10 Manfaat Buah Kedondong yang Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Meski memiliki cita rasa asam yang sangat pekat, namun ternyata manfaat buah kedondong sangat banyak. Kamu bisa mendapatkan semua manfaat buah kedondong, hanya dengan mengonsumsinya secara rutin.

Namun tentu saja, kamu tetap harus memperhatikan jumlah konsumsinya agar tidak menimbulkan efek samping.

Buat kamu yang mungkin belum tahu buah kedondong, ini sejatinya merupakan buah tropis yang memiliki bentuk lonjong berwarna hijau, berkulit keras serta biji yang berserabut.

Buah yang juga dikenal dengan nama latin Spondias dulcis ini, memiliki daging buah yang renyah, berwarna keemasan, berair dan memiliki cita rasa asam.

Maka dari itu, tidak heran apabila buah kedondong seringkali dijadikan sebagai salah satu buah tambahan untuk rujak, maupun diolah menjadi asinan kedondong.

Kandungan Nutrisi Buah Kedondong

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat buah kedondong, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah kedondong.

Pasalnya tidak dapat dipungkiri, kalau salah satu faktor yang membuat buah kedondong memiliki banyak manfaat adalah nutrisi yang dikandungnya.

Lantas, apa saja kandungan nutrisi yang dimiliki buah kedondong? Yuk simak ulasan berikut ini!

  • Air
  • Zat besi
  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Fosfor

(Baca Juga: Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan)

Manfaat Buah Kedondong

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui kandungan nutrisi buah kedondong, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui manfaat buah kedondong.

Yang mana, manfaat buah kedondong untuk kesehatan sejatinya ada banyak sekali. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Nah, untuk tahu lebih jelas apa saja manfaat buah kedondong yang diberikan untuk tubuh, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 manfaat, yang akan diulas sebagai berikut.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat buah kedondong yang bisa kamu dapatkan pertama, yaitu meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, kandungan vitamin C yang dimiliki buah kedondong, secara efektif mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Hal tersebut dikarenakan, vitamin C sendiri menghasilkan sel darah putih, yang nantinya akan melawan berbagai macam penyakit, yang masuk ke dalam tubuh.

Tidak hanya itu, vitamin C juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka, serta meningkatkan pembentukan kolagen.

Terlebih, kandungan antioksidan yang dimiliki buah kedondong pun turut membantu mencegah terjadinya kerusakan beberapa organ tubuh, yang diakibatkan oleh radikal bebas.

2. Melancarkan Pencernaan

Selain meningkatkan imunitas tubuh, kedondong juga bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Bagaimana tidak, manfaat buah kedondong yang satu ini bisa didapatkan, karena kedondong kaya akan serat.

Dengan begitu, maka mengonsumsi buah kedondong dapat membantu memudahkan pergerakan usus, agar sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Kemudian tingginya kandungan air yang dimiliki buah kedondong, secara efektif juga mampu mencegah risiko dehidrasi. Oleh karena itu, buah yang satu ini sangat cocok dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

3. Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka, kalau mengonsumsi buah kedondong dapat menurunkan berat badan? Ya, faktanya manfaat buah kedondong yang satu ini bisa kamu rasakan, apabila dikonsumsi secara rutin.

Karena, buah kedondong diketahui, buah kedondong memiliki serat makanan tinggi, air, serta kandungan lemak dan kalori yang rendah.

Sehingga, buah kedondong dapat dijadikan sebagai makanan alternatif yang membantu menurunkan berat badan.

Sebab, kandungan serat makanan dan air dalam buah kedondong, dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama, untuk mencegah seseorang makan berlebihan.

4. Mengatur Kadar Kolesterol

Manfaat buah kedondong yang keempat, yaitu mengatur kadar kolesterol.

Ini dikarenakan, buah kedondong mengandung antioksidan dan vitamin C, yang tidak hanya mampu meningkatkan imunitas tubuh, tetapi juga mengatur kadar kolesterol agar tetap terjaga.

Jika ingin mendapatkan manfaat yang satu ini, sebaiknya kamu mengonsumsi buah kedondong sesaat setelah mengonsumsi makanan berlemak.

Dengan demikian, kamu dapat mencegah risiko meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh, yang menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit kronis.

5. Mencegah Penuaan Dini

Rasanya, setiap orang tidak ingin mengalami penuaan dini. Sebab, itu merupakan suatu kondisi penuaan kulit, yang prosesnya jauh lebih cepat dari proses biasanya.

Salah satu tanda penuaan dini bisa kamu lihat dari timbulnya kerutan-kerutan di wajah, layaknya orang yang sudah berusia tua.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mulai mengonsumsi buah kedondong. Pasalnya, buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C, yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C ini juga mampu melindungi beberapa molekul penting, seperti karbohidrat, asam nukleat (DNA dan RNA), lipid dan protein dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan demikian, maka kulit akan semakin terjaga kesehatannya, lebih elastis dan terhindar dari risiko penuaan dini, karena vitamin C yang dikandungnya membantu proses pembentukan kolagen.

6. Mengobati Batuk

Jika biasanya kamu mengobati batuk dengan mengonsumsi obat-obatan, maka kini kamu bisa mengobatinya dengan mengonsumsi buah kedondong.

Manfaat buah kedondong sebagai obat, untuk mengatasi batuk ini bisa kamu dapatkan dengan cara menghaluskan buah kedondong, lalu mencampurkannya dengan sedikit garam.

Setelah itu, campuran cairan buah kedondong dan garam tersebut, bisa diminum sebanyak dua kali sehari, sebagai obat untuk menyembuhkan batuk secara alami.

7. Mengatasi Anemia

Seperti yang diketahui, anemia merupakan sebuah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat.

Atau dengan kata lain, anemia adalah kondisi ketika sel darah merah dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Jika sudah begitu, nantinya organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, yang membuat para penderitanya menjadi mudah lelah dan pucat. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mulai mengonsumsi buah kedondong.

Manfaat buah kedondong yang satu ini bisa dirasakan, karena buah ini memiliki kandungan zat besi, yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Sebagai buah yang memiliki kandungan fosfor dan kalsium tinggi, kedondong secara efektif mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Fosfor sendiri bekerja dengan kalsium, untuk membantu membentuk tulang. Sementara, fondasi dasar dari mineralisasi tulang adalah kolagen, yang dibentuk oleh vitamin C.

Kemudian, vitamin C ini juga berguna dalam menjaga tulang rawan yang ada di tulang dan gigi dua area, yang membutuhkan asupan kalsium untuk pertumbuhan.

Intinya, manfaat buah kedondong ini akan didapatkan, apabila kedondong dikonsumsi secara rutin. Meski begitu, namun konsumsinya tetap harus diperhatikan sesuai kebutuhan.

9. Mencegah Timbulnya Penyakit Jantung

Manfaat buah kedondong yang berikutnya, yaitu mencegah timbulnya penyakit jantung. Sebab, sebagai salah satu penyakit kronis, kesehatan jantung benar-benar harus diperhatikan dan dijaga sebaik mungkin.

Kamu bisa mengonsumsi buah kedondong secara rutin, sebagai upaya pencegahan. Karena, kedondong memiliki kandungan vitamin C, yang membantu meminimalisir risiko penyebab penyakit jantung.

10. Meningkatkan Vitalitas

Nyatanya, kamu juga bisa meningkatkan vitalitas dengan mengonsumsi buah kedondong, loh! Dikenal kaya akan kandungan gula sukrosa, buah ini mampu meningkatkan energi dan vitalitas tubuh.

Sehingga, apabila kamu merasa lemas, lesu dan tidak bersemangat, kamu bisa langsung mengatasinya dengan mengonsumsi buah kedondong ini, dan dapatkan manfaat buah kedondong secara maksimal.

Efek Samping Mengonsumsi Buah Kedondong

Jika berbicara tentang efek samping, sebenarnya buah ini akan lebih memberikan dampak pada ibu hamil dan penderita penyakit maag.

Terlebih, jika buah kedondong dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka dampak yang akan dirasakan pun akan jauh lebih parah.

Untuk tahu apa saja dampak atau efek samping dari konsumsi buah kedondong pada ibu hamil dan penderita maag, yuk simak ulasan berikut ini.

Efek samping pada ibu hamil

Untuk ibu hamil, efek samping yang akan ditimbulkan biasanya berbentuk rasa mual dan muntah, yang disebabkan oleh timbulnya asam lambung, akibat rasa asam buah kedondong yang sangat tinggi.

Dan dalam kondisi terparahnya, apabila asam lambung tersebut sudah naik ke kerongkongan, maka ibu hamil juga akan merasakan rasa panas dan perih di bagian dada.

Efek samping pada penderita maag

Untuk penderita maag sendiri, efek samping yang ditimbulkan akan lebih berbahaya, salah satunya yaitu menyebabkan timbulnya batu ginjal.

Yang mana, timbulnya batu ginjal ini disebabkan oleh kadar vitamin C dalam tubuh yang berlebih, dan mampu mengikat mineral.

Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut penderita maag sebaiknya memang tidak mengonsumsi buah kedondong, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jika memang menginginkannya, penderita maag harus mengonsumsi makanan lainya terlebih dahulu, seperti bubur atau nasi sebelum mengonsumsi buah kedondong.

Beragam Olahan Buah Kedondong

Melihat dari efek sampingnya, sepertinya untuk ibu hamil dan penderita maag sangat tidak disarankan mengonsumsi buah kedondong begitu saja. Pasalnya, rasa asam yang dimiliki buah kedondong sangat tajam.

Oleh karena itu, CekAja.com akan memberikan rekomendasi beberapa olahan buah kedondong, yang aman dikonsumsi dan bisa kamu coba, di antaranya yaitu:

  • Asinan kedondong
  • Jus kedondong
  • Setup kedondong
  • Mie kedondong
  • Sambal kedondong
  • Udang madu kedondong
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan)

Kini beberapa informasi terkait manfaat buah kedondong, kandungan nutrisi, efek samping dan jenis olahannya sudah kamu ketahui secara jelas.

Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau semua manfaat buah kedondong ini bisa didapatkan apabila kedondong dikonsumsi secara rutin dan takarannya.

Jangan sampai, buah kedondong dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Karena, itu hanya akan menimbulkan efek samping yang sangat membahayakan tubuh, khususnya untuk ibu hamil dan para penderita maag.

Oleh karena itu, untuk mencegahnya kamu perlu mengonsumsi buah kedondong sewajarnya. Dan akan lebih baik, jika kamu juga melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, jika suatu terjadi sesuatu, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan.

Untuk itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa langsung mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan asuransi kesehatan di CekAja.com pun mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatanmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani