lulusan dari jurusan ini bisa bekerja sebagai akuntan dan auditor, manajer keuangan, analis manajemen, akuntan publik, asisten akuntansi, Certified Public Accountants (CPA) dan sebagainya.

Akreditasi : A

Daya Tampung : 79 kursi

Passing Grade : 56.4%

5. Psikologi

Jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Soshum yang terakhir adalah Psikologi. Ya, jurusan yang mempelajari tentang filsafat, psikologi kepribadian, psikologi klinis, biopsikologi dan lainnya ini sangat diminati oleh pendaftar.

Peluang kerja untuk jurusan psikologi tidak terlalu luas, karena rata-rata pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan standar, yaitu menjadi HRD, recruiter, Research and Development (RND).

Untuk kamu yang tidak ingin bekerja di perusahaan, jangan khawatir. Lulusan dari jurusan ini juga bisa bekerja sebagai dosen psikologi, psikolog, guru bimbingan konseling, konselor dan lain sebagainya.

Akreditasi : A

Daya Tampung : 80 kursi

Passing Grade : 48.8%

(Baca Juga: Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya)
Tips Lolos SBMPTN dan SIMAK UI 2020

Tentu saja untuk masuk ke universitas favorit, khususnya Universitas Indonesia tidak mudah. Kamu perlu mengetahui tips-tips untuk lolos SBMPTN dan SIMAK UI 2020 yang akan dibahas berikut ini.

SBMPTN 2020
  • Mengurutkan jurusan yang diinginkan sesuai dengan jumlah peminat dan peringkatnya
  • Pastikan pilihan-pilihan mu ada di jurusan yang sama
  • Pastikan jurusan yang dipilih sesuai dengan minat dan bakat
  • Pintar-pintar memanfaatkan keuntungan di balik sistem penilaian baru
  • Asah kemampuan dengan mengikuti try out SBMPTN, baik online atau dari lembaga
  • Pastikan kondisi tubuh fit dengan menjaga kesehatan
  • Mengatur jadwal belajar dengan baik
  • Belajar sungguh-sungguh
  • Melakukan latihan soal
  • Selalu berdoa dan berusaha
SIMAK UI 2020
  • Memahami apa yang akan dihadapi
  • Pastikan dokumen yang dibutuhkan lengkap
  • Persiapan yang matang
  • Pastikan kondisi tubuh fit dengan menjaga kesehatan
  • Menentukan target soal yang akan dijawab
  • Tenang, tidak panik ketika mengerjakan
  • Belajar sungguh-sungguh
  • Berdoa
  • Menyusun sistematika pengerjaan ujian

Nah, jurusan paling favorit di Universitas Indonesia jurusan Saintek dan Soshum beserta tips lolos SBMPTN dan SIMAK UI 2020 sudah kamu ketahui di atas. Kini saatnya kamu mempersiapkan dana pendidikannya ya.

Mengingat biaya masuk perguruan tinggi cukup besar, kamu bisa mulai menabung dari sekarang. Namun, jika perguruan tinggi mu membutuhkan biaya dalam jangka waktu yang dekat, jangan khawatir. Langsung saja ajukan kredit pendidikan atau KTA dengan cepat dan mudah hanya di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis