Daftar Bimbel Terbaik untuk Masuk UI dan PTN Terfavorit 2020

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Dari banyaknya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu PTN favorit incaran para calon mahasiswa. Bahkan, beberapa daftar bimbel terbaik untuk masuk UI pun, sudah dipenuhi oleh pendaftar sejak jauh-jauh hari, untuk mempersiapkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), hingga Simak UI.

Pendaftar UI di SBMPTN 2019 sendiri, mencapai 30.145 orang. 30 ribu-an pendaftar tersebut dibagi menjadi dua minat prodi, yakni peminat di prodi saintek sebanyak 13.458 pendaftar, sedangkan peminat di prodi soshum sebanyak 16.697 pendaftar.

Padahal, daya tampung UI di SBMPTN 2019 sendiri hanya sekitar 2.000-an orang saja. Sedangkan jumlah peserta yang ikut Simak UI menjcapai 53.712 orang. Wah, persaingan yang sangat ketat bukan?

Namun, beruntunglah kamu karena saat ini sudah banyak tempat bimbingan belajar atau bimbel terbaik, dan terpercaya yang bisa membantumu untuk bisa lolos masuk UI, bahkan PTN lainnya. Nah, beberapa daftar bimbel terbaik untuk masuk UI ini, bahkan sangat direkomendasikan untuk kamu.

Apa Sih Keunggulan Ikut Bimbel?

Saat ini daftar bimbel terbaik untuk masuk UI sudah banyak bermunculan, dan memiliki sistem belajar masing-masing yang unik. Mulai dari bimbel yang wajib datang langsung ke lokasi pembelajaran, hingga bimbel online yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, dan keinginan. Berikut beberapa keunggulan ikut bimbel, demi bisa masuk UI dan PTN lainnya:

  • Bisa menjadikanmu lebih fokus pada berbagai seleksi masuk PTN termasuk UI
  • Bisa memberimu semangat lebih
  • Di tempat bimbel, kamu bisa dapatkan materi pelajaran sesuai yang diujikan di SBMPTN atau Simak UI
  • Kamu jadi lebih banyak mengetahui informasi tentang SBMPTN, Simak UI, dan seleksi mandiri lainnya
  • Materi pelajaran, dikemas secara unik, menarik dan interaktif, jika kamu ikut bimbel online
  • Bimbel online juga bisa dilakukan secara fleksibel, di mana saja, kapan saja.

Apakah Kamu Perlu Ikut Bimbel untuk Masuk PTN?

Dari beberapa keunggulan di atas, ikut bimbel memang akan membuatmu terpacu untuk bisa masuk di PTN favorit. Namun, kembali lagi ke pribadi masing-masing, jika kamu bersungguh-sungguh, impian untuk bisa masuk UI dan PTN unggul lainnya, mungkin bisa jadi kenyataan.

Akan tetapi, jika ikut bimbel hanya karena ikut-ikutan saja, tentu impian masuk UI dan PTN terpopuler lainnya, hanya jadi angan-angan saja. Terlebih, biaya bimbel tidaklah murah, jadi pastikan, keduanya seimbang yakni ikut bimbel ditambah niat yang besar.

(Baca Juga: Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya)

Daftar Bimbel Terbaik untuk Masuk UI

Nah, sebentar lagi berbagai proses seleksi masuk PTN, akan segera digelar. Bagi kamu yang sedang cari-cari tempat bimbel terbaik untuk masuk UI atau PTN favorit, berikut daftar bimbel terbaik untuk masuk UI, paling direkomendasikan:

1. Salemba Group (SG)

Daftar bimbel terbaik untuk masuk UI yang pertama adalah Salemba Group (SG). Di SG, kamu bisa mengikuti program jaminan masuk UI-PTN, yang sangat intens dan eksklusif dalam mempersiapkan kesuksesan pada SBMPTN, Simak UI, dan atau UM PTN.

Tidak hanya itu, SG juga memberikan garansi uang kembali, jika tidak diterima di UI atau PTN populer lainnya. Tertarik ikut bimbel di SG? SG juga akan membuka pembelajaran pada 3 April 2020 mendatang. Berikut informasi lengkapnya tentang SG:

2. BTA Group

Daftar bimbel terbaik untuk masuk UI selanjutnya adalah BTA Group. BTA sendiri merupakan kepanjangan dari Bimbingan Tes Alumni SMA 8, yang artinya, tempat bimbel ini didirikan oleh beberapa alumni SMA 8 Jakarta.

BTA Group yang kini terus berkembang, akhirnya memiliki beberapa cabang seperti BTA 8 Soepomo, BTA 45, BTA 8 SMP, BTA DuTA, BTA 8 Fatmawati dan BTA 8 Depok.

Tidak hanya itu, salah satu keunggulan dari BTA Group adalah para pengajar yang mayoritas alumni PTN ternama, seperti UI. Selain itu, rata-rata usia pengajar juga masih di bawah 30 tahun, sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang modern.

  • Lokasi: Untuk alamat lengkap percabang beserta kontak, bisa kamu lihat di link berikut: https://btagroup.co.id/contact
  • Biaya: Sekitar Rp8,5 juta – Rp19,5 juta
  • Keunggulan dalam metode belajar: Belajar selama 7 hari non-stop, terdapat evaluasi belajar, sistem tryout yang berbeda.

3. Lavender

Daftar bimbel terbaik untuk masuk UI yang tak kalah unggul dan memberikan fasilitas baik adalah Lavender. Sama hal seperti tempat bimbel lainnya, bimbel Lavender merupakan tempat bimbingan belajar, dengan spesialisasi bimbel karantina masuk UI, UGM, ITB, dan juga PTN favorit lainnya.

Bimbel Lavender juga memberikan pembelajaran yang fokus untuk mempersiapkan ujian masuk UTBK SBMPTN, Simak UI, Simak UI Internasional, UTUL UGM, IUP UGM, ITB Internasional, dan ujian PTN lainnya.

Sistem bimbel karantina sendiri merupakan sistem supercamp, di mana mewajibkan pesertanya untuk tinggal di lokasi belajar (di hotel/wisma di sekitar Depok). Untuk jangka waktu supercamp tersebut adalah sekitar 4-6 minggu. Disana siswa akan difokuskan untuk mempelajari materi dan soal persiapan ujian PTN, setiap hari, dari pagi hingga malam.

  • Lokasi: Jalan. Margonda Raya No.525, Depok, Jawa Barat
  • Mulai pembelajaran: Juli 2019 – Juni 2020
  • Waktu pembelajaran: Full Day, mulai pukul 08.00-16.30
  • Email: info@bimbellavender.com
  • Kontak: 02129503963 / 081291001570 (WA)
  • Biaya: Rp37,5 juta (pengembalian biaya education cost sebesar Rp8 juta, apabila siswa tidak lulus PTN)

4. Zenius

Selanjutnya ada Zenius yang masuk dalam daftar bimbel terbaik untuk masuk UI. Tempat bimbel yang sedang naik daun, karena banyak mengantarkan alumninya ke PTN favorit ini, memiliki keunggulan di metode belajar yang fleksibel.

Ya, bimbel zenius ini merupakan salah satu tempat bimbel online, yang bisa membantumu mempelajari berbagai macam soal, untuk seleksi masuk PTN. Namun, meski belajar secara online, kamu akan diberikan pematangan konsep dan materi, sehingga tidak hanya fokus untuk mengerjakan soal saja.

5. Tridaya

Daftar bimbel terbaik untuk masuk UI berikutnya adalah Tridaya. Biasanya, tempat les memiliki jumlah siswa per kelas 4-6 orang, namun jika kamu merasa kesulitan belajar dengan banyak orang, mungkin tempat bimbel Tridaya cocok untuk kamu.

Tempat bimbel yang menggunakan sistem pendekatan individu ini, akan membuat siswanya bisa belaja sesuai dengan potensi, kemampuan, serta materi yang sedang dibutuhkan.

Sehingga, dengan sistem pembelajaran secara detail, dan privat, kamu jadi bisa menguasai materi dengan lebih mudah dan cepat. Tempat bimbel ini juga bisa untuk semua tingkat pelajar, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga kebutuhan khusus lainnya.

  • Lokasi: Kantor pusat di Jl. Brigadir Jend. Katamso No.27, Cihaurgeulis, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.
  • Kontak: 022-7272494
  • Link website: https://tridayagroup.com/
  • Biaya: Les Privat SD (15x Pertemuan): Rp 2.400.000//Les Privat SMP (15x Pertemuan): Rp 2.800.000//Les Privat SMA (15x Pertemuan): Rp 3.250.000

6. Sony Sugema College (SSC)

Daftar bimbel terbaik untuk masuk UI yang juga terdapat di Kota Bandung ini adalah Sony Sugema College. Tempat bimbel yang didirikan pada 1990 ini, setidaknya sudah menghantarkan ribuan siswa ke Universitas Indonesia.

Apa yang menjadi keunggulan bimbel Sony Sugema College ini? Ternyata tempat bimbel ini, memiliki pelayanan guru yang bisa mendatangi rumah siswa, layaknya les privat.

Biaya:

  • Paket sukses masuk ITB & Kedokteran (bergaransi) Rp29 juta, pendaftaran: Rp500.000
  • Paket prima (bergaransi) Rp 17,7 juta, pendaftaran: Rp250.000
  • Paket Smart weekend (bergaransi) Rp10,7 juta, pendaftaran: Rp250.000

Website: http://www.sonysugemacollege.com/ 

(Baca Juga: 5 Situs Soal Latihan SBMPTN Beserta Kiat Mengerjakannya)

7. Ruangguru

Daftar bimbel terbaik untuk masuk UI berbasis online selain Zenius adalah Ruangguru. Tempat bimbel berbasis online ini bahkan menjadi yang terbesar saat ini.

Setidaknya, hanya dalam waktu 4 tahun, Ruangguru sudah bisa memiliki 6 juta pengguna, serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru, yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Selain itu, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Ruangguru di smartphone-mu. Sehingga, kamu jadi bisa belajar kapan saja dan di mana saja, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Mau sukses masuk UI dan PTN lainnya di tahun 2020 ini? Yuk, ikut bimbel di daftar bimbel terbaik untuk masuk UI, yang sudah direkomendasikan di atas.

Nah, selain persiapan belajar, kamu juga harus mempersiapkan dana untuk biaya bimbel. Untuk yang belum memiliki dana, CekAja.com, mungkin bisa dijadikan tempat untuk mengajukan pinjaman dana pendidikan, yang aman dan terpercaya.

Yuk ajukan pinjaman dana untuk pendidikan, hanya di Cekaja.com, demi bisa menggapai impianmu masuk UI dan PTN favorit!