12 Tempat Ngopi di Jogja Paling Favorit yang Wajib Dikunjungi

9 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Kota yang dikenal dengan julukan Kota Pelajar ini, tidak hanya kaya akan wisata budaya, tetapi juga memiliki banyak tempat ngopi di Jogja yang bagus dan murah. Buat kamu yang berencana berkunjung ke Jogja, kali ini CekAja.cm akan memberikan beberapa rekomendasi tempat ngopi di Jogja terbaik.

Semua rekomendasi tempat ngopi yang akan diberikan, tentunya tidak hanya tempat ngopi yang berada di bangunan mewah dan aesthetic saja, tetapi juga tempat ngopi kaki lima legendaris, yang sudah populer ke hampir seluruh Indonesia.

Penasaran, apa saja rekomendasi tempat ngopi di Jogja tersebut? Daripada berlama-lama, yuk simak ulasan berikut ini!

12 Tempat Ngopi di Jogja

1. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Alamat: Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Nomor Telepon: –

Jam Buka: 14.00 – 03.00 WIB

Kisaran Harga: Rp3 ribu – Rp15 ribu

Tempat ngopi di Jogja yang pertama, yaitu angkringan kopi jos Lik Man. Berlokasi di Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Kota Yogyakarta, DIY, angkringan kopi jos Lik Man menjadi salah satu tempat ngopi yang wajib dikunjungi.

Bagaimana tidak, angkringan ini pasalnya memiliki kopi jos legendaris, yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan.

Buat kamu yang belum tahu kopi jos, ini sejatinya merupakan kopi hitam panas, yang diberi arang panas atau bara api, sehingga arang panas tersebut nantinya akan mengeluarkan bunyi “Jos”, ketika dicelupkan ke dalam kopi.

Namun selain kopi jos, angkringan ini juga memiliki menu lainnya yang patut dicoba dan tidak kalah lezat, di antaranya yaitu wedang jahe, susu jahe, sego kucing, gorengan hingga aneka ragam lauk.

(Baca Juga: Daftar Tempat Ngopi Terbaik di Bandung)

2. Warkop Semesta

Alamat: Jl. Abu Bakar Ali No.2, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah

Istimewa Yogyakarta 55224

Nomor Telepon: (0274) 565310

Jam Buka: 24 jam

Kisaran Harga: Rp10 ribu – Rp25 ribu

Meski memiliki nama Warkop Semesta, namun tempat ngopi di Jogja yang satu ini tidak berbentuk layaknya warkop pada umumnya.

Melainkan, warkop ini memiliki bentuk seperti restoran dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti WiFi, toilet, mushola, dan stop kontak.

Dengan semua fasilitas tersebut, Warkop Semesta sangat bisa dijadikan sebagai tempat untuk diskusi, rapat, atau bahkan sekadar mengerjakan tugas.

Selain itu untuk menunya sendiri, Warkop Semesta tidak hanya menawarkan berbagai macam kopi saja, tetap juga menawarkan menu-menu lainnya, seperti camilan, makanan berat dan berbagai macam minuman selain kopi.

3. Klinik Kopi

Alamat: Jl. Kaliurang Gg. Bima No.KM. 7.5, Ngabean Kulon, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Nomor Telepon: 0813-9278-4240

Jam Buka: Senin – Sabtu, 08.00 – 17.00 WIB

Kisaran Harga: Rp25 ribu

Buat kamu yang sudah sering ke Jogja, seharusnya kamu sudah tidak asing dengan tempat ngopi di Jogja yang satu ini. Ya, Klinik Kopi merupakan salah satu tempat ngopi yang memiliki konsep unik.

Sesuai dengan namanya, yaitu klinik, tempat ngopi ini memiliki sistem pemesanan kopi layaknya di klinik berobat.

Setiap pengunjung nanti akan diberikan nomor antrian. Setelah itu, pelayan akan memanggil pengunjung satu persatu sesuai dengan nomor antriannya untuk masuk.

Setelah masuk, pengunjung akan disambut oleh barista dan diajak ngobrol, untuk berkonsultasi mengenai berbagai macam permasalahan kopi.

Selain berkonsultasi, tentunya pengunjung akan disajikan kopi dan menikmatinya, sembari mendengarkan cerita dari barista.

Hanya saja, kopi yang disajikan di Klinik Kopi hanya kopi hitam. Sehingga, buat kamu yang tidak suka kopi hitam, atau hanya suka kopi yang dicampur susu dan gula, tempat ngopi yang satu ini rasanya kurang tepat untukmu.

4. Warung Kopi Klotok

Alamat: Jalan Kaliurang No.KM.16, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Nomor Telepon: 0822-3131-2004

Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Kisaran Harga: Rp5 ribu – Rp12 ribu

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu Warung Kopi Klotok? Menjadi salah satu tempat ngopi di Jogja terbaik, Warung Kopi Klotok selalu menjadi pilihan destinasi wisata yang wajib disambangi.

Hal itu dikarenakan, tempat ngopi yang satu ini menghadirkan suasana vintage ala Jawa. Tidak hanya itu, dengan mengusung konsep suasana desa dan rumahan, membuat Warung Kopi Klotok terasa semakin tenang dan syahdu.

Dengan begitu, maka tempat ngopi di Jogja yang satu ini bisa dijadikan sebagai tepat untuk refreshing, melepas penat dari segala kesibukan di ibukota.

Buat kamu yang ingin datang ke sini, selain mencoba kopi klotok yang menjadi menu utama tempat ini, kamu juga wajib mencoba pisang goreng andalan Warung Kopi Klotok yang sangat lezat.

5. Filosofi Kopi Jogja

Alamat: Jl. Pandhawa No.001/17, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Nomor Telepon: (0274) 888583

Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

Kisaran Harga: Rp18 ribu

Nama dari tempat ngopi yang satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga. Karena selain terletak di Jogja, Filosofi Kopi juga tersebar di beberapa daerah di Jakarta.

Hanya saja, di Jogja sendiri Filosofi Kopi mengusung konsep yang berbeda. Tepatnya yaitu menggabungkan budaya Jawa dengan suasana modern.

Sehingga ketika berkunjung ke tempat ngopi di Jogja yang satu ini, kamu tidak hanya sekadar menikmati sajian kopinya saja.

Tetapi kamu juga bisa menikmati sedikit budaya Jawa, yang terlihat dari bangunan joglo eksentrik, yang merupakan pusat bangunan Kedai Filosofi Kopi itu sendiri.

Selain itu, karena lokasinya yang terletak di pedesaan dan jauh dari keramaian, maka Filosofi Kopi cocok dijadikan sebagai tempat berkumpul dan menghabiskan waktu, bersama teman maupun keluarga.

6. English Ivy Coffee

Alamat: Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Nomor Telepon: –

Jam Buka: 10.00 – 01.00 WIB

Kisaran Harga: Rp15 ribu

Berikutnya ada English Ivy Coffee, yang menjadi salah satu tempat ngopi di Jogja yang wajib dikunjungi.

Berlokasi di Kaliurang, tempat ngopi yang satu ini menawarkan suasana tenang dan syahdu, yang berasal dari sawah yang mengelilingi English Ivy Coffee.

Kemudian untuk bangunannya sendiri, tempat ngopi yang satu ini tidak memiliki bangunan yang besar.

Namun, penggunaan kaca sebagai dinding bangunan, membuat tempat ngopi ini terlihat lebih luas.

English Ivy Coffee pun menjadi tempat ngopi yang pas, untuk kamu yang ingin ngopi-ngopi cantik, sembari berswafoto dengan latar aesthetic.

7. Raya’s Kitchen & Coffee

Alamat: Gang Sulawesi VIII No.2 Sariharjo, Purwosari, Sinduadi, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

Nomor Telepon: 0821-8300-9924

Jam Buka: 11.00 – 20.00 WIB

Kisaran Harga: Rp10 ribu

Buat kamu yang ingin tahu bagaimana bentuk dan suasana tempat ngopi di Jogja masa lampau, rasanya kamu wajib datang ke Raya’s Kitchen & Coffee.

Pasalnya, tempat ngopi yang satu ini memiliki dekorasi yang memadukan tema vintage dan modern sekaligus.

Untuk tema vintage sendiri, kamu bisa melihatnya pada halaman belakang Raya’s Kitchen & Coffee.

Sehingga, jika kamu benar-benar ingin merasakan suasana ngopi di Jogja masa lampau, kamu bisa coba menikmati kopi Raya’s Kitchen & Coffee, di halaman belakang tempat ini.

8. Ekologi Desk & Coffee

Alamat: Jl. Pandean Sari Blok IV No:10A, Candok, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

Nomor Telepon: (0274) 2833054

Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

Kisaran Harga: Rp20 ribu

Tempat ngopi di Jogja yang satu ini tidak hanya cocok untuk ngopi-ngopi cantik saja, tetapi juga cocok untuk kamu yang ingin ngopi sambil kerja atau mengerjakan tugas.

Hal itu karena, tempat ngopi ini menyediakan beberapa fasilitas, salah satunya yaitu free WiFi, yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjungnya.

Tidak hanya itu, nuansa alam yang mengelilingi tempat ngopi ini, beserta penggunaan kayu dan kaca sebagai interiornya pun, membuat Ekologi Desk & Coffee, semakin nyaman untuk dijadikan lokasi belajar dan bekerja.

9. Noe Coffee & Kitchen

Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.68, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

Nomor Telepon: –

Jam Buka: 09.00 – 23.00 WIB

Kisaran Harga: Rp20 ribu

Selain delapan tempat ngopi di atas, Noe Coffee & Kitchen juga wajib masuk ke dalam daftar tempat ngopi di Jogja yang wajib dikunjungi.

Meski tidak luas, namun tempat ngopi yang terletak di tengah kota Yogyakarta ini, memiliki konsep yang unik dan menarik, dengan berbagai spot foto Instagenic.

Karena lokasinya yang strategis, yaitu berada di sebesar RS Bethesda, tempat ngopi ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat peristirahatan sejenak, setelah melewati hiruk pikuk kota dengan segala kemacetannya.

Apalagi Noe Coffee & Kitchen memiliki tiga konsep ruangan yang bisa dipilih sesuai keinginan, di antaranya yaitu indoor, outdoor dan VIP Room.

10. Loko Coffee Shop

Alamat: No.3 A, Jl. Ps. Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Nomor Telepon: (0274) 540790

Jam Buka: 24 jam

Kisaran Harga: mulai dari Rp15 ribu

Di urutan ke-10 ada Loko Coffee Shop, sebagai tempat ngopi di Jogja terbaik. Buka 24 jam nonstop, tempat ngopi ini tidak hanya memiliki menu kopi saja.

Tetapi juga ada berbagai minuman segar lainnya, beserta makanan ringan dan berat yang dapat dinikmati.

Pada malam hari, pengunjung nantinya akan dimanjakan dengan live music. Sehingga, akan lebih seru jika datang ke Loko Coffee Shop bersama teman-teman, kerabat maupun keluarga.

Di sini, terdapat salah satu menu andalan yang wajib kamu coba, yaitu waffle. Namun, jika menginginkan makanan berat, ada nasi goreng tuna bercita rasa lezat yang bisa kamu coba.

11. Kedai Kopi Mataram

Alamat: Jl. Mataram No.55, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55213

Nomor Telepon: (0274) 566587

Jam Buka: 09.00 – 00.00 WIB

Kisaran Harga: Rp10 ribu – Rp25 ribu

Kedai Kopi Mataram merupakan salah satu tempat ngopi di Jogja terbaik yang bisa kamu kunjungi, setelah seharian berbelanja dan berjalan-jalan di kawasan Malioboro.

Tempat ngopi satu ini memiliki suasana yang sangat nyaman, karena menggunakan banyak interior bernuansa kayu namun modern, di setiap bagian ruangannya.

Kemudian untuk menunya sendiri, Kedai Kopi Mataram memiliki banyak variasi minuman dan makanan yang wajib dicoba, di antaranya yaitu ada minuman coffee based seperti latte, cappuccino, espresso, hingga kopi khas nusantara seperti Gayo, Java Ijen Robusta dan lain sebagainya.

12. Legend Coffee

Alamat: Jl. Abu Bakar Ali No.24-26, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

Nomor Telepon: (0274) 541290

Jam Buka: 09.00 – 00.00 WIB

Kisaran Harga: Rp5 ribu – Rp50 ribu

Tempat ngopi di Jogja yang terakhir, yaitu Legend Coffee. Buat kamu yang belum tahu, Legend Coffee merupakan salah satu tempat ngopi yang sedang hits di kalangan anak muda Jogja.

Memiliki lokasi yang strategis, yaitu berada di Kawasan dekat Malioboro dan Stadion Kridosono, Legend Coffee buka dari jam 09.00 – 00.00 WIB.

Maka dari itu, tempat ngopi yang satu ini seringkali dijadikan sebagai tempat persinggahan para wisatawan asing, maupun lokal yang ingin menikmati suasana kota Yogyakarta di malam hari.

Fasilitas yang diberikan tempat ngopi ini pun terbilang cukup lengkap, karena terdapat WiFi, soccer table, biliar mini, PS3, Nintendo hingga dart games yang dapat dimainkan para pengunjung.

(Baca Juga: Kafe Hits dengan Panorama Indah)

Itulah 12 tempat ngopi di Jogja terbaik yang bisa dijadikan pilihan dan rekomendasi. Semua tempat ngopi tersebut, memiliki suasana yang unik dan berbeda.

Sehingga, kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Apabila kamu menginginkan tempat yang tenang dan damai, kamu bisa berkunjung ke Filosofi Kopi.

Sementara apabila kamu ingin ngopi sekaligus belajar lebih dalam tentang kopi, maka kamu bisa berkunjung ke klinik kopi.

Intinya, semua rekomendasi tempat ngopi di Jogja tersebut, memiliki keunggulan dan daya tariknya masing-masing, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Dan jika ingin berkunjung ke beberapa tempat ngopi tersebut, pastikan kamu tetap mengikuti protokol kesehatan dan melakukan physical distancing, agar terhindar dari risiko terkena virus Covid-19.

Selain itu, untuk kamu yang wisatawan, ada baiknya jika kamu juga menambah proteksi diri, dengan menggunakan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila ketika sedang berwisata kamu menderita sakit tertentu, kamu bisa langsung mengobatinya ke rumah sakit, menggunakan asuransi kesehatan.

Untuk itu, buat kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata, namun hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani