10 Makanan yang Cocok untuk Penderita Maag, Yuk Coba!

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Untuk bisa mengatasi sakit maag, kamu tidak hanya perlu memperhatikan konsumsi obatnya saja, tetapi juga harus mengetahui apa saja makanan yang cocok untuk penderita maag. Pasalnya, penderita maag tidak bisa sembarang mengonsumsi makanan maupun minuman.

Karena apabila penderita maag salah mengonsumsi makanan, maka itu dapat menyebabkan kondisi maag menjadi semakin buruk.

Oleh sebab itu, mengetahui apa saja makanan yang cocok untuk penderita maag sangat penting.

Yang mana, makanan yang cocok untuk penderita maag cukup banyak, beberapa di antaranya akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Penasaran apa saja daftar makanan tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Penyebab Sakit Maag

Sebelum membahas lebih jauh tentang daftar makanan yang cocok untuk penderita maag, ada baiknya kamu ketahui lebih dulu apa saja penyebab sakit maag.

Adapun beberapa faktor yang memicu timbulnya sakit maag, di antaranya yaitu:

  • Stres berlebihan
  • Makan terlalu banyak
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung soda dan kafein
  • Makan terlalu cepat
  • Terlalu banyak mengonsumsi cokelat
  • Adanya luka terbuka atau infeksi pada lapisan lambung (tukak lambung)
  • Efek samping konsumsi obat anti inflamasi non-steroid (OAINS)
  • Mengonsumsi terlalu banyak makanan pedas, asam dan berlemak
  • Kelebihan berat badan.

Cara Mengatasi Sakit Maag

Rasanya belum lengkap apabila kamu hanya mengetahui penyebab sakit maag, tanpa tahu bagaimana cara mengatasinya.

Oleh karena itu, di bawah ini CekAja.com akan memberikan beberaa cara mengatasi sakit maag yang efektif untuk dilakukan, di antaranya yaitu:

  • Memperbaiki dan mengatur pola makan
  • Mengendalikan stres
  • Mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok
  • Rajin berolahraga
  • Tidak mengonsumsi obat-obatan yang memicu sakit maag
  • Tidak mengonsumsi obat-obatan yang memicu iritasi lambung
  • Hindari berolahraga sesaat setelah makan
  • Kurangi atau bahkan hentikan kebiasaan minum alkohol
  • Mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter (seperti antasida, antibiotik, obat gastroprotektor, H2RA, PPI dan prokinetik).

(Baca Juga: Daftar Obat Alami untuk Penderita Maag)

Makanan yang Cocok untuk Penderita Maag

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu telah mengetahui beberapa hal terkait sakit maag, seperti penyebab dan cara mengatasinya, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui daftar makanan yang cocok untuk penderita maag.

Mengingat makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita maag tidak banyak, di bawah ini CekAja.com akan memberikan 10 daftar makanan yang cocok untuk penderita maag, yaitu:

1. Seafood atau daging tanpa lemak

Makanan yang cocok untuk penderita maag yang pertama, yaitu seafood dan daging tanpa lemak.

Tidak hanya aman dikonsumsi saja, tetapi seafood dan daging tanpa lemak pun, bisa membantu memulihkan berbagai jenis keluhan yang terjadi, akibat dari asam lambung yang naik.

Namun sebelum mengonsumsi seafood atau daging tanpa lemak, pastikan terlebih dahulu kalau seafood dan daging yang akan dikonsumsi itu benar-benar tidak mengandung lemak, atau mungkin memiliki kadar lemak yang rendah.

Pasalnya, jika seafood atau daging yang dikonsumsi memiliki kandungan lemak tinggi, maka hal itu hanya akan memberikan dampak buruk pada penderita maag.

Salah satunya yaitu memicu timbulnya gejala maag, atau bahkan memperburuk kondisi maag yang dimiliki penderita.

2. Oatmeal

Berikutnya ada oatmeal yang menjadi makanan yang cocok untuk penderita maag. Hal itu dikarenakan, oatmeal memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi, fosfor, magnesium, zat besi, mangan, tembaga, seng, folat serta vitamin B.

Semua kandungan nutrisi tersebut, untuk para penderita maag mampu mengurangi gejala naiknya asam lambung.

Terlebih, ketika dikonsumsi oatmeal dapat membantu menyerap kelebihan cairan asam, yang ada di dalam lambung. Sehingga, kadar asam dalam lambung menjadi lebih terkontrol.

Selain itu, oatmeal juga dapat melindungi lapisan perut dari risiko iritasi, yang mungkin terjadi ketika produksi asam lambung meningkat.

Dan salah satu fakta menariknya, oatmeal juga mampu mengurangi risiko sembelit, membantu program diet karena membuat rasa kenyang tahan lebih lama, serta melancarkan kinerja usus.

3. Roti gandum

Meski roti sebenarnya dilarang untuk dikonsumsi para penderita maag, namun roti gandum menjadi pengecualian.

Sebab, roti gandum memiliki banyak kandungan serat, vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung, serta mencegah kambuhnya maag.

Semua kandungan tersebut didapat, karena roti ini terbuat dari gandum whole wheat atau whole grain dan mengandung beragam biji-bijian di dalamnya.

Oleh karena itu, roti gandum menjadi salah satu pilihan makanan yang cocok untuk penderita maag, karena aman dikonsumsi.

4. Sayuran hijau

Daftar makanan yang cocok untuk penderita maag selanjutnya adalah sayuran hijau. Ini merupakan jenis makanan, yang ramah terhadap lambung.

Hal tersebut tentunya karena tingginya serat yang dimiliki sayuran hijau, membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar dan membantu menurunkan kadar asam lambung.

Untuk jenisnya sendiri, para penderita maag bisa mengonsumsi beberapa jenis sayuran hijau, seperti mentimun, buncis, brokoli, kol, selada dan asparagus.

Sementara untuk waktu konsumsinya, para penderita maag bisa mengonsumsi sayuran hijau, setidaknya satu kali sehari. Bagaimana, tidak rumit bukan?

5. Lidah buaya

Di urutan kelima ada lidah buaya, yang menjadi bagian dari daftar makanan yang cocok untuk penderita maag.

Lidah buaya sendiri tidak hanya dikenal sebagai penyembuh alami, tetapi juga dikenal dan dipercaya mampu mengobati asam lambung yang naik.

Maka dari itu, tidak heran apabila banyak para penderita maag, yang memburu dan mengonsumsi lidah buaya sebagai obat maag.

Para penderita maag pun tidak mengonsumsi lidah buaya begitu saja, melainkan mengolahnya menjadi sebuah minuman atau makanan.

6. Pisang

Siapa sih di antara kamu yang tidak suka pisang? Salah satu jenis buah yang memiliki tekstur lembut dan rasa manis ini, nyatanya menjadi makanan yang cocok untuk penderita maag.

Dengan segudang zat dan nutrisi baik yang dimilikinya, pisang mampu meredakan gejala maag, dengan cara memberikan lapisan pelindung pada kerongkongan (esofagus) yang iritasi.

Tidak hanya itu, berkat tingginya serat yang dimilikinya, membuat pisang juga mampu mengatasi dan mengobati gangguan pencernaan.

7. Pepaya

Meski dikenal sebagai buah yang berguna untuk melancarkan pencernaan, pepaya juga dikenal sebagai makanan yang cocok untuk penderita maag.

Kandungan enzim papain yang dihasilkan oleh getah pepaya ini, ternyata dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Cara yang dilakukan enzim ini pun terbilang unik, karena sistem pencernaan akan dilancarkan dengan cara mempermudah proses pemecahan protein. Dengan begitu, nantinya asam amino pun akan lebih mudah dipecah oleh tubuh.

Untuk penderita maag sendiri, enzim papain secara tidak langsung mampu mengurangi gejala asam lambung. Hal itu dikarenakan, enzim ini juga mengurangi kerja sistem pencernaan.

Atas dasar tersebut, maka pepaya pun dinilai bisa menjadi salah satu makanan, yang baik dan tepat untuk dikonsumsi para penderita maag.

8. Putih telur

Siapa di antara kamu yang belum pernah mendengar, kalau putih telur merupakan salah satu makanan yang cocok untuk penderita maag? Eits, hati-hati kamu ketinggalan zaman!

Faktanya, olahan putih telur yang dikonsumsi begitu saja tanpa kuning telur, mampu memberikan sumber protein yang baik untuk tubuh, tanpa mengganggu dan memperburuk kondisi maag.

Berbeda halnya apabila putih telur dikonsumsi bersama dengan kuning telur. Itu mungkin dapat memperburuk kondisi maag, karena kuning telur memiliki kadar lemak yang cukup tinggi.

Sehingga, mengonsumsi putih bersama dengan kuning telur, merupakan hal yang sangat tidak disarankan untuk para penderita maag.

9. Melon

Di urutan kesembilan ada melon, sebagai makanan yang cocok untuk penderita maag. Memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, dan serat tinggi, melon disebut menyumbang banyak zat gizi yang penting dan baik untuk tubuh.

Selain itu, melon juga termasuk salah satu buah dengan kandungan asam yang rendah, namun basa yang cukup tinggi, karena mengandung sejumlah magnesium.

Perlu diketahui, magnesium merupakan satu dari sekian banyak bahan utama, yang sering ditemukan di sebagian besar obat maag. Dengan begitu, tidak heran apabila melon dikatakan sebagai makanan yang cocok untuk penderita maag.

10. Yogurt

Makanan yang cocok untuk penderita maag yang terakhir, yaitu yogurt. Jika dilihat sekilas, kamu mungkin akan berpikir, apakah benar yogurt menjadi salah satu makanan yang cocok untuk penderita maag?

Mengingat rasa dari yogurt sendiri asam, sepertinya yogurt bukan makanan yang tepat untuk penderita maag.

Namun nyatanya, yogurt menjadi salah satu makanan yang aman dikonsumsi oleh para penderita maag, karena memiliki efek menenangkan sekaligus membantu mengatur rasa tidak nyaman dalam perut.

Tentunya efek penenang tersebut bisa didapat, apabila yogurt dikonsumsi dalam kadar yang tepat dan tidak berlebihan.

Selain mampu menenangkan rasa tidak nyaman dalam perut, yogurt juga mampu mengendalikan kadar naiknya asam lambung, melancarkan sistem pencernaan dan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Makanan yang Dilarang untuk Dikonsumsi Penderita Maag

Jika daftar makanan yang cocok untuk penderita maag sudah kamu ketahui sebelumnya, maka kini saatnya untuk kamu tahu apa saja makanan yang dilarang untuk dikonsumsi penderita maag.

Adapun beberapa jenis makanan tersebut, yang dilarang dikonsumsi karena mampu memicu kambuhnya sakit maag, di antaranya yaitu:

  • Makanan pedas
  • Makanan yang mengandung lemak tinggi
  • Makanan yang terlalu asam
  • Makanan yang terlalu asin
  • Cokelat
  • Makanan yang mengandung santan
  • Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan gas tinggi
  • Makanan yang terlalu manis.

Selain beberapa makanan di atas, para penderita maag pun harus mulai mengurangi beberapa jenis minuman, seperti:

  • Kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein
  • Alkohol
  • Beberapa jenis susu
  • Minuman yang mengandung soda.

(Baca Juga: Jenis Makanan Diet untuk Penderita Maag)

Itulah beberapa informasi terkait sakit maag yang sudah kamu ketahui, mulai dari penyebab maag, cara mengatasinya, daftar makanan yang cocok untuk dikonsumsi penderita maag hingga makanan yang dilarang untuk dikonsumsi penderita maag.

Semua informasi tersebut, tentunya berguna untuk mencegah kambuhnya gejala maag, pada penderita maag.

Sebab, jika kamu atau para penderita maag lainnya tetap sembarangan dan tidak memperhatikan konsumsi makanannya, maka gejala maag akan kambuh atau bahkan semakin parah.

Oleh sebab itu, untuk mencegahnya kamu bisa mulai memperhatikan konsumsi makanan, serta melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Karena, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Dengan begitu, nantinya kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus ditanggung.

Nah maka dari itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani